10 Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Terbaik

5 min read

Belajar Bahasa Inggris Online Gratis

Bahasa Inggris secara de facto telah menjadi bahasa komunikasi di dunia selain bahasa lainnya seperti bahasa mandarin, bahasa prancis, bahasa arab, dan bahasa Rusia. Meskipun bahasa Inggris menjadi bahasa kedua yang paling banyak digunakan di dunia, tetapi bahasa Inggris tetap menjadi pilihan nomer satu digunakan dalam berbagai pertemuan tingkat dunia, jurnal, literature dan lain-lain. Karena banyak digunakan di berbagai bidang tersebut, akhirnya bahasa Inggris menjadi bahasa universal, sehingga mau tidak mau belajar bahasa Inggris akan sangat berguna untuk menambah kemampuan bahasa kamu. Untungnya di jaman now ini, mempelajari bahasa Inggris bisa dilakukan menggunakan aplikasi.

Kemampuan berbahasa Inggris sangat dibutuhkan di jaman sekarang, jaman yang sudah mengarah ke jaman industry 4.0 menuntu kamu menguasai bahasa Inggris. Lihat saja bagaimana bahasa Inggris merasuk ke semua lini kehidupan, mulai dari pekerjaan, berbicara dengan orang asing, mencari informasi di dunia maya pun banyak dijumpai berbagai jurnal dan literature yang menggunakan bahasa Inggris, dan untuk bermain game saja bahasa Inggris menjadi pilihan utama apalagi bagi kamu yang bermain game online dengan player dari seluruh dunia.

Hanya saja dengan banyaknya aplikasi belajar bahasa asing yang tersedia secara online terkadang malah membuat bingung, harus memilih yang mana yang sesuai dengan kebutuhan. Terlebih ada juga aplikasi bahasa asing terkenal yang berbayar yang membuat kamu semakin penasaran apa bedanya dengan yang gratis. Untuk itu kami mencoba memilah dan memilih 10 aplikasi untuk mempelajari bahasa Inggris yang bisa digunakan secara gratis.

Aplikasi Belajar Bahasa Inggris

1. Duolingo

Aplikasi belajar bahasa asing terkenal yang bisa kamu coba adalah Duolinggo. Aplikasi ini diklaim sebagai aplikasi terbaik untuk belajar bahasa asing yang artinya tidak hanya bahasa Inggris karena mereka juga menyediakan bahasa Spanyol, Prancis, Jerman, Italia, Rusia, Portugis, Turki, Belanda, Irlandia, Denmark, Swedia, Ukraina, Plandia, Yunani, Yahudi, dan lainnya. Sangat komplit bagi kamu yang suka belajar bahasa asing  karena dimanjakan dengan dukungan banyaknya bahasa di dunia.

Belajar bahasa inggris percakapan

Untuk mempelajari bahasa Inggris menggunakan aplikasi ini, kamu akan diajak untuk menyelesaikan setiap modul pembelajaran yang nantinya kamu akan dites untuk mengetahui apakah modul tersebut sudah kamu kuasai atau tidak. Asyiknya nilai ujian tersebut akan muncul di leaderboard yang bisa dilihat oleh semua pengguna di seluruh dunia. Asyik bukan?, tapi kok cemas juga kalo nilai yang di dapat masuk skala di bawah.

Udah tahu aplikasi terbaik untuk iPhone?

Konsep belajar bahasa Inggris menggunakan Duolinggo sangat fun karena belajarnya menggunakan berbagai game yang diisi dengan vocabulary baru dan topiknya pun selalu berbeda-beda setiap harinya. Dan tahu tidak, developer aplikasi ini bilang jika kamu mempelajari bahasa Inggris selama 34 jam menggunakan aplikasi ini sama dengan belajar satu semester di bangku kuliah. Jika kamu ingin mencobanya silakan unduh dari link berikut di bawah

Duolingo: Learn Languages Free
Duolingo: Learn Languages Free
Developer: Duolingo
Price: Free+

2. Memrise

Nama aplikasi belajar bahasa Inggis yang satu ini kurang familiar di telinga, Memrise. Tetapi jangan salah, aplikasi yang ini akan mengajak kamu untuk memahami kosa kata yang disampaikan secara kreatif dan menarik. Jika ditilik dari cara belajarnya, aplikasi ini menyasar para pemula yang baru mengenal bahasa Inggris pertama kali.

Di aplikasi ini, kamu akan fokus pada penguasaan kosa kata terlebih dahulu supaya mudah diingat. Dan asyiknya, saat sedang belajar kamu bisa berinteraksi dengan pengguna lain sehingga kamu bisa merasakan atmosfer belajar kelompok. Cukup menarik bukan?, yuk download aplikasinya di bawah ini.

Learn Languages with Memrise
Learn Languages with Memrise
Developer: Memrise
Price: Free+

3. Voxy

Aplikasi belajar bahasa Inggris yang agak berbeda adalah Voxy, aplikasi ini mempunya materi yang dapat disesuaikan dengan tujuan dan minat kamu. melalui aplikasi ini kamu bisa menentukan, kamu ingin seperti apa dan sejauh mana kamu ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris.

Asyiknya lagi, aplikasi Voxy akan memberikan komentar atau penilaian dari kemajuan kamu dalam berbahasa Inggris. Cukup seru bukan?, karena seolah-olah kamu mempunyai guru privat les bahasa Inggris. Jika tertarik untuk mencobanya, silakan unduh di bawah.

Learn English - Voxy
Learn English - Voxy
Developer: Voxy, Inc.
Price: Free+

4. Rosetta Stone

Aplikasi belajar bahasa Inggris yang bisa dilakukan secara offline adalah Rosetta Stone. Aplikasi yang satu ini bisa digunakan mulai dari jenjang anak-anak hingga orang dewasa yang sangat ingin menguasai bahasa Inggris dengan cepat.

Mau beli hp android?, yuk temukan hp android dibawah sejuta

Belajar bahasa Inggris menggunakan aplikasi ini cukup menyenangkan karena konsep game dan kuis digunakan dalam metode pembelajarannya. Contohnya dengan mengajak kamu membuat satu kata dari kata yang lain untuk disusun menjadi kalimat bahasa Inggris yang baik. Tertarik?, yuk download dari link di bawah.

5. Hello English

Aplikasi belajar bahasa Inggris yang dinamakan Hello English diklaim sebagai aplikasi gratis terbaik untuk mempelajari bahasa Inggris. Aplikasi ini dikembangkan oleh CultureAlley yang telah lama bergelut di dunia pendidikan, aplikasi ini sendiri telah digunakan oleh lebih dari 10 juta orang untuk belajar tata bahasa, kosakata, grammar, percakapan, dan lain-lain. Bagi kamu yang pemula banget dalam dengan bahasa Inggris, aplikasi ini sangat tepat untuk kamu coba, dan semua pelajaran bisa diakses secara offline lho yang artinya kamu bisa menghemat kuota data.

Konsep belajar bahasa Inggris yang diterapkan di aplikasi ini sangat fun karena ada nuansa permainan yang kental sehingga tidak membosankan layaknya belajar di kelas. Selain itu ternyata kamu bisa juga menguji diri kamu sejauh mana perkembangan belajar kamu karena adanya fitur interaktif, dimana kamu bisa berinteraksi dengan pengguna lainnya.

Hello English pada tahun 2016 dinobatkan sebagai aplikasi terbaik oleh Google dan Aplikasi terinovatif oleh lembaga IAMAI. Dan di tahun 2018, aplikasi ini menjadi aplikasi pilihan editor Google. Dengan berbagai capaian prestasi tersebut serta konsepnya yang tidak membosankan, maka aplikasi belajar bahasa Inggris ini layak kamu coba, yang bisa kamu download langsung dari Google Play Store.

Hello English: Learn English
Hello English: Learn English

6. Belajar bahasa Inggris dengan Busuu

Aplikasi untuk mempelajari bahasa Inggris yang satu ini sangat menarik karena mempunyai berbagai fitur yang patut dicoba untuk membantu kamu mempelajari semua seluk beluk bahasa Inggris.

Aplikasi ini bisa dijadikan pengganti les atau kursus karena adanya fitur speaking selain kamu juga bis abelajar grammar, kosakata, dan lain-lain. Tentu saja aplikasi ini sangat membantu bagi kamu yang terbatas waktunya, terbatas juga biayanya. Untuk mencobanya, kamu bisa download langsung dari Play Store dari link yang tersedia di bawah ini.

Learn to speak English with busuu
Learn to speak English with busuu

7. Learn English Daily

Selain Hello English yang cocok untuk para pemula mengenal bahasa Inggris, aplikasi bernama Learn English Daily juga sangat cocok karena aplikasi ini memiliki banyak fitur yang dapat kamu manfaatkan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris dengan benar.

Fitur belajar bahasa Inggris seperti percakapan, tata bahasa atau grammar, kosakata dan lainnya telah dimasukkan ke dalam aplikasi ini dan setiap waktu selalu di-update oleh pihak developer guna semakin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris kamu.

Jika kamu tertarik untuk mencobanya, silakan download aplikasi Learn English Daily langsung dari Plastore melalui link di bawah ini.

Learn English Daily
Learn English Daily
Developer: KHANH LE
Price: Free+

8. English Listening & Speaking

Banyak diantara kita yang dalam berbahasa Inggris mampu berkomunikasi dalam bentuk tulisan, tetapi lemah dalam kemampuan listening atau mendengar dan speaking atau bicara. Untuk mengatasi hal tersebut, ada satu aplikasi belajar bahasa Inggris yang patut kamu coba.

Aplikasi ini dinamakan English Listening & Speaking, seperti namanya aplikasi ini membantu kita untuk meningkatkan kemampuan listening dan speaking dalam berbahasa Inggris. Metode belajarnya pun tidak membosankan karena nuansa permainan digunakan untuk mengasah kemampuan penggunanya. Contohnya adalah fitur sentence building game, word chain game, dan vocabulary building game yang membuat kamu tidak bosan-bosannya untuk menyelesaikan game yang ada.

Jika kamu tertarik, coba saja unduh aplikasi belajar bahasa Inggris yang satu ini langsung melalu Google Play Store dari link di bawah.

English Listening and Speaking
English Listening and Speaking

9. Learn English Grammar Quickly

Seperti namanya, aplikasi belajar bahasa Inggris yang satu ini menawarkan kemudahan bagi kamu untuk mempelajari bahasa Inggris secara cepat. Berbeda dengan aplikasi sebelumnya, aplikasi ini sepertinya cocok bagi kamu yang sudah mengerti bagaimana cara berbahasa Inggris tetapi masih ada kekurangan dalam menata kata.

Untuk itu dalam aplikasi ini, kamu akan diasah kemampuan grammar dalam bahasa Inggris secara cepat. Untuk mewujudkan tujuannya, developer aplikasi akan mengajak kamu untuk menyelesaikan berbagai ujian dalam bentuk kuis. Menarik bukan?, untuk mencobanya silakan unduh aplikasi ini dari link di bawah ini.

Learn english grammar quickly
Learn english grammar quickly
Developer: Monkeys
Price: Free

10. English Conversation Practice

Teknik speaking atau bicara dalam bahasa Inggris perlu diasah secara terus menerus. Hal ini akan mudah jika lingkungan kamu sanga mendukung, misalnya kamu tinggal di daerah wisata yang banyak dikunjungi oleh banyak wisatawan mancanegara, atau dalam keseharian kamu di sekolah ada aturan untuk berbahasa Inggris dalam hari tertentu. Tetapi bagaimana jika kondisi kamu tidak mendukung, lingkungan kamu hanya menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa komunikasi.

Jangan berkecil hati, karena ada aplikasi belajar bahasa Inggris yang mengasah kemampuan berbicara bahasa Inggris. Aplikasi ini dinamakan English Conversation Pratice. Dan seperti namanya, aplikasi ini hanya menitikberatkan kemampuan speaking atau conversation.

Metodenya pun cukup lengkap karena ada sekitar 200 bahan pelajaran conversation yang bisa kamu pelajari dan secara detil disajikan untuk membuat kamu lebih paham. Untuk mengetahui seberapa jauh kemampuan kamu memahami speaking dalam bahasa Inggris, ada semacam ujian yang harus kamu ikuti untuk mengetes diri kamu sendiri apakah kamu sudah siap bicara atau bercakap-cakap dalam bahasa Inggris. Jika kamu tertarik dengan aplikasi ini, silakan download dari link berikut di bawah.

English Conversation Practice
English Conversation Practice
Developer: TalkEnglish
Price: Free+

Demikian 10 aplikasi belajar bahasa Inggris terbaik saat ini yang bisa kamu coba untuk memulai belajar, mengasah kemampuan, dan mengetahu sejauh mana kemampuan bahasa Inggris kamu selama ini. Dan jangan lupa, selalu semangat untuk mencoba dan meningkatkan kemampuanmu.

Kesimpulan

mempelajari bahasa Inggris di jaman sekarang ini sangatlah mudah. Bisa dilakukan melalui les, kursus, atau otodidak. Kini semua bergantung pada diri kamu sendiri apakah ingin belajar atau tidak. Tidak ada lagi alasan waktu, biaya dan tempat yang menjadi halangan bagi kamu. Dengan hp pintar pun, bahasa Inggris bisa dipelajari secara mandiri dalam genggaman tangan.

0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *