Tips Menyimpan Smartphone yang Benar dan Aman

Cara Merawat Smartphone – Di era modern sekarang ini sudah menjadi keharusan setiap orang mempunyai smartphone sebagai sarana berkomunikasi dengan orang lain. Hanya saja, tidak seperti ponsel feature yang bisa disimpan atau diletakkan begitu saja, Smartphone harus dismpan dengan baik dan benar agar ponsel pintar tersebut tetap dapat bekerja dengan baik dan tidak mudah rusak.

Kelalaian pemilik smartphone sering kita jumpai diberbagai kesempatan, menyimpan secara serampangan di tas atau di saku, serta terkadang diletakkan begitu saja sehingga berpotensi terinjak atau tertekan secara tidak sengaja. Lihat saja banyak diantara kita yang menyimpan smartphone di saku celana jeans ketat karena terpicu oleh ukuran smartphone yang kecil, padahal hal ini tidak sangat disarankan karena sangat berpotensi besar merusak smartphone.

Cara Menyimpan Smartphone yang Baik

Lalu seperti bagaimanakah menyimpan smartphone yang baik dan aman?, berikut adalah beberapa tips sederhana yang bisa kita lakukan tanpa mengeluarkan biaya sepeserpun. Tips ini tentunya sangat berguna agar smartphone yang kita miliki lebih panjang umurnya sebelum memutuskan untuk menggantinya ke model smartphone yang lebih tinggi spesifikasinya. Mari kita simak satu persatu tips tersebut di bawah ini:

1. Simpan Smartphone dengan Layar Menghadap ke Bawah

Sangat disarankan jika smartphone sedang tidak digunakan untuk meletakkannya dengan layar menghadap ke bawah. Hal ini terutama saat sedang berkumpul dengan teman di satu meja, karenaselain bisa mengurangi intensitas melihat dan memegang smartphone, hal ini berguna untuk menghindari lensa kamera tergores.

Seperti kita tahu, kamera utama smartphone selalu diletakkan di bagian belakang bodi smartphone, maka jika kita letakkan dengan layar menghadap ke atas tentunya akan berpotensi merusak atau menggores kaca pelindung lensa kamera. Padahal dibandingkan dengan layar smartphone, kaca pelindung lensa kamera lebih rentan tergores. Dan jika hal ini terjadi akan sangat mempengaruhi kualitas hasil jepretan kamera smartphone yang kita punya, jika sudah seperti ini, bagi yang sangat menginginkan kualitas poto yang baik pasti akan merogoh kocek dan sompet untuk menebus kembali smartphone yang baru.

Jadi mulai dari sekarang, karena sudah tahu alasannya, selalu letakkan smartphone dengan layar menghadap ke bawah saat berkumpul di suatu meja dengan teman-teman.

2. Jangan Simpan Smartphone di Celana Jeans Ketat

Seperti yang sudah kita bahas di atas, salah satu sikap sembarangan sebagian besar pemilik smartphone adalah menyimpannya di saku celana. Jika memang ingin melatakkan di saku celana, usahakan untuk tidak menggunakan celana yang ketat terutama yang berbahan kain jeans. Karena hal ini akan mengganggu fungsi kerja layar ponsel dan sensor sidik jari, yang disebabkan adanya keringat yang memicu saku celana menjadi lembab dan kondisi ini merupakan musuh dari smartphone.

Menyimpan smartphone di celana jeans ketat juga dipercaya akan mempengaruhi kesuburan alat reproduksi manusia terutama kesuburan sperma karena adanya radiasi dari smartphone yang menerpa ke bagian tubuh manusia.

3. Jangan Simpan atau Letakkan Smartphone di Area Bermedan Magnet Tinggi

Area bermedan magnet tinggi akan sangat berpengaruh terhadap layar smartphone. Jadi, hindari area-area tersebut saat ingin melatakkan atau menyimpannya. Efek dari medan magnet tinggi ke layar ponsel pintar adalah munculnya layar yang dihiasi dengan bintik-bintik hitam dead pixel. Jika layar smartphone sudah mengalami hal ini, maka hanya ada satu cara yang bisa dilakukan, yaitu dengan menggantinya denganlayar yang baru.

Area medan magnet tinggi yang perlu dihindari saat di rumah adalah televisi, kulkas dan CPU. Pastikan untuk menjauhkan smartphone dari benda-benda tersebut agar ponsel pintar yang kita punya terhindar dari masalah dead pixel dan flickering atau kedipan pada layarnya.

4. Pisahkan Smartphone saat Disimpan di Tas dari Benda Lain

Jamak kita lihat terutama para kaum hawa yang menyimpan smartphone mereka secara sembarangan di tas yang mereka bawa. Hal ini tentu akan sangat berpengaruh terhadap ponsel dimana smartphone bisa tergores oleh kunci, pulpen atau benda lain yang berada di dalam tas.

Praktek menyimpan seperti ini tentu akan memperpendek lifetime smartphone. Jadi untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan tersebut, maka sebaiknya berikan semacam ruang khusus untuk menyimpan smartphone di dalam tas. Hal ini juga sangat berguna saat smartphone saat ingin digunakan karena kita sudah tahu posisi smartphone tanpa perlu mencari-carinya di antara barang-barang yang ada di dalam tas.

Smartphone yang kini sudah menjadi perangkat wajib bagi setiap orang pasti mempunyai tempat khusus, terlebih smartphone juga digunakan sebagai alat kerja. Smartphone yang siap digunakan dalam setiap kesempatan, selain spesifikasi yang mumpuni juga membutuhkan cara atau penanganan yang baik seperti saat kita meletakkannya atau menyimpannya. Semoga tips sederhana menyimpan smartphone yang baik dan aman di atas mampu menjawab keingintahuan sebagian dari kita yang ingin merawat smartphone mereka dengan benar.

Tips Menyimpan Smartphone yang Benar dan Aman |Wildan |4.5 | dibaca 429 kali