Cara Upgrade Xiaomi Mi5s dan Mi5s Plus ke Android 8.0 Oreo

Upgrade Xiaomi Mi 5s dan Mi5s Plus ke Android 8.0 Oreo – Kemunculan Android terbaru yang dinamakan Android Oreo telah menyita perhatian banyak pengguna smartphone android dan tidak terkecuali para pengguna Xiaomi Mi 5s dan Mi 5s Plus. Kedua ponsel ini secara resmi dirilis oleh pabrikan china pada akhir tahun lalu yang menuai kesuksesan dengan sorotan utama pada spesifikasi processor Snapdragon 821 dan baterai dengan kapasitas yang cukup besar.

Euforia kehadiran Android 8.0 dengan kode nama Oreo telah menjadi minat tersendiri bagi komunitas pengguna ponsel Android. Meskipun secara resmi Xiaomi belum merilis versi terbaru MIUI berbasis Android 8 Oreo, ternyata banyak developer independen yang telah sukses melakukan upgrade Xiaomi Mi5s dan Mi5s Plus ke Android 8.0 Oreo menggunakan custom ROM Lineage OS 15.0.

Cara Upgrade Xiaomi Mi5s dan Mi5s Plus ke Android 8.0 Oreo
Tentu saja hal ini menjadi kabar gembira bagi para pemilik Xiaomi Mi 5s dan Mi 5S Plus yang sudah tidak sabar mencicipi performa dari versi system operasi android terbaru. Tentu saja dengan custom ROM Lineage OS, maka berbagai fitur yang menjadi ciri khas MIUI bisa jadi tidak ditemukan di Rom LneageOS. Namun hal tersebut akan terbayarkan dengan kehadiran Android Oreo di Mi 5s dan Mi 5s Plus.

Fitur Android 8.0 Oreo apa saja yang bisa dinikmati di ponsel Xiaomi Mi 5s dan MI 5 s Plus?, ternyata banyak fitur menarik di android oreo yang bisa dinikmati seperti mode picture in poicture, shortcut untuk lockscreen, badge notifikasi untuk tiap aplikasi, dan banyaknya optimalisasi proses yang bekerja secara background yang tentunya akan berpengaruh besar pada penggunaan baterai.

Android 8.0 Oreo tentu saja akan dengan mudah ditemui pada perangkat smartphone seperti Google Pixel dan Google Nexus yang secara resmi mendapatkan update ini. Namun jangan berkecil hati, Xiaomi Mi 5s dan Mi 5s Plus pun bisa diupgrade ke Android 8.0 oreo secara manual dengan melakukan proses flash custom ROM LineageOS 15.0.

Prasyarat untuk Melakukan Flash Android 8.0 Oreo ke Xiaomi Mi 5s dan MI 5s Plus

Namun sebelum melakukan proses upgrade Mi 5s dan Mi 5s Plus ke Android 8.0 Oreo, perlu diperhatikan beberapa catatan sebagai berikut. Custom ROM yang akan digunakan untuk me-flash Mi 5s dan Mi 5s Plus merupakan versi tidak resmi dari LineageOS 15.0 dan masih dalam tahap pengembangan. Bisa jadi, beberapa fitur dan aplikasi tidak mampu bekerja seperti yang diharapkan dan mungkin tidak cocok digunakan di ponsel sebagai penunjang aktivitas sehari-hari. Hanya saja, dengan meng-upgrade ke Android 8.0 oreo maka Anda akan merasakan pengalaman dan sensasi menggunakan Android 8.0 Oreo.

Prasyarat sebelum melakukan proses upgrade Mi 5s dan Mi 5s Plus ke Android 8.0 oreo adalah sebagai berikut:
– Pastikan Xiaomi Mi 5s dan Mi 5s Plus yang akan diupgrade telah unlock bootlodernya
– Ponsel telah terpasang custom recovery semacam TWRP ataupun CWM
– Download ROM LineageOS 15.0 untuk Xiaomi Mi 5s and Mi 5s plus di link download ini
– Dan pastikan kondisi baterai minimal 60%

Setelah prasyarat di atas terpenuhi, maka kini Anda bis amelanjutkan proses upgrade Xioami Mi 5s dan MI 5s Plus ke Android 8.0 oreo, perhatikan langkah-langkahnya sebagai berikut:

– Download ROM LineageOS 15.0 untuk Xiaomi Mi 5s
– Download custom Recovery untuk Xiaomi Mi 5s
– Download ROM LineageOS 15.0 untuk Xiaomi Mi 5s Plus
– Download custom recovery untuk Xiaomi Mi 5s Plus
– Download Google Apps untuk Mi 5s dan Mi 5s plus

Proses flashing merupakan proses yang berpotensi bisa menyebabkan ponsel menjadi bricked atau gagal total. Untuk itu selalu lakukan backup dan bagi Anda yang belum pernah melakukan proses flashing sama sekali, maka sebaiknya lakukan riset untuk mengetahu proses dasar cara flashing ponsel Xiaomi. Kami dan developer dari ROM ini tentunya tidak bertanggung jawab jika terjadi sesutu hal pada smartphone saat proses flashing dilakukan.

Cara Mudah Upgrade Xiaomi Mi5s dan Mi5s Plus ke Android 8.0 Oreo

1. Lakukan proses instalasi custom recovery TWRP pada smartphone Mi 5s dan Mi 5s Plus, kemudian ikut langkah demi langkah di bawah ini untuk memasang Rom LineageOS 15.0 yang menggunakan Android 8.0 Oreo sebagai basis ROM-nya.
2. Download file ROM yang dibutuhkan dan sesuai dengan tipe ponsel dengan menggunakan link di atas, hasil download lalu di-copy-kan ke storage internal smartphone
3. Matikan smartphone, lalu reboot untuk masuk ke custom recovery TWRP, yaitu dengan menekan dan menahan tombol power dan tombol Volume Down secara bersamaan selama beberapa detik hingga layar ponsel menampilkan layar recovery TWRP.
4. Kini dilanjutkan dengan masuk ke menu “Wipe And Format Option->Wipe Data, Cache And Dalvik Cache via recovery”
5. Kini kembali ke main menu, kemudian pilih “INSTALL”
6. Kini arahkan ke posisi dimana ROM Android 8.0 oreo tersimpan lalu pilih file ROM tersebut
7. Lakukan juga untuk file Gapps menggunakan cara no.5 di atas.
8. Kini “Swipe” atau menggeser ke kanan tombol perintah soft-button ke kanan untuk memulai proses flashing. Tunggu hingga benar-benar selesai.

Kini reboot smartphone Anda dan tunggu hingga benar-benar reboot dengan sempurna. Sebagai informasi, untuk awal-awal boot pertama kali diperlukan waktu yang lebih lama dibandingkan saat boot seperti biasanya. Bersabar saja hingga ponsel menampilkan layar setup smartphone Android seperti biasanya. Kini Android 8.0 Oreo sudah terpasang di smartphone Xiaomi Mi 5s atau Mi 5s plus.

Cara Upgrade Xiaomi Mi5s dan Mi5s Plus ke Android 8.0 Oreo |Edwin Geral |4.5 | dibaca 76 kali