Upgrade Redmi 2 ke Android 7 Nougat

Redmi 2 Android 7 Nougat – Android 7 Nougat telah secara resmi dirilis oleh Google ke publik, dan kini banyak pengguna ponsel Android bertanya-tanya apakah ponsel yang mereka gunakan sekarang ini mendapatkan upgrade ke versi Android terbaru tersebut. Demikian juga dengan ponsel Redmi 2 standar dan Redmi 2 Prime, di tutorial berikut di bawah ini akan menjelaskan bagaiman cara melakukan upgrade Redmi 2/Prime ke Android 7 Nougat.

Android 7 Nougat yang akan digunakan pada Redmi 2 berdasarkan ROM CyanogenMod 14. Dengan kata lain, ROM ini adalah custom ROM dan bukan official ROM seperti MIUI 7 atau MIUI 8. Android 7 Nougat untuk Redmi 2 ini disarankan hanya bagi yang ingin merasakan pengalaman menggunakan Android 7.

android-7-nougat-redmi-2

Sebelumnya perlu diperhatikan beberapa hal prasyarat sebelum melakukan proses upgrade Redmi 2 ke Android 7 Nougat. Prasyaratnya adalah sebagai berikut:
– Custom Recovery seperti TWRP sudah harus terinstal di Xiaomi Redmi 2
– Pastikan USB Debugging dalam kondisi ENABLE.
– Kondisi baterai ponsel minimal 70%
– Lakukan backup ponsel, pastikan data-data penting telah terbackup dengan baik.

Cara Upgrade Redmi 2 dan Redmi 2 Prime ke Android 7 Nougat

Setelah memastikan prasyarat di atas terpenuhi dengan baik, kini kita lanjutkan dengan proses upgrade Redmi 2 dan Redmi 2 Prime ke Android 7 Nougat.
Langkah 1. Download ROM Android 7 Nougat untuk Redmi 2 dan Redmi 2 Prime di link download ini.
Langkah 2. Download Google Apps untuk Android 7 Nougat Redmi 2 di link ini.
Langkah 3. Copy-kan ke dua file yang terdownload tersebut ke SD card ponsel Redmi 2/Prime.
LAngkah 4. Kini matikan ponsel, kemudian masuk ke mode recovery TWRP dengan menekan tombol volume down dan tombol power secara bersamaan.
Langkah 5. Lakukan backup ROM yang sekarang digunakan dengan melakukan Tap pada tombol “Backup” lalu geser ke kanan untuk mengkonfirmasi proses backup ROM. Setelah proses backup selesai, kembali ke menu utama recovery TWRP.
LAngkah 6. Kini di menu “Wipe” lakukan wipe partisi system dengan menggeser ke kanan untuk mengkonfirmasinya.
Langkah 7. Kini masuk kembali menu utama recovery TWRP, pilih “Install”, lalu arahkan ke file ROM Android 7 Nougat untuk Redmi 2 dan Redmi 2 Prime. Lalu lakukan juga untuk file Google Apps Redmi 2 Android 7 Nougat dengan cara memilih “Add more ZIP” dan pilih file ZIP GAPPS. Kini geser tombol ke kanan untuk mengkonfirmasi proses flashing untuk dimulai.
Proses flashing memerlukan waktu sekitar 5 hingga 10 menit, saat proses ini selesai, lakukan reboot ponsel Redmi 2/Prime.

Ponsel secara otomatis akan melakukan proses booting, dan seperti proses booting pertama kali lainnya, proses ini membutuhkan waktu sedikit lebih lama hingga nantinya akan muncul logo Android untuk kali pertama dan proses untuk melakukan setup android di ponsel Redmi 2/Prime. Silakan nikmati keseruan Android 7 Nougat dengan berbagai fitur menariknya.

Jika masih kurang jelas, silakan merujuk ke video di bawah ini untuk mendapatkan gambaran lengkap bagaimana cara melakukan upgrade Redmi 2 dan Redmi 2 Prime ke Android 7 Nougat.

Upgrade Redmi 2 ke Android 7 Nougat |Henry |4.5 | dibaca 9,191 kali