Cara Upgrade Xiaomi Mi 4c ke Android 8.0 Oreo

Upgrade Xiaomi Mi 4c ke Android 8.0 Oreo – Daya tarik system operasi android terbaru telah menyihir banyak fans dan mereka pun mencoba mencari informasi apakah ponsel yang mereka gunakan sekarang nantinya akan mendapatkan upgrade ke android oreo. Namun informasi seperti ini tentunya tidak akan serta merta muncul di website resmi para pabrikan ponsel termasuk Xiaomi. Hanya saja banyak developer android di luar sana yang mendedikasikan waktunya untuk memberikanhal yang lebih bagi para fans android, salah satunya adalah cara melakukan upgrade Xiaomi Mi 4c ke Android 8.0 Oreo, yang untuk sekarang ini hanya bisa dinikmati secara resmi di perangkat smartphone Google Pixel dan Nexus.

Mi 4c dirilis ke public secara resmi denganmenggunakan Android 5.1.1 Lollipop, dan belum mendapatkan jawaban yang pasti dari Xiaomi kemungkinan adanya paket software untuk mengupgrade ke Android 8.0 Oreo secara OTA. Tentu saja hal ini bisa dimaklumi karena dalam praktik di industry ponsel pintar android, biasanya pabrikan tidak lagi memberikan update major pada produk-produk mereka yang telah berusia lebih dari 2 tahun.

Cara Upgrade Xiaomi Mi 4c ke Android 8.0 Oreo

Dengan kemungkinan tersebut, maka sudah bisa dipastikan tipisnya harapan para pengguna Mi 4c mendapatkan update resmi ke Android oreo dari pabrikan ponsel china tersebut, walaupun kemungkinan besar mendapatkan update ke MIUI 9 cukup besar karena ponsel Xiaomi Redmi 2 saja telah dikonfirmasi akan mendapatkan MIUI 9 meskipun dalam batch terakhir.

Android Oreo membawa banyak fitur baru yang membuat pengalaman menggunakan smartphone android semakin menyenangkan. Dengan melakukan upgrade Xiaomi Mi 4c ke Android 8.0 Oreo, maka secara otomatis fitur yang ada di android oreo akan bisa juga dinikmati walaupun tentunya akan tereduksi jika fitur terbaru android oreo membutuhkan spesifikasi hardware yang tidak dimiliki oleh Mi 4c.

Xiaomi Mi 4c bukanlah smartphone pertama yang menerima update ke Android 8.0 melalui ROM LineageOS 15.0, dan hal ini juga bukanlah menjadi pertanda sebagai smartphone Xiaomi yang terakhir. Karena seperti di artikel sebelumnya, pemilik Xioami Mi 5s dan Mi 5s plus juga bisa mendapatkan hal yang sama yaitu software update ke Android 8.0 Oreo. Semoga saja dari 2 smartphone Xiaomi ini, berikutnya kita bisa mendapatkan upgrade ke Android Oreo untuk Mi 6, Mi 5, Redmi Note 3, Redmi Note 4, dan lain-lain. Penulis sendiri telah merasakan Android 8.0 di ponsel legenda Redmi 2.

Fitur Oreo seperti picture-in-picture memungkinkan kita untuk memainkan aplikasi Youtube di window yang kecil di layar, bahkan bisa dijadikan semacam pop-up saat kita ingin menggunakan aplikasi android lainnya yang sedang bekerja secara background. Juga adanya fitur Autofill yang membantu kita mengisi form secara mudah dan login dengan cepat ketika menggunakan aplikasi ataupun ketika sedang browsing di internet menggunakan aplikasi browser.

Bagaimana Cara Upgrade Xiaomi Mi 4c ke Android 8.0 Oreo

Sebelum melakukan proses upgrade Xiaomi Mi 4c ke Android 8.0 Oreo, maka diperlukan bberapa prasyarat sebagai berikut. Hal ini penting agar proses flashing bisa berjalan dengan sempurna dan smartphone mampu melakukan booting pertama kali menggunakan system operasi android terbaru.
1. Pastikan Xiaomi Mi 4c yang kamu gunakan sudah menjalankan minimal firmware MIUI 8.5.10. Jika belum maka lakukan proses update secara OTA ke versi MIUI terbaru.
2. Custom recovery harus sudah terinstall dengan baik di Mi 4c. Download file recovery TWRP di link download ini.
3. Download file ZIP ROM LineageOS 15.0 untuk Mi 4c di link ini, kemudian copy-kan ke storage Mi 4c
4. Download file ZIP Gapps untuk Mi 4c yang nantinya berguna untuk bisa menggunakan Google Play Store, copy-kan juga ke storage Mi 4c.
5. Pastikan kondisi baterai di level miimal 60%.

Kini setelah kelima prasyarat di atas terpenuhi kita lanjutkan ke langkah berikutnya untuk melakukan upgrade Xiaomi Mi 4c ke Android 8.0 Oreo. Perhatikan dan simak baik-baik agar proses flashing berjalan dengan sempurna.

Langkah 1. Matikan smartphone dan lakukan boot untuk masuk ke recovery TWRP
Langkah 2. Pilih menu WIPE dari menu utama TWRP, lakukan Factory Reset dengan melakukan Swipe layar ke kanan sebagai konfirmasi. Sangat dianjurkan melakukan proses Clean Install dengan meng-wipe semua opsi yang ada kecuali storage internal.
Langkah 3. Setelah proses wipe selesai, kembali ke menu utama TWRP, kemudian pilih INSTALL dan arahkan navigasi recovery ke posisi dimana file ZIP ROM LineageOS berada.
Langkah 4. Setelah file ZIP ROM yang dimaksud terpilih, kini lakukan Swipe layar ke kanan untuk mengkonfirmasi proses flashing dimulai. Proses instalasi ROM akan berjalan dan tunggu hingga benar-benar selesai.
Langkah 5. Kini, setelah ROM Android 8.0 Oreo untuk Mi 4c melalui LineageOS15 terinstall dengan baik, akan terlihat opsi Wipe Cache/Dalvik, pilih opsi ini dan lakukan Swipe ke kanan untuk mengkonfirmasinya.
Langkah 6. Kini ulangi langkah 3 di atas untuk meng-install file ZIP Gapps untuk Mi 4c.
Langkah 7. Setelah proses flashing Gapps selesai, kini lanjutkan dengan melakukan reboot smartphone Mi 4c.

Proses reboot akan memakan waktu yang lebih panjang dari biasanya, hal ini merupakan hal yang wajar karena android akan me-load semua driver dan aplikasi yang telah diinstall melaluikedua file ZIP di atas. Tunggu hingga benar-benar selsai hingga di layar akan muncul sambutan untuk memulai proses setting kembali smartphone Xiaomi Mi 4c yang telah terupgrade ke Android 8.0 Oreo.

Cara Upgrade Xiaomi Mi 4c ke Android 8.0 Oreo |Wildan |4.5 | dibaca 305 kali