Yang Bisa dan Tidak Bisa Dilakukan Nokia 3310 Reborn

HMD Global sukses merilis ponsel Nokia 3310 versi reborn dan hal ini berakibat pada sedikit redup-nya ponsel pintar Android Nokia yaitu Nokia 3, Nokia 5 dan Nokia 6. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya ulasan tentang Nokia 3310 versi reborn. Jika di artikel lalu kita bahas spesifikasi yang diusung-nya, maka kini kita akan mencoba berbagi beberapa informasi yang bisa dilakukan dan tentunya juga yang tidak bisa dilakukan mengingat keterbatasan spesifikasi hardware yang diberikan oleh HMD Global.

Nokia 3310 Bisa apa saja

Seperti feature phone lainnya, Nokia 3310 dapat digunakan untuk melakukan telepon dan SMS. Kedua fitur ini adalah fitur utama Nokia 3310 reborn, walaupun untuk era sekarang, kegiatan SMS sudah banyak ditinggalkan dan beralih ke aplikasi chat seperti Whatsapp, Line, dan BBM. Bahkan untuk telepon, sudah mulai beranjak ke aplikasi semacam Whatsapp call, Line call juga BBM call. Tetapi untuk sebagian orang yang hanya membutuhkan kedua fitur ini, maka Nokia 3310 reborn patut untuk dimiliki karena ditunjang baterai yang lumayan awet dengan kekuatan 22 jam waktu bicara dengan waktu standby sekitar sebulan.

Merekam Video dan Mengambil Foto juga menjadi kegiatan yang bisa dilakukan menggunakan Nokia 3310 reborn, meskipun kualitas dari hasil rekam dan jepret foto bisa dikatakan ala kadarnya saja. Yang penting bisa rekam dan jepret foto dengan kamera 2 Megapixels.

Nokia 3310 reborn juga bisa digunakan untuk mendengarkan Radio FM, tentu saja fitur ini bagi penulis jarang digunakan bahkan di ponsel pintar Android terbaru sekalipun. Namun fitur ini sudah lebih dari cukup untuk menemani membunuh waktu.

Jika sinyal radio FM dirasa  kurang bagus, maka Nokia 3310 reborn bisa digunakan layaknya MP3 player dengan file lagu di slot microSD yang mampu menampung hingga 32GB. Untuk mendengarkannya bisa menggunakan earphone di port 3,5 mm yang juga tersedia di ponsel ini. Diestimasi jika digunakan sebagai MP3 player mampu bertahan hingga 51 jam untuk mendengarkan music.

Bagaimana dengan fitur standar seperti kalender, alarm, notes dan kalkulator?, ternyata di Nokia 3310 reborn masih bisa digunakan dengan baik meskipun tidak se-wah fitur serupa di ponsel android low-end sekalipun. Namun jangan kecewa, karena game legendaris Snake akan setia menemani dengan versi yang berwarna.

Konektivitas Nokia 3310 reborn bukanlah 3G ataupun LTE, maupun WI-Fi. Jadi jangan berharap banyak untuk bisa menggunakan ponsel Nokia 3310 reborn untuk akses internet. Konektivitas hanyalah 2,5G dengan browser bawaan Opera mini, karena hanya jaringan 2,5G maka perbesarlah rasa sabar, kalua perlu Tarik deposito sabar yang selama ini disimpan.

Hal yang Tidak Bisa Dilakukan Nokia 3310 Reborn

Keypad yang digunakan di Nokia 3310 reborn masih model yang lama alias alfanumerik. Jadi kemungkinan untuk generasi muda akan kagok memakainya karena terbiasa dengan keyboard QWERTY. Perlu membiasakan diri, tapi seperti generasi keypad ponsel Nokia sebelumnya, keypad di Nokia 3310 reborn cukup enak digunakan.

GPS?, fitur ini tentunya TIDAK ada sama sekali. Jadi ponsel ini cocok bagi yang tidak ingin diketahui posisinya.

Sosial Media?, ga usah berlebihan berharap di ponsel ini. Nokia 3310 reborn tidak memiliki aplikasi seperti  Facebook, Instagram, dan Twitter. Cocok banget yang ingin jauh dari hiruk pikuk social media yang semakin hari semakin menyesakkan dada.

Demikian juga dengan aplikasi chatting modern seperti WhatsApp, Telegram, Facebook Messenger sampai Snapchat. Yang ada untuk chat hanyalah SMS.

Dengan kata lain, Nokia 3310 reborn adalah ponsel dengan fitur dasar yaitu Telepon dan SMS. Tidak usah berharap banyak selain adanya romansa, nostalgia menggunakan ponsel yang di jamannya dulu menjadi ponsel berjuta umat. Oh ya, jika ingin melihat seperti apa sih Nokia 3310 reborn, silakan check video di bawah.

Yang Bisa dan Tidak Bisa Dilakukan Nokia 3310 Reborn |Henry |4.5 | dibaca 592 kali