Trik Berguna yang Harus diketahui oleh Pengguna Android

Dengan milyaran orang yang menjadi penggunanya, Android telah menjadi sistem operasi mobile yang paling digemari dan menjadi mayoritas diantara sistem operasi mobile lainnya. Dengan beragam fitur baru di versi Android terbaru telah menjadi magnet bagi banyak orang untuk memilikinya dan seperti kita tahu, setiap tahun banyak dirilis ponsel pintar bertenaga Android yang diharapkan menggoda pengguna untuk mengganti ponsel mereka ke versi android terbaru dan hal ini tentu saja akan menambah jumlah pengguna yang menggunakan sistem operasi terpopuler di jagat raya ini.

Android telah menunjukkan peningkatan yang pesat selama bertahun-tahun. Penulis sendiri menggunakan ponsel android sudah lebih dari 4 tahun dengan Xperia X10 sebagai ponsel pertama android yang dimiliki. Setelah banyak menghabiskan waktu bermain-main dengan Android, akhirnya penulis mempunyai banyak trik dan tips yang sangat berguna untuk meningkatkan penggunaan dan pengalaman bersama ponsel berlogo robot ijo ini. Di artikel ini, penulis mencoba untuk membagikan tiga trik yang sangat berguna dan harus diketahui oleh pengguna android, karena kesemua trik tersebut cukup mengagumkan terlebih bagi kalian yang tidak bisa lepas dari platform media social menggunakan perangkat android.

Trik Menghapus Kata-kata yang telah dipelajari oleh Gboard

Gboard merupakan salah satu aplikasi keyboard terbaik yang ada di ponsel android. Aplikasi ini pasti dengan mudah kita temukan di perangkat android yang kita gunakan, dan jika aplikasi ini tidak ada maka dengan mudah diunduh langsung dari play store. Gboard telah berevolusi menjadi aplikasi yang mempunyai banyak fitur dan trik sederhana yang cukup bagus dimana aplikasi ini akan dapat belajar dari apa yang kita ketik, mengingat kata-kata yang pernah kita ketikkan, dan beradaptasi dengan gaya mengetik kita dan mampu memberikan saran kata-kata yang akan diketik. Apliaksi Gboard juga belajar dan memberikan saran jika ada kata-kata yang salah ketik. Hanya saja terkadang bagi sebagian orang fitur canggih ini sedikit merepotkan dan mencari cara untuk menghapus kata-kata yang telah dipelajari oleh Gboard. Untuk melakukan hal ini maka ikuti triknya di bawah ini.

Trik Menghapus Kata-kata yang telah dipelajari oleh Gboard

Buka aplikasi Gboard yang ada di ponsel mu. Kemudian, tap Dictionary. Lalu di tampilan layar berikutnya, tap “Delete Learned Words”. Kini anda akan diperlihatkan empat digir nomer dan anda diminta untuk memasukkan nomer tersebut sebagai langkah konfirmasi untuk menghapus kata-kata yang telah dipelajari oleh Gboard. Sesaat setelah memasukkan nomer digit, tap OK dan semua kata-kata tersebut akan dihapus.

Cukup mudah bukan?, dan kini anda bisa memulai kembali dari awal guna “mengajak” aplikasi Gboard untuk belajar kembali dari gaya mengetik yang akan anda gunakan di masa depan.

Cara Membuat Poling di Instagram Stories

Aplikasi besutan Facebook atau tepatnya aplikasi yang dikuisisi oleh si Mark ini memiliki fitur menarik yang dinakaman Instagram Stories, fitur ini sangat menyenangkan terlebih bagi para pengguna yang demen berbagi video dan photo dan menginginkannya otomatis hilang dalam jangka waktu 24 jam. Fitur stories sendiri memiliki banyak fitur menarik yang bisa kita sedikit modifikasi untuk membuat photo atau video yang kita bagi menjadi lebih menyenangkan. Salah satunya adalah dengan membuat poling di poto yang kita bagi di Instagram stories. Dan berikut adalah cara membuat poling di Instagram Stories.

Cara Membuat Poling di Instagram Stories

Buka aplikasi Instagram kemudian tap tombol stories. Sekarang, anda dapat memilih gambar yang dibutuhkan dari menu galeri di ponsel. Lalu, tap tombol stickers yang ada di atas dan tap sticker poling. Kini, anda akan diminta untuk menuliskan sebuah pertanyaan. Setalah itu, anda dapat mengedit respon. Secara default atau bawaannya, respon hanya bisa diset untuk yes dan no. Nah kini, setelah proses edit selesai, segera post stories yang telah dibuat dan teman-teman anda telah bisa berpartisipasi untuk memberikan suaranya di poling tersebut.

Gunakan fitur poling ini dengan bijak dan santun, karena platform media social sekarang ini sangat mudah untuk melambungkan isu atau sesorang dan demikian pula sebaliknya.

Menjadikan Google Now Bisa Membaca Berita untuk Anda

Google Now yang dibesut oleh raksasa silicon valley telah menjelma dan bertransformasi menjadi asisten pribadi yang semakin mengagumkan sejak dirilis kali pertama untuk menghadapi aplikasi serupa besutan Apple yaitu Siri. Aplikasi Google Now memiliki banyak trik dan jika digunakan dengan benar maka kemampuannya akan membuat kita menjadi takjub. Salah satu fiturnya yang tidak banyak diperhatikan orang adalah ternyata Google Now dapat membacakan berita untuk anda, ya benar anda cukup duduk santai dan mendengarkan apa yang dibacakan oleh Google Now dari berita yang anda ingin baca. Caranya bagaimana?, mari kita simak salah satu trik berguna yang patut diketahui oleh para pengguna android.

Menjadikan Google Now Bisa Membaca Berita untuk Anda

  1. Tekan agak lama tombol home yang ada di ponsel untuk mengaktifkan Google Now.
  2. Tap tombol menu yang ada di sisi kiri atas, pilih opsi Settings.
  3. Kini tap opsi My Day yang ada di dalam menu Services.
  4. Dilanjutkan dengan men-tap ikon Settings dan langsung dilanjutkan ke opsi News yang ada di dalam tab menu My Day Summary.
  5. Di halaman ini, kamu dapat menambahkan sumber berita yang akan dibacakan oleh Google Now atau mengatur kembali pengaturan dari sumber berita yang ada.
  6. Setelah proses pengaturan Settings selesai, kini saatnya menugaskan Google Now untuk membacakan berita untuk anda yang diawali dengan kalimat perintah “Okay Google, listen to the news” dan kini asisten pribadi virtual anda tersebut memulai kerjanya dengan membacakan berita untuk anda.

Tiga trik di atas merupakan sedikit trik dari banyak trik yang bisa anda dapatkan dari sebuah perangkan ponsel pintar dengan sistem operasi Android di dalamnya. Semakin baru versi Android yang anda gunakan, maka semakin banyak fitur baru yang anda bisa gunakan. Tentu saja hal ini sejalan dengan apa yang diinginkan oleh para pengembang android khususnya Google untuk memberikan pengalaman berponsel pintar yang semakin menyenangkan, memudahkan dan menggairahkan.

Demikian trik berponsel android kali ini dan semoga kita selalu bertemu di trik-trik android lainnya di blog kesayangan kita semua. Tabik.

Trik Berguna yang Harus diketahui oleh Pengguna Android |Wildan |4.5 | dibaca 287 kali