Upgrade Sony Xperia C5 Ultra ke Android 5.1 Lollipop

perintahdasar.com – Tanpa disangka ponsel Sony Xperia C5 telah memulai debut Android 5.1 Lollipop sebagai update dari versi Android sebelumnya. Namun hal ini sepertinya diluar rencana dari pabrikan ini karena dirilis pengumuman sebelumnya, pabrikan ponsel Jepang ini tidak merencanakan update Android 5.1 Lollipop di semua varian Xperia C5 Ultra, namun langsung ke Android 6.0 Marshmallow sebagai update besar-besaran alias mayor update.
Ponsel Xperia C5 merupakan ponsel Sony yang menggunakan processor Mediatek sebagai strategi untuk memangkas harga. Meskipun demikian ponsel ini cukup baik dengan dukungan 4G LTE yang sekarang menjamur dan menjadi hype bagi pengguna ponsel pintar, namun banyak juga yang melaporkan adanya isu di baterai yang agak boros.
Xperia C5 Ultra mempunyai dua varian yaitu single SIM dan Dual SIM sebagai bagian dari strategi Sony untuk bersaing dengan pabrikan ponsel asal China yang selalu menggunakan opsi Dual SIM disemua ponsel keluarannya seperti pabrikan ponsel Xiaomi dengan seri Redmi yang semakin banyak menemukan peminatnya.
Xperia-C5-Ultra-Android-Lollipop
Proses update Sony Xperia C5 Ultra untuk kesemua varian sudah dimulai melalui OTA dan tentunya hal ini akan sedikit membutuhkan waktu untuk tiba di ponsel Xperia C5 Ultra masing-masing. Namun dengan proses update ini, memperlihatkan kalua Sony tetap menjaga hubungan baik dengan pengguna ponsel mereka dengan memberikan support atau dukungan software ke versi Android terkini.
Nantinya Android 5.1 Lollipop di dua varian Sony Xperia C5 Ultra akan memiliki build number berbeda, dimana untuk varian Single SIM akan menggunakan build number 29.1.A.0.87 sedangkan Xperia C5 Ultra Dual menggunakan versi build number 29.1.B.0.87. Jadi pastikan kecocokan build number tersebut jika proses update dilakukan secara manual. Karena besar kemungkinan akan terjadi katidaknormalan Xperia C5 jika menggunakan versi build number yang tidak sesuai dengan peruntukannya.
Lalu fitur apa saja yang baru di Xperia C5 Ultra dengan Android 5.1 Lollipop? Semoga saja isu baterai yang dilaporkan sedikit boros akan terselesaikan dan berbagai fitur utama Android 5.1 Lollipop lainnya disamping adanya peningkatan performa sebagai bentuk dari proses update ini.
Meskipun demikian semoga saja update Xperia C5 Ultra ke Android 5.1 Lollipop tidak dijadikan alasan oleh Sony untuk menunda kehadiran Android 6.0 Marshmallow untuk Xperia C5 Ultra karena jika hal ini terjadi akan memberikan pesan dan kesan yang tidak bagus untuk para pengguna ponsel Sony Xperia Android.

Upgrade Sony Xperia C5 Ultra ke Android 5.1 Lollipop |Henry |4.5 |