Inilah Cara Jitu Melakukan Unlock Bootloader pada Smartphone Sony Xperia

Dari sekian banyak pabrikan ponsel Android di dunia, ada satu yang cukup menarik dalam melakukan inovasi dan pemasaran ponsel pintar bikinan mereka, yaitu Sony dengan merk Xperia. Ponsel buatan mereka terkenal dengan desain yang cukup bagus tetapi hasil penjualannya tidak menggembirakan. Sony pun masih melanjutkan pembuatan smartphone android dengan cara dan strategi yang sama dalam empat tahun ini, dimana ponsel andalan atau flagship dirilis setiap enam bulan sekali.

Unlock Bootloader pada Smartphone Sony Xperia

Lini Xperia dari Sony bukanlah smartphone kacangan atau abal-abal, desain cukup menarik dan berbeda dengan competitor lainnya, dukungan terhada software juga baik tetapi kesemua itu tidak mampu membuat mereka bersanding dengan raksasa Korea, Samsung. Bahkan untuk mengikuti pabrikan China, Xiaomi, Sony Xperia masih terpaut cukup jauh.

Sony pun dalam strateginya sangat bersahabat dengan developer independen android, banyak panduan dan video yang dibikin oleh pabrikan ponsel asal Jepang tersebut guna membantu para developer memasang custom ROM bikinan mereka ke perangkat Xperia. Tidak hanya itu, secara mengejutkan Sony telah membolehkan pengguna ponsel mereka untuk meng-unlock bootloader pada perangkat Sony Xperia.

Langkah ini merupakan langkah yang telah dilakukan oleh Xiaomi dan Huawei dengan membolehkan pengguna ponsel besutan mereka untuk melakukan unlock bootloader secara mudah dengan memberikan tool dan kode unlock. Tentu saja hal ini sangat menggembirakan para pengembang custom ROM karena tidak perlu repot lagi melakukan instalasi custom ROM walaupun beresiko hilangnya garansi terhadap ponsel.

Sebenarnya istilah bootloader tidaklah populer di pengguna awam, jika kita tanyakan ke mereka, pasti mereka tidak tahu sama sekali tentang hal ini. Kebalikannya jika ditanyakan ke pengguna android yang levelnya lebih advance alias suka ngoprek, pasti tanpa banyak piker panjang mereka akan menjelaskan dengan fasih makna dan kegunaan bootloader di perangkat ponsel android.

Pada dasarnya, bootloader adalah sesuatu hal yang mengijinkankan kita untuk melakukan flashing custom ROM dan software pada perangkat Android. Custom software, ROM, recovery, atau kernel tidak dibuat oleh pabrikan ponsel, untuk itu pabrikan bertanggung jawab akan integritas, kinerja, performa dari produk ponsel besutan mereka dengan cara mengunci bootloader untuk alasan keamanan. Beberapa pabrikan android mengijinkan pengguna ponsel mereka untuk membuka kunci atau unlock bootloader dan banyak pabrikan tidak mengijinkannya. Untungnya, Sony sekarang masuk ke group pabrikan ponsel android yang mengijinkan unlock bootloader.

Efek dari Unlock Bootloader pada Smartphone Sony Xperia

Ini artinya untuk meng-unlock bootloader smartphone android Xperia bukanlah hal yang sulit lagi karena sudah diijinkan secara resmi oleh Sony. Unlock bootloader, meskipun telah resmi didukung oleh Sony bukan berarti garansi terhadap ponsel tetap ada, unlock bootloader artinya garansi hangus. Untuk anda ketahui, jika smartphone Xperia yang anda punya merupakan salah satu dari model terbaru (sekitar tahun 2013 ke atas), proses unlock bootloader akan menghapus semua data yang ada di storage internal terlepas dari yang biasanya terjadi saat melakukan reset ke setingan pabrik. Sedangkan untuk model Xperia yang lebih lama, proses unlock bootloader akan berakibat dari tidak bisa digunakannyanya aplikasi kamera bawaan.

Unlock bootloader juga akan mengakibatkan integritas kunci DRM hilang sehingga anda tidak bisa lagi menggunakan fungsi hak cipta yang melekat pada produk Sony. Fitur seperti noise cancelling dan software X-Reality tidak bisa lagi digunakan. Untuk itu sebelum melakukan proses unlock bootloader, sebaiknya lakukan proses backup pada partisi TA. Nantinya setelah proses unlock bootloader selesai, partisi TA direstore kembali tetapi hal ini tidak akan mengembalikan kunci DRM.

Jadi, bagi anda yang ingin melakukan proses unlock bootloader pada ponsel Xperia Android, putuskan dengan bijak dengan resiko seperti di atas.

Prasyarat Melakukan Unlock Bootloader pada Smartphone Sony Xperia

Sebelum melanjutkan proses unlock bootloader pada smartphone Sony Xperia, baiknya beberapa hal berikut di bawah ini dipenuhi terlebih dahulu.

  • ADB dan Fastboot wajib hukumnya terinstall di PC atau laptop, download di link ini untuk mendownload-nya jika belum terpasang.
  • Pastikan driver USB untuk Sony terpasang di PC atau laptop, jika belum silakan download dari link ini.
  • Pastikan opsi USB debugging dan OEM unlock telah aktif di perangkat smartphone Xperia.
  • Cek terlebih dahulu jika perangkat Xperia anda dapat di unlock secara resmi. Untuk melakukan pengecekan ini, silakan buka aplikasi dialer di ponsel kemudian masukkan kode rahasia Sony Xperia *#*#7378423#*#* untuk mengakses menu service. Tap menu Service info > Configuration > Rooting Status. Jika opsi Bootloader unlock diperbolehkan maka pilih Yes, dan kini anda bisa melanjutkan proses unlock. Jika anda pilih No, atau status ini tidak ada, maka perangjkat Xperia yang anda miliki tidak bisa diunlock menggunakan metode unlock bootloader ini.

Cara Unlock Bootloader di Smartphone Sony Xperia

Setelah prasyarat di atas terpenuhi semua, kini saatnya kita lanjutkan proses unlock bootloader. Dan seperti proses unlock bootloader pada perangkat Xiaomi atau Huawei, harus dilakukan dengan mengakses situs resmi pabrikan ponsel. Mari simak dengan teliti langkah demi langkah cara unlock bootloader Sony Xperia di bawah ini.

  • Kunjungi situs resmi Sony untuk melakukan unlock bootloader, langsung saja scroll ke bagian bawah layar.
  • Pilih perangkat Xperia dari menu pilihan yang ada dan klik Continue untuk lanjut.

  • Masukkan alamat email yang valid di halaman berikutnya dan Sony akan mengirimkan email konfirmasi untuk memastikan bahwa email tersebut adalah email anda. Silakan login ke akun email dan klik link konfirmasi.
  • Setelah itu masukkan nomer IMEI perangkat smartphone Sony Xperia yang akan di unlock bootloadernya. Nomor IMEI bisa anda temukan di menu Pengaturan -> Tentang Perangkat -> Status.

  • Kini pilih atau check dua kotak yang ada di samping tulisan “ I acknowledge…. “ sebagai tanda anda menyetujui syarat dan ketentuang yang diberlakukan oleh Sony untuk smartphone yang di-unlock bootloadernya.. Jangan lupa untuk klik “Submit” untuk memulai proses rikues ke Sony.
  • Kini masuk ke inbox akun email, karena Sony akan mengirimkan kode unlock melalui email. Copy-kan kode unlock bootloader tersebut ke notepad.
  • Kini buka program ADB dan Fastboot yang telah terinstall sebelumnya di computer PC atau laptop, koneksikan smartphone ke PC menggunakan kabel USB bawaan. Komputer akan menanyakan permission untuk mengakses USB debugging, berikan akses tersebut. Jika tidak ada notifikasi USB debugging, paksa dengan mengetikkan perintah berikut.

  •   Kini lanjutkan dengan menggunakan perintah dibawah untuk memerintahkan ke smartphone Sony Xperia masuk ke mode fastboot.

  • Setelah ponsel Xperia masuk ke mode fastboot, cek koneksi antara komputer dengan ponsel sudah benar dan sempurna dengan menggunakan perintah sebagai berikut.

 Akan ada balasan dengan memunculkan sebuah angka, biasanya bernilai 0,5. tetapi jika angka yang dimunculkan bukan 0,5 bukanlah suatu keharusan. Yang penting ada jawaban dengan nilai angka sebagai tanda koneksi antara komputer dan ponsel sudah oke.

  • Kini gunakan perintah berikut untuk memulai proses unlock bootloader perangkat smartphone Sony Xperia.

Ganti tulisan “KEY” dengan kode unlock yang telah didapatkan dari langkah sebelumnya di atas.

  • Saat proses unlock bootloader telah selesai, kini bootloader smartphone Xperia anda telah ter-unlock. Kini lepaskan koneksi ponsel dan lakukan proses boot-up seperti biasa. Dan lakukan proses pengaturan ponsel kembali.

Saran kami, lakukan unlock bootloader jika benar-benar dibutuhkan mengingat beberapa resiko yang bisa ditimbulkan, apalagi jika ponsel masih dalam masa garansi. Hanya saja jika anda sangat ingin melakukannya, lakukan proses backup data dengan benar agar terhindar dari kejadian yang tidak menyenangkan.

Inilah Cara Jitu Melakukan Unlock Bootloader pada Smartphone Sony Xperia |Wildan |4.5 | dibaca 546 kali