Android 9 Pie di Nokia 6.1 dan Nokia 6.1 Plus

Ponsel android nokia mulai menjadi pemandangan yang jamak kita temui di sudut-sudut kehidupan. Penggunanya pun sudah merata ke berbagai kalangan dan hal ini ditambah pula dengan banyaknya model ponsel yang mereka rilis ke pasaran.

harga hp nokia android keluaran terbaru

Salah satu pabrikan ponsel yang mengusung nuansa lama ke jaman milenia ini adalah Nokia. Nokia sebelumnya dikenal sebagai raksasa ponsel berfitur yang akhirnya tumbang karena tergerus dengan kehadiran android dan di masa-masa awal kehadiran android pun masih keukeh tidak mencoba peruntungan mereka.

Baca juga: Aplikasi Pembobol WiFi Paling Ampuh untuk Hp Android

Kini setelah semua itu terlambat, Nokia mencoba bangkit kembali dengan berbagai model ponsel android yang salah satunya adalah Nokia 6.1 dan Nokia 6.1 Plus. Namun dalam artikel ini kita tidak membahas performa kedua ponsel tersebut melainkan bagaimana melakukan root dan meng-install recovery TWRP ke kedua ponsel Nokia di atas.

Nokia 6.1 dan Nokia 6.1 Plus memiliki versi kernel yang sama dan skema partisi A/B yang mirip dengan Nokia 7 Plus, sehingga recovery TWRP yang akan digunakan berbasis recovery TWRP untuk Nokia 7 Plus. Yang mana artinya, recovery TWRP untuk Nokia 6.1 dan Nokia 6.1 Plus merupakan recovery tidak resmi yang didukung langsung oleh tim TWRP.

Prasyarat Install Recovery TWRP dan Root

Sebelum masuk ke tutorial lengkap bagaimana mendapatkan hak akses root dan dilanjutkan dengan memasang kustom recovery TWRP di ponsel Nokia 6.1 dan Nokia 6.1 Plus, ada beberapa prsyarat yang harus terlebih dahulu dipenuhi, yaitu:

  1. Bootloader Nokia 6.1 dan Nokia 6.1 Plus telah ter-unlock.
  2. ADB dan Fastboot telah terinstall sempurna di PC atau laptop.
  3. Driver USB Nokia juga telah didownload
  4. Pastikan status USB Debugging dan OEM Unlock telah ENABLE, silakan dipastikan di menu setting developer. Cara untuk mengaktifkan menu opsi developer di Nokia 6.1 dan Nokia 6.1 Plus mirip dengan perangkat android lainnya yaitu dengan masuk ke menu Settings > About phone > Software information. Lalu tap atau ketuk di menu “Build number” sebanyak 7 kali hingga pop-up “Developer Options” muncul di bawah layar. Kini masuk ke menu developer, lalu tap opsi OEM Unlock dan USB Debugging untuk mengaktifkannya.
  5. Pastikan kondisi baterai Nokia 6.1 dan Nokia 6.1 Plus di level minimum 70%
  6. Jangan lupa untuk mem-backup semua data di ponsel meskipun proses ini tidak memformat atau menghapus data yang ada di ponsel karena lebih baik berjaga-jaga dari hal yang tidak diinginkan.
  7. Kini download file image recovery TWRP untuk Nokia 6.1 di link ini. Lalu copykan file image tersebut ke folder dimana program ADB dan fastboot berada. Jangan lupa untuk merename file tersebut menjadi twrp.img guna memudahkan saat melakukan flash recovery nantinya.
  8. Sedangkan untuk Nokia 6.1 Plus, silakan merujuk ke link ini untuk mendownloadnya.
  9. Download juga versi terbaru Magisk yang akan digunakan untuk me-root ponsel, silakan langsung ke situs resmi topjohnwu untuk mendapatkan magisk terbaru. Setelah terdownload, copykan ke storage ponsel.

Install Recovery TWRP di Nokia 6.1 & Nokia 6.1 Plus

Kini kita akan masuk ke langkah berikutnya untuk meng-install TWRP dan root di Nokia 6.1 dan Nokia 6.1 Plus. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Koneksikan ponsel Nokia ke PC atau laptop menggunakan kabel USB. Kini buka program ADB. Silakan masuk ke folder dimana ADB berada, lalu ketik “cmd” di address bar untuk membuka terminal konsol.
hp nokia android keluaran terbaru

2. Dalam posisi ponsel terhubung ke PC, gunakan perintah berikut untuk mereboot ponsel untuk masuk ke mode fastboot.

adb reboot bootloader

Dan jangan lupa untuk memberikan ijin terlebih dahulu di pop-up yang muncul di layar ponsel, biasanya hal ini terjadi di kali pertama ponsel diakses menggunakan program ADB dan fastboot.

Yuk simak: 6 Aplikasi Video Bokeh Terbaik 2019 di Android

3. Kini lakukan proses flashing file image TWRP dengan menggunakan perintah seperti di bawah ini. Jika Anda belum melakukan proses rename di file image, maka pastikan file image yang digunakan sesuai dengan nama filenya.

fastboot flash boot twrp.img

4. Setelah proses flashing selesai, reboot kembali ponsel dengan perintah fastboot di bawah ini.

fastboot reboot

Kini ponsel Nokia 6.1 atau Nokia 6.1 Plus sudah terpasang custom recovery TWRP. Recovery TWRP sendiri memiliki banyak fitur yang sangat banyak dan fungsional dibandingkan dengan recovery bawaan pabrik Nokia. Kini selanjutnya adalah melakukan root di kedua ponsel dengan langkah di bawah ini.

Cara Root

Root untuk Nokia 6.1 dan Nokia 6.1 Plus menggunakan aplikasi Magisk yang mempunyai fitur lebih baik dibandingkan supers. Prosesnya juga cepat menggunakan flashing file ZIP. Dan kini mari simak bagaimana melakukan root Nokia 6.1 dan Nokia 6.1 Plus.

  1. Koneksikan ponsel Nokia 6.1 atau Nokia 6.1 Plus ke ponsel, lalu reboot ke mode recovery menggunakan perintah berikut.
adb reboot recovery
  1. Kini ponsel akan reboot ke mode recovery TWRP, silakan ke menu INSTALL lalu pilih file ZIP Magisk yang sudah dicopykan ke storage ponsel.
  2. Swipe tombol ke kanan untuk memberikan konfirmasi guna memulai proses flashing Magisk ke ponsel, lalu tap tombol reboot system setelah proses flashing magisk selesai.

Kini ponsel Nokia 6.1 atau Nokia 6.1 Plus sudah dalam kondisi root dan siap digunakan untuk beragam aplikasi yang membutuhkan hak akses root.

Demikian tutorial singkat bagaimana memasang custom recovery TWRP ke ponsel Nokia 6.1 dan Nokia 6.1 Plus dan dilanjutkan dengan flashing Magisk guna mendapatkan hak akses root. Hanya saja perlu diketahui, ponsel yang sudah root tidak dapat digunakan untuk aplikasi keuangan seperti Mandiri Online walaupun di menu pengaturan magisk sudah diset hidden untuk aplikasi tersebut.

Install Android 9 Pie di Nokia 6.1 Plus

Sejak kemunculannya kembali di dunia ponsel pintar, Nokia telah banyak mencuri perhatian pengguna android. Hal ini mungkin karena efek dari pengalaman nostalgia karena seperti kita ketahui, Nokia, di jaman feature phone menjadi ponsel yang banyak digemari bahkan dijuluki sebagai hape sejuta umat.

Dan kini bersama HMD, Nokia dibawa kembali ke habitatnya tetap alih-alih menggunakan sistem operasi Symbian, Nokia masa kini menggunakan Android sebagai sistem operasi utamanya dan sepertinya strategi ini cukup berhasil  terlebih didukung juga dengan strategi marketing yang cukup berhasil dan desain ponsel yang kekinian.

spesifikasi hp nokia android keluaran terbaru

Salah satu ponsel android keluaran pabrikan HMD adalah Nokia 6.1 Plus yang diklaim sebagai ponsel pintar berharga kompetitif yang paling stylish karena menggunakan bodi ponsel berbahan kaca. Salah satu kelebihan Nokia 6.1 Plus adalah digunakannya platform Android One yang memungkinankan ponsel pintar ini mendapatkan update dengan cepat langsung dari Google.

Banyak rumor yang beredar menyebutkan jika Nokia 6.1 Plus akan menerima update Android 9 Pie di akhir bulan ini. Tetapi jika anda tidak sabar untuk menunggunya, ada cara lebih cepat untuk meng-upgrade Nokia 6.1 Plus ke Android 9 Pie yaitu dengan mendownloadnya secara langsung dari situs resmi Nokia.

Nokia 6.1 Plus cukup ringan dan tipis dan mudah diperasikan dengan satu tangan. Pihak HMD sebagai manufaktur Nokia juga menyelipkan desain poni di ponsel ini bersama dengan semacam “dagu” kecil di bawah layar. Dengan desain seperti ini maka anda akan mendapatkan layar yang lebih lebar dengan footprint yang lebih kecil.

Penggunaan bodi kaca reflektif yang mengkilap menjadikan tampilan ponsel ini cukup cantik walaupun ternyata itu digunakan juga sebagai magnet sidik jari. Ponsel Nokia 6.1 Plus juga dilengkapi dengan spesifikasi yang cukup tinggi dengan kapasita baterai moderat.

Seperti yang dijanjikan, Nokia 6.1 Plus menerima tambalan keamanan dan update secara regular melalui OTA, yang artinya tidak ada lagi proses yang menyakitkan hanya sekedar untuk melakukan proses upgrade. Dan kini untuk bisa meng-upgrade ke Android 9 Pie, cukup dengan cara yang mudah tanpa perlu dengan berbagai perintah dan proses flashing yang ribet serta membingungkan pengguna awam android.

Download dan Install Android 9 Pie untuk Nokia 6.1 Plus

Situs resmi Nokia yang disebut Nokia Beta Labs kini memberikan update ke Android 9 Pie versi Beta ke pengguna yang tertarik.

Di versi terbaru Android ini, Nokia 6.1 Plus akan memiliki banyak fitur terbaru seperti Dashboard baru untuk Digital Wellbeing, sistem navigasi berbasis isyarat yang lebih maju, perbaikan yang signifikan untuk sisi AI dan UI, mendukung berpindah-pindah dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya, fitur baru untuk adaptasi dan banyak lainnya.

Baca juga: Jangan lupa buang file sampah di hp android mu supaya hp ringan dan kencang

Untuk mendapatkan berbagai fitur baru dan terbaru tersebut di Nokia 6.1 Plus, anda cukup melakukan pendaftaran di situs resmi Nokia Beta Labs dengan memberikan informasi yang dibutuhkan untuk mendapatkan update Android 9 Pie melalui OTA.

Silakan mengikuti langkah berikut ini untuk memastikan proses download dan install Android 9 Pie di Nokia 6.1 Plus berjalan dengan sempurna.

  1. Kunjungi situs resmi Nokia Beta Labs, lalu klik tombol “Sign in” untuk memulainya.
  2. Setelah Sign-in, silakan masukkan informasi yang dibutuhkan seperti nomer IMEI, nama operator telco yang digunakan, dan lokasi.
  3. Setelah semua kolom diisi, dan setuju dengan ketentuan yang ada di “Beta software license terms”, dan kini artinya anda telah terdaftar di Nokia Beta Labs.
  4. Setelah sukses dengan proses pendaftaran perangkat android Nokia anda di akun Beta Labs, anda akan melihat perangkat anda tersebut di menu informasi perangkat.
  5. Klik tombol “Get the Beta Software over the air” dan setuju dengan syarat dan ketentuan. Kini klik tombol “Request OTA” untuk memulai menerima update OTA dalam jangka waktu 12 jam.
  6. Jika semuanya berjalan dengan sempurna, notifikasi OTA untuk update akan segera anda terima atau jika belum ada notifikasinya, silakan untuk melakukan pengecekan secara langsung melalui menu Settings » System » System Update dan pilih “check for update”.

Setelah update OTA terpasang, kini waktunya anda menjelajahi ponsel pintar Nokia 6.1 Plus yang telah berjalan dengan Android 9 Pie, sistem operasi Android terbaru dari Google.