Cara Unlock Bootloader, Install TWRP dan Root Huawei Honor 7X

Huawei telah merilis smartphone andalan terbaru mereka yang dinamakan dengan nama Huawei Mate 10 sebagai bagian dari seri terbaru dari seri smartphone flagship Huawei. Namun, pabrikan ponsel android China ini ternyata tidak mengesampingkan seri mereka yang lain yaitu Honor yang secara kontinyu merilis smartphone setiap tahun. Salah satunya adalah Huawei Honor 7X, yang digadang sebagai ponsel andalan kelas menengah Huawei untuk berkompetisi dengan berbagai merek pabrikan ponsel android lainnya.

 Unlock Bootloader, Install TWRP dan Root Huawei Honor 7X

Brand Honor oleh Huawei ditempatkan sebagai merk di level menengah yang tentunya cocok dengan pengguna ponsel android  yang mulai mementingkan performa dan dukungan software dari ponsel yang mereka gunakan. Dan kini, Huawei Honor 7X diklaim oleh beberapa situs popular di internet sebagai smartphone kelas menengah yang terbaik di tahun 2017. Berbicara tentang Huawei Honor 7X, tidak akan beranjak jauh dari membicarakan smartphone yang mengusung keseluruhan bodi depannya dengan layar, yang biasa ditemukan di berbagai ponsel pintar flagship yang dirilis pada tahun ini. Selain itu, Huawei Honor 7X mempunyai fitur dual camera di bagian belakang yang semakin menambah kemampuan dalam hal photografi dan hal ini menjadi fitur yang biasa ditemukan di generasi smartphone di tahun 2017.

Yang cukup menggoda dari Honor 7X adalah layar fullHD+ berukuran 6 inchi dengan resolusi 2160 x 1080 pixels dan mempunyai aspek rasio 18:9. Selain fitur dual kamera di bagian belakang, ponsel pintar keluaran Huawei ini juga mempunyai fitur selfie yang cukup mengagumkan dimana bagian background pada foto selfie bisa di-blur-kan untuk mendapatkan efek bokeh menggunakan software yang telah menyatu dengan kamera. Selain itu, ponsel pintar ini mempunyai RAM sebesar 4GB dengan internal storage hingga 64GB, berbasis Android 7.0 Nougat dengan skin software Huawei EMUI.

Jika melihat kemampuan Huawei Honor 7X dengan beragam fitur yang mengagumkan dan hardware yang cukup mumpuni, ternyata tidak menghalangi pengguna ponsel ini untuk berbuat lebih jauh. Dan seperti yang terjadi pada ponsel android lainnya, ritual memasang custom recovery menjadi hal yang niscaya tidak dilakukan karena hal ini berkaitan dengan proses memasang custom ROM pada Huawei Honor 7X.

Untuk melakukan pemasangan custom ROM pada Huawei Honor 7X diperlukan custom recovery semacam TWRP. Dan untuk bisa melakukan pemasangan custom recovery, harus dilakukan terlebih dahulu unlock bootloader dan tentunya diikuti dengan melakukan proses rooting guna mendapatkan hak akses root. Dan bagi para pengguna Huawei Honor X yang ingin melakukan hal tersebut di atas, Anda telah berada di posisi yang tepat karena dalam lanjutan artikel ini Anda akan menemukan tips dan cara melakukan unlock bootloader, install TWRP dan root pada smartphone Huawei Honor 7X.

Prasyarat Unlock Bootloader, Install TWRP dan Root Huawei Honor 7X

Sebelum melakukan proses unlock bootloader, install TWRP dan rooting pada smartphone Huawei Honor 7X, Anda perlu melakukan beberapa hal sebagai berikut
– Pastikan data Anda di ponsel Huawei Honor 7X telah ter-backup karena proses ini akan menghapus semua data di ponsel.
– Pastikan kondisi baterai di level minimum 60% karena smartphone Huawei Honor 7X akan melakukan proses reboot beberapa kali.
– Pastikan posisi Enable untuk “USB Debugging dan OEM unlock” pada menu pengaturan di ponsel. Untuk melakukannya, masuk ke menu Pengaturan -> Tetang Perangkat -> Lalu tap pada bagian Nomer Versi hingga 7 kali untuk menampilkan opsi Pengembang. Lalu klik pada kedua kotak yang ada di opsi USB Debugging dan OEM Unlock sebagai konfirmasi pengaturannya telah aktif.
– Pastikan ADB dan Fastboot telah terpasang di computer PC atau laptop. Jika belum, silakan merujuk ke tutorial pemasangan ADB dan Fastboot di link berikut ini.
– Download TWRP untuk Huawei Honor 7X di link utama ini.
– Download SuperSu untuk Huawei Honor 7X di link berikut ini.

Tutorial Melakukan Unlock Bootloader dan Root pada Huawei Honor 7X

Unlock Bootloader

Untuk melakukan unlock bootloader pada Huawei Honor 7X diperlukan kode unlock bootloader langsung dari sistus resmi Huawei. Langkah ini mengingatkan kita pada proses unlock bootloader pada perangkat Xiaomi, jadi ikuti saja petunjuk yang diberikan oleh situs resmi Huawei.

  1. Masuk ke website Huawei, bikin akun jika belum punya dan segera login jika sudah mempunyai akun di website Huawei.
  2. Setelah login ke situs Huawei, Masuk ke menu Downloads -> Unlock Bootloader, kemudian isikan nomer IMEI, kode produk/ponsel, dan nomer model Huawei Honor 7X yang Anda punya.
  3. Setelah ini, Anda akan mendapatkan kode unlock sesaat setelah form isian tersebut di submit pada halaman berikutnya. Catat kode unlock bootloader dan simpan ditempat yang aman.
  4. Sekarang, buka folder dimana software ADB dan Fastboot terpasang, lalu tekan tombol SHIFT dan klik kanan pada mouse, pop-up pilihan akan muncul dan pilih “Open Command window here”.
  5. Kini hubungkan ponsel Huawei Honor 7X ke laptop atau computer, lalu ketikkan perintah berikut ini:
  6. Kini ponsel akan masuk ke mode bootloader, lalu lanjutkan dengan perintah sebagai berikut:

    Ganti “kode unlock” dengan kode unlock yang telah Anda dapatkan dari situs resmi Huawei.

Lalu ikuti perintah yang ada di layar Huawei Honor 7X. Jika semua prosedur unlock bootloader berjalan dengan sempurna, maka ponsel akan secara otomatis reboot dan artinya ponsel telah sukses di-unlock bootloader nya.

Cara Unlock Bootloader, Install TWRP dan Root Huawei Honor 7X

Install Recovery pada Huawei Honor 7X

Kini Anda bisa melanjutkan ke proses berikutnya yaitu meng-install custom recovery TWRP ke Huawei Honor 7X, dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  • Aktifkan kembali USB Debugging di ponsel seperti pada langkah di atas.
  • Hubungkan ponsel Huawe Honor 7X ke laptop atau computer PC, lalu ketikkan berikut ini di layar command window yang masih terbuka.

  • Saat ponsel berada di posisi mode bootloader, ketikkan perintah sebagai berikut:
  • Setelah proses flash fastboot selesai, lalu ikuti perintah berikut untuk me-reboot ponsel

Cara Root Huawei Honor 7X

Langkah terakhir adalah melakukan proses rooting guna mendapatkan hak akses root yang diperlukan untuk menggunakan beragam aplikasi dengan syarat mempunyai akses ke sistem root pada ponsel.

  • Copy-kan file SUperSU yang telah terinstall di atas ke storage di ponsel.
  • Matikan ponsel Huawei Honor 7X, lalu tekan dan tahan tombol Volume Down+Power beberapa detik hingga tampil logo TWRP yang artinya Anda sukses masuk ke mode recovery.
  • Pilih opsi Install di TWRP, kemudian arahkan ke lokasi dimana file ZIP SuperSU berada. Lalu swipe ke kanan pada layar untuk mengkonfirmasi untuk memulai proses flash pemasangan aplikasi SUperSU.
  • Kini aplikasi SuperSU telah terinstall, reboot ponsel Huawei Honor 7X.

Setelah proses reboot selesai, Anda akan mendapati aplikasi SuperSU telah terinstall di ponsel. Untuk memverifikasi apakah root yang dilakukan benar-benar sempurna, bisa dilakukan menggunakan aplikasi root checker yang bisa langsung diinstall dari Play Store.

Akhirnya smartphone Huawei Honor 7X yang Anda miliki sudah ter-unlock bootloadernya, recovery TWRP terpasang dan siap menggunakan beragam aplikasi yang membutuhkan akses root.
Mempunyai akses root ke ponsel tentunya mempunyai keuntungan tersendiri, beberapa keuntungan tersebut adalah sebagai berikut:

– Bisa menghilangkan iklan yang terkadang menjengkelkan karena mengurangi kenikmatan dalam berponsel ria dengan menggunakan aplikasi Adaway.
– Bisa meng-uninstall aplikasi bawaan dari Huawei yang dirasa tidak perlu tanpa muncul kekhawatiran ponsel akan crash ataupun bootloop.
– Bisa memasang atau menggunakan custom theme dengan substratum theme engine.

Namun sekali lagi, jika anda hanyalah pengguna awam ponsel pintar Huawei Honor 7X, maka tidak disarankan untuk melakukan unlock bootloader, memasang custom recovery dan mendapatkan hak akses root. Tetapi jika anda mempunyai rasa penasaran yang berlebih dan tahu akan resiko yang mungkin muncul akibat tutorial di atas, maka lakukanlah untuk mendapatkan beragam fitur yang tersembunyi dari smartphone Huawei Honor 7X. Tabik!!

Cara Unlock Bootloader, Install TWRP dan Root Huawei Honor 7X |Edwin Geral |4.5 | dibaca 332 kali