Yang Beda dan Sama Antara Redmi 4 dan Redmi 3S

Redmi 4 vs Redmi 3S – Seperti sudah kita tahu, Xiaomi telah resmi merilis penerus ponsel Redmi 3 ke publik dengan spesifikasi yang menawan dan harga yang cukup kompetitif. Tiga versi Redmi 4 pun dihadirkan secara bersamaan dengan jeroan yang lumayan berbeda antara versi Standard ,versi Pro dan versi Redmi 4A, tentunya untuk harga Redmi 4 akan berselisih lumayan untuk tiap-tiap versinya.

Namun di artikel ini kita tidak membandingkan ketiga varian ponsel Redmi 4 karena sudah banyak kita ketahui, kali ini penulis mencoba membandingkan Redmi 4 dengan versi sebelumnya yaitu ponsel Redmi 3S. Yuk simak apa yang berbeda dana pa yang sama diantara kedua ponsel Redmi ini, untuk catatan versi yang digunakan adalah Redmi 4 standar dengan Redmi 3S.

xiaomi-redmi-4-explore-the-ultra-affordable-device-for-1st-time

Design

Ponsel Redmi 4 memiliki fitur body logam yang didesain unibodi dengan layar display melengkung 2.5D. Ponsel Redmi 3S, seperti kita ketahui menggunakan body metal premium. Di sini terlihat adanya kemajuan teknologi pembuatan ponsel oleh Xiaomi dan adopsinya kepada ponsel keluaran terbaru mereka.
Sensor sidik jari pada kedua ponsel tersebut SAMA posisinya yaitu di bagian belakang dari bodi ponsel.
Untuk dimensi ponsel, Redmi 4 sedikit lebih lebar dan berat dimana dimensinya adalah 141.3 x 69.6 x 8.9 mm dan berat di 156 gram, Sedangkan Redmi 3S dimesinya adalah 139.3 x 69.6 x 8.5 mm dengan berat 144 gram.
Hardware dan Spesifikasi
Processor yang digunakan oleh kedua ponsel ini adalah SAMA, yaitu Octa-core Qualcomm MSM8937 Snapdragon 430. Juga GPU yang digunakan pun sama dengan Adreno 505. Dan besar RAM serta internal storage pun sama yaitu dengan RAM 3GB dan storage 16GB. Dan kesamaan lainnya dari ponsel Redmi 4 dan Redmi 3S adalah sama-sama mampu mendukung kartu memori hingga 256GB.

Kamera

Ponsel Xiaomi Redmi 4 dan Redmi 3S memiliki spesifikasi kamera yang sama dan kulaitas perekaman pun juga sama di fullHD 1080. Kedua ponsel menggunakan kamera berteknologi 13 Megapixel, dengan bukaan diafragma kamera belakang adalah f/2.2 dan system 5 lensa, mempunyai dua LED Flash, fitur PDAF. Sedangkan untuk kamera depan, kedua ponsel menggunakan kamera 5 Megapixel dengan bukaan diafragma f/2.2.

Layar Ponsel

Lagi-lagi diantara Redmi 4 dan Redmi 3S memiliki kesamaan di fitur display dimana keduanya sama-sama menggunakan diplay berteknologi IPS berukuran 5 inch dan resolusinya adalah 720 x 1280 pixels. Hanya saja ada sedikit perbedaanya yaitu rasio display ke bodi, dimana untuk Redmi 4 adalah 69,1% sedangkan Redmi 3S adalah 71.1%. Cukup tipis dan bagi banyak pengguna awam hal ini tidak akan terlihat sama sekali.

Baterai

Baterai adalah hal yang sangat penting bagi sebuah ponsel pintar, bahkan baterai menjadi factor pertama dan utama pengguna ponsel dalam memutuskan membeli sebuah ponsel baru. Dan di ponsel Redmi 3S dan Redmi 4, kedua ponsel tetap mempercayakan pada kapasitas dan kemampuan baterai yang sama yaitu 4100mAH.

Fingerprint and Dual SIM

Adakah perbedaan di Redmi 3S dan Redmi 4?, tidak ada, karena kedua ponsel mendukung sensor sidik jari yang sama dan berkemampuan dual SIM.

Harga

Faktor harga menjadi pemicu seseorang untuk memutuskan membeli sebuah ponsel. Di kedua ponsel Redmi ini ada sedikit perbedaan, dimana saat artikel ini ditulis, harga ponsel Redmi 3S saat peluncurannya dulu adalah berkisar Rp 1.500.000 sedangkan untuk Redmi 4 dibanderol sedikit lebih murah yaitu diharga mulai Rp 1.350.000.
Di sini, lagi-lagi Xiaomi membuktikan untuk memberikan spesifikasi ponsel yang lumayan ciamik dengan harga yang bisa dikatakan murah, tentu saja hal ini akan membuat banyak kepala berpaling untuk membeli Redmi 4 dibandingkan ponsel sekelas lainnya dari pabrikan ponsel yang lain.

Bagi yang belum tahu seperti apa balutan unibodi logam pada Redmi 4, silakan merujuk ke video di bawah ini.

Akhir kata, jadilah pembeli yang cerdas, sesuai dengan kebutuhan. Dan jangan lupa gunakan ROM yang resmi dari Xiaomi, karena seperti kita tahu banyak ROM abal-abal yang terpasang di ponsel Xiaomi yang akhirnya berakibat pada performa ponsel, boros baterai dan ujungnya menjadi kecewa terlalu berat. Cheers.

Yang Beda dan Sama Antara Redmi 4 dan Redmi 3S |Henry |4.5 | dibaca 2,001 kali

Leave a Reply