Unlock Bootloader dan Root Xiaomi Redmi Note 3

perintahdasar.com – Ponsel Redmi Note 3 merupakan ponsel android keluaran terbaru dari Xiaomi yang dirilis kali pertama pada November 2015. Dengan mengusung spesifikasi yang gahar, ponsel ini telah menyita perhatian fans android terlebih dengan harga yang masuk akal dan kantong. Redmi Note 3 menggunakan layar 5.5 inch dengan resolusi 1080×1920 dan kerapatan pixels per inchnya di angka 403 yang tentunya sangat memanjakan mata.

Dengan RAM 2GB dan processor octa-core Helio X10 dari Mediatek dipercaya akan meningkatkan kemampuan performa ponsel terbaru Xiaomi ini. Pilihan internal storage di 16GB dan 32GB akan menjadi sebuah pilihan yang sulit terlebih bagi penggemar ponsel ini karena tidak adanya slot microSD yang biasanya disertakan di jajaran ponsel Xiaomi seperti seri Redmi terdahulu. Meskipun tanpa adanya slot microSD, permintaan akan ponsel Redmi Note 3 ternyata tidak surut juga terlebih sebenarnya pengguna ponsel pintar sudah teredukasi dengan adanya ponsel serupa yang tanpa microSD seperti di iPhone dan lini ponsel Xiaomi lainnya yaitu seri Mi.

Xiaomi-Redmi-Note-3
Ponsel Redmi Note 3 menggunakan kamera belakang 13 megapixel dan ponsel depan yang bisa digunakan ber-selfie ria dengan kemampuan 5 megapixels yang tentunya cukup untuk mengambil gambar pemiliknya bahkan bisa menjadi lebih cantik tanpa perlu bersusah payah melakukan editing dengan adanya fitur beautify yang menjadi standar tool image di aplikasi kamera bawaan Redmi Note 3.

Namun Redmi Note 3 ini merupakan ponsel keluaran Xiaomi yang kali pertama menggunakan bootloader yang terkunci, lain dengan ponsel sebelumnya yang tanpa lock bootloader. Hal ini tentunya banyak menimbulkan pertanyaan bagi fans Xiaomi karena disinyalir ponsel keluaran pabrik ini akan mengikuti jejak Apple dengan produk iPhone-nya untuk melakukan segala daya dan upaya untuk memproteksi ponsel mereka karena seperti kita ketahui banyak beredar custom ROM untuk ponsel Redmi termasuk ponsel Redmi 2 yang penulis gunakan sudah menggunakan custom ROM Android 5.1.1 Lollipop.

Hanya saja ternyata di luar sana bahkan di forum Xiaomi sendiri banyak terdapat tutorial bagaimana cara meng-unlock bootloader Xiaomi Redmi Note 3 dan sekaligus mendapatkan akses root-nya. Meskipun tidak semudah cara melakukan proses root pada Redmi 2, proses unlock bootloader Redmi Note 3 cukup informative karena disertakan juga gambar-gambar yang memudahkan pemilik Redmi Note 3 melakukan unlock bootloader.
Proses ini tentunya tidak disarankan untuk pengguna awam atau yang tidak memiliki keperluan khusus pada Redmi Note 3 karena resiko brick tentunya akan mengincar ponsel tersebut jika terdapat kesalahan dalam proses unlock bootloader.

Jika tetap ingin melanjutkan melakukan unlock bootloader Redmi Note 3, silakan merujuk ke link Cara Unlock Bootloader Redmi Note 3. Pastinya segala resiko yang terjadi pada ponsel Redmi Note 3 menjadi tanggungan pribadi termasuk hard brick dan soft brick atau boot looping. Selamat mencoba.

Unlock Bootloader dan Root Xiaomi Redmi Note 3 |Henry |4.5 | dibaca 27,486 kali

Leave a Reply