Upgrade Mi Note ke Android 5.1.1 Lollipop

perintahdasar.com – Android 4.4.4 KitKat hingga kini masih menjadi tumpuan utama phablet Xiaomi Mi Note, belum ada tanda-tanda Android 5.x Lollipop akan menjadi kado kejutan bagi pengguna Mi Note saat update ROM terjadi. Alih-alih mendapatkan Lollipop versi awal, Xiaomi masih berkutat dengan KitKat meskipun update ROM telah hilir mudik diberikan ke phablet ini. Menurut catatan penulis, sudah tiga kali Xiaomi merilis update untuk phablet ini sejak kali pertama dirilis pada Januari 2015, dimulai dari ROM V6.4.4.0.KXECNCB, disusul V6.5.1.0.KXECNCB kemudian V6.5.3.0.KXECNCD dan kini terakhir di Rom V6.5.4.0.KXECNCD.

MIUI yang diinstall secara default oleh Xiaomi diberbagai perangkat ponsel keluarannya termasuk Redmi 2 dan Mi4i banyak mendapatkan kritikan karena performanya yang kurang gegas, banyaknya bloatware dan management RAM yang kurang bagus bagi sebagian pengguna meskipun menghadirkan pengalaman UI yang cukup menyenangkan. Dan kini sepertinya hal tersebut akan sedikit terobati karena Xiaomi MI Note kini dapat diupgrade ke Android 5.1.1 Lollipop meskipun menggunakan custom ROM. Android 5.1.1 Lollipop yang digunakan sebagai ROM upgrade pada Xiaomi Mi Note hanya menggunakan versi dasar dari android, ditambah sedikit aplikasi tambahan, ringan dan tidak ada perubahan yang tidak diperlukan.

mi note lollipop upgrade info

ROM ini memiliki dua cara instalasi, dimana untuk yang pertama menggunakan custom recovery TWRP sedangkan untuk yg berikutnya menggunakan CWM Recovery. Tidak ada perbedaan signifikan di hasil upgrade Mi Note ke Android 5.1.1 Lollipop dengan kedua recovery tersebut, hanya berbeda ditampilan saat kita melakukan flashing ROM keMi Note.

ROM Android 5.1.1 di Mi Note telah mensupport dual-sim meskipun beberapa penguna melaporkan adanya bug saat berpindah koneksi data dari SIM yang satu ke yang lainnya. Untuk sementara, isu ini bisa menggunakan solusi dengan berpindah terlebih dahulu ke airplane mode ke posisi on/off sebelum menggunakan koneksi data kembali.

Perbedaan antara TWRP dan CWM adalah, versi Android 5.1.1 dengan TWRP recovery masih menggunakan Bahasa china meskipun bisa kita raba-raba apa saja menu yang ada di TWRP recovery tersebut terlebih bagi kita yang familiar dengan recovery ini. Sedangkan CWM menghadirkan versi Bahasa Inggris sehingga memudahkan kita dalam melakukan flashing ROM Android 5.1.1 ke phablet Xiaomi MI Note.

Bug Android 5.1.1 di Xiaomi Mi Note

Untuk yang ingin menggunakan Android 5.1.1 di Mi Note-nya, perlu untuk mempertimbangkan beberapa bug berikut yang sejauh ini berhasil diketahui sepanjang menggunakan ROM tersebut.

Bug 1 – Seperti yang kami tuliskan di atas, jika tidak ada respon koneksi data saat berpindah dari SIM stu ke SIM 2 dan sebaliknya, untuk solusinya adalah dengan melakukan swtich on/off pada mode airplane. Hal ini perlu dilakukan sebagai pancingan kepada Mi Note untuk melakukan koneksi ulang ke provider data yang digunakan. Merepotkan?, iya sih jika kita sering-sering pindah-pindah SIM untuk koneksi data.

Bug 2 – Untuk sekarang ini, pengambilan gambar saat merekam video di resolusi video 4k adalah hal yang tidak memungkinkan. Tetapi berhasil baik di resolusi 1080p.

Bug 3 – Untuk kali pertama phablet Mi Note tidak merespon saat system Android melakukan pengechekan sensor, solusinya?, reboot kembali Mi Note.

Lalu bagaimana caranya meng-upgrade Xiaomi Mi Note ke Android 5.1.1?, di artikel berikut akan kita bahas satu persatu, bagaimana proses flashing ROM Android 5.1.1 dengan TWP recovery dan CWM recovery.

Upgrade Mi Note ke Android 5.1.1 Lollipop |Henry |4.5 | dibaca 116,744 kali