Update Terbaru Windows XP

Update Windows XP – Secara mendadak Microsoft merilis update terbaru untuk Windows XP. Padahal secara resmi dukungan terhadap sistem operasi ini telah dihentikan sejak April 2014 oleh raksasa software Amerika tersebut. Hal ini tentu menjadi tanda tanya besar karena secara jumlah pengguna, Windows XP sudah banyak ditinggalkan dan beralih ke Windows 7.

Update terbaru Windows XP ini tergolong hal yang tidak biasa dan ini dipicu oleh adanya serangan WannaCry beberapa waktu yang lalu. Jadi, meskipun secara kuantitatif pengguna Windows XP sudah jauh berkurang tetapi Microsoft masih mencoba melinduingi pengguna versi Windows tersebut dari serangan virus berkategori ransomware.

Hal ini diutarakan oleh General Manager Crisis Management Microsoft, Adrienne Hall, kerentanan tersebut berpotensi menjadi celah untuk serangan siber yang dilakukan oleh organisasi pemerintah, tokoh yang didukung pemerintah, atau organisasi peniru.

“Untuk mengatasi hal ini, kami menyediakan pembaruan keamanan tambahan. Pembaruan ini sudah tersedia untuk seluruh pengguna, termasuk yang masih memakai Windows versi lawas,” ujarnya seperti dikutip dari The Verge, Rabu (14/6/2017).

Selain Windows XP, Microsoft juga merilis pembaruan ini untuk Windows Vista dan versi Windows lain yang masih dan sudah tak lagi didukung. Namun bukan berarti perusahaan akan mengubah kebijakan soal dihentikannya dukungan untuk sistem operasi tersebut.

Keputusan ini, menurut Microsoft, merupakan pengecualian karena perusahaan itu percaya bahwa celah keamanan dapat digunakan organisasi pemerintahan untuk menyerang sistem Windows. Sayangnya, tak diungkap organisasi yang dimaksud.

Sebenarnya, ini bukan kali pertama perusahaan itu merilis pembaruan untuk Windows XP secara tiba-tiba. Sebelumnya, saat serangan WannaCry terjadi, patch keamanan juga diluncurkan karena banyaknya komputer yang diserang malware tersebut.

Kondisi ini memicu dugaan, bahwa Microsoft meskipun secara resmi menghentikan dukungannya terhadap versi Windows jadul, namun dalam kenyataannya di saat adanya kondisi tak biasa maka update berupa patch keamanan akan tetap dirilis guna memberikan perlindungan ekstra yang mumpuni.

Nah kini, sudahkan Anda meng-update Windows XP dengan update terbarunya?, jika belum, lakukan sekarang agar terhindar dari serangan ransomware wannacry.

Update Terbaru Windows XP |Henry |4.5 | dibaca 201 kali