Cara Unlock Bootloader, Install TWRP dan Root pada Smartphone Essential PH-1

Sistem operasi Android yang dimiliki oleh Google telah membuka peluang baru dengan hadirnya pabrikan pembuat smartphone, mulai dari pabrikan besar seperti raksasa Korea dan Jepang yang diwakili oleh Samsung, LG, Sony dan Sharp, kemudian disusul dengan massive-nya smartphone Android China dengan Xiaomi dan Oppo yang menjadi pemimpin.

Kue smartphone android yang begitu banyak diperebutkan oleh para pabrikan besar tersebut di atas tidak mengurangi pihak lain untuk merilis produk mereka sendiri, dan kali ini penemu system operasi Android juga mencoba peruntungannya dengan merilis smartphone android pertama mereka yang dinamakan Essential PH-1.
Cara Unlock Bootloader, Install TWRP dan Root pada Smartphone Essential PH-1
Essential merupakan perusahaan yang didirikan oleh penemu Android sebelum dilego ke Google. Dan kini dengan pengalaman serta dana yang cukup, merilis smartphone yang dinamakan PH-1. Smartphone ini sejatinya sudah dirilis sejak awal tahun ini dengan membawa spesifikasi dan desain yang diharapkan menjadi competitor yang tangguh bagi smartphone android andalan yan telah dirilis oleh berbagai pabrikan utama smartphone. Namun, Essential berhasil merilis smartphone dengan semua fitur yang cukup menggoda meski merupakan smartphone pertama mereka.

Smartphone android Essential PH-1 datang dengan display bertype bezel-less dan memiliki semacam coakan kecil di bagias atas layar ponsel yang digunakan sebagai kamera depan. Terlepas dari desain “coakan” tersebut, tampilan depan Essential PH-1 merupakan keseluruhan dari display.

Dengan desain display yang cukup menggoda karena kesemua body depannya merupakan layar ponsel itu sendiri tidak membuat Essential berpuas diri karena PH-1 memiliki layar 5.71 inch dengan teknologi AMOLED dan rasio antara layar ke bodi berkisar sekitar 84.9% yang menjadi angka rujukan bagi smartphone android andalan yang diluncurkan pada tahun ini.

Selain itu, Essential PH-1 juga menggunakan processor Snapdragon 835 dengan RAM sebesar 4GB dan internal storage yang cukup lega dengan kapasitas 128GB. Sebagai motor dari spesifikasi Essential PH-1 yang cukup gahar tersebut, smartphone menggunakan Android 7.1 Nougat dengan opsi mendapatkan update ke Android 8.0 Oreo.

Namun di sini kita tidak akan mereview Essential PH-1, melainkan mencoba untuk melakukan root, unlock bootloader guna meng-install custom recovery andalan seperti TWRP. Jadi bagi kalian yang ingin melakukan hal tersebut di atas pada PH-1, maka tutorial di bawah ini akan menjadi tutorial yang tepat.

Cara Unlock Bootloader, Root dan Install Custom Recovery TWRP

Sistem keamanan pada smartphone Essential PH-1 mirip dengan apa yang anda jumpai di smartphone Xiaomi. Salah satu system keamanan mereka adalah dengan menerapkan konsep lock bootloader sebagai bagian dari mengamankan smartphone dari intrusi atau tindakan lainnya yang berpotensi untuk melakukan peretasan atau hacking kepada data yang ada di smartphone.

Sebelum melakukan proses selanjutnya, maka perlu disiapkan beberapa hal sebagai berikut agar proses root, unlock bootloader dan instalasi custom recovery TWRP berjalan dengan sempurna.

  1. Download dan Install driver Minimal ADB dan Fastboot, lalu extract file hasil download tersebut ke folder yang telah ditentukan, misalnya nama folder ADB.
  2. Pastikan posisi USB Debugging dan OEM Unlock telah aktif atau Enable.
  3. Untuk diketahui, proses unlock bootloader akan menghapus semua data personal yang ada di storage internal. Untuk itu sangat dianjurkan untuk melakukan proses backup data secara komplit.
  4. Pastikan status baterai di angka minimum 65% sebagai tindakan jaga-jaga karena proses ini akan mentrigger untuk mereboot smartphone secara otomatis dan hal ini tentu menyita kapasitas baterai yang ada.

Setelah itu kini baiknya anda mendownload semua file-file yang dibutuhkan untuk melanjutkan proses unlock boatloader, root dan instalasi custom recovery TWRP.

  1. Download file custom recovery TWRP untuk smartphone Essential PH-1, lalu rename menjadi “recovery.img” (tanpa tanda kutip) lalu pindahkan ke folder ADB.
  2. Download file ZIP Magisk v14.3 dan copy-kan ke storage internal Essential PH-1.
  3. Download file modifikasi image boot dan pindahkan ke folder root internal storage untuk memudahkan dalam navigasi file tersebut nantinya. Untuk pengguna model NMJ32F, silakan download file image ini. Untuk pengguna model NMJ20D, silakan download file image versi ini. Untuk mengetahui, versi mana dari smartphone Essential PH-1 yang anda gunakan, silakan langsun gmelihat ke menu About Phone yang bisa diliat melalui menu Settings -> About Phone dan cek daftar nomor build yang tertera di layar.

Langkah untuk Unlock Bootloader Samrtphone Essential PH-1

Kini saatnya untuk memulai proses unlock bootloader Essential PH-1. Caranya cukup mengikuti langkah berikut ini:

a. Buka window terminal di folder ADB yang sebelumnya telah dibikin. Anda bisa melakukannya dengan cara menekan dan tahan tombol SHIFT yang ada di keyboard lalu klik kanan pada ruang kosong yang ada kemudian pilih opsi “Open command window here”.
b. Kini koneksikan smartphone Essential dengan komputer PC atau laptop menggunakan kabel USB lalu ketikkan perintah berikut di layar windows terminal untuk mereboot smartphone ke bootloader.

c. Untuk memastikan koneksi antara komputer PC dan smartphone benar-benar berjalan dengan sempurna, berikan perintah berikut di bawah ini. Jika anda mendapatkan nomer seri dari smartphone yang digunakan maka artinya koneksi tersebut berjalan dengan sempurna.

d. Kini masukkan perintah berikut ini untuk meng-unlock bootloader Essential PH-1. Dan harap diingat, saat mengeksekusi perintah ini akan menghapus semua data yang ada di smartphone.

e. Setelah proses selesai dijalankan, maka kini reboot smartphone dengan menggunakan perintah seperti di bawah ini.

Cara Install Custom Recovery TWRP

Recovery TWRP merupakan salah satu custom recovery yang sangat popular digunakan oleh para developer independen android guna meng-install atau flashing file ZIP ataupun image custom ROM. Hal ini cukup beralasan karena recovery TWRP memiliki beragam fitur dan cara menggunakannya yang cukup user friendly.

Proses instalasi recovery TWRP ke Essential PH-1 cukup mudah, dan mirip dengan apa yang dilakukan pada Xiaomi Mi 4C. Langkah-langkahnyapun mirip, dan bahkan tampilan recovery ini di smartphone Essential bisa dikatakan sama persis dengan apa yang ada di Xiaomi Mi 4C.
a. Kini koneksikan kembali smartphone Essential ke komputer PC atau laptop menggunakan kabel USB bawaannya. Dan masukkan kembali perintah untuk masuk ke mode bootloader.

b. Sekarang kini bagian ngeri-ngeri sedap untuk melakukan flash file image recovery TWRP dengan perintah sebagai berikut.

Install TWRP dan Root pada Smartphone Essential PH-1
c. Saat proses flash selesai, anda bisa melepas koneksi komputer PC dengan smartphone Essential dengan melepas kabel USB. Dan kini anda bisa melakukan reboot smartphone.

Cara Mudah Root Essential PH-1 dengan Magisk

Metode root sekarang tidak hanya menggunakan SuperSU, kini sudah ada alternative lainyang menawarkan beberapa kelebihan seperti aman digunakan pada smartphone yang digunakan juga untuk bertransaksi perbankan. Dan ini ada pada Magisk, mari kita lakukan dengan tutorial sebagai berikut:
Install TWRP Smartphone Essential PH-1

  1. Matikan smartphone dan boot ke recovery TWRP, caranya adalah dengan menekan dan tahan tombol volume button dan tombol power hingga logo Essential muncul.
  2. Kini, lepaskan tombol dan dengan cepat tekan kembali kedua tombol tersebut hingga layar recovery TWRP muncul di layar.
  3. Sekarang dilanjutkan dengan memilih mode recovery menggunakan tombol volume dan tombol power untuk boot ke recovery TWRP.
  4. Saat menu TWRP recovery muncul, pilih opsi Install pada layar menu utama.
  5. Arahkan ke file Magisk v14.3 yang telah didownload sebelumnya, lalu pilih file tersebut.
  6. Di layarberikutnya, swipe ke kanan untuk memulai proses flash file ZIP Magisk.

  1. Saat proses flashing selesai, kin lakukan reboot smartphone dengan memilih opsi reboot yang ada di layar recovery TWRP.
  2. Saat proses booting selesai, maka smartphone Essential PH-1 sudah dalam kondisi root.

Magisk juga menawarkan adanya semacam file manager yang dinamakan Magisk Manager dan bisa anda download dari link ini, aplikasi ini mempunyai fitur untuk memudahkan anda untuk mendownload dan menggunakan beragam module terpisah yang didesain untuk bekerja bersama Magisk.

Kini smartphone Essential PH-1 sudah siap untuk diinstall dengan custom ROM yang lain, Exposed framework dan fitur lainnya yang mensyaratkan adanya unlock bootloader, root dan custom recovery.

Cara Unlock Bootloader, Install TWRP dan Root pada Smartphone Essential PH-1 |Henry |4.5 | dibaca 23 kali