Tips Penting Sebelum Membeli Smartphone Xiaomi

Alasan Membeli Smartphone Xiaomi – Sekarang ini tidak mudah menentukan smartphone mana yang harus dibeli, beragam model dan pabrikan smartphone berlomba-lomba menawarkan produknya ke pasaran. Tentu saja akibat banyaknya pilihan inilah membuat sebagian konsumen malah menjadi bingung, alih-alih mencari smartphone yang diinginkan, malah kadang terjebak bujuk rayu membeli tipe smartphone yang lain. Demikian juga dengan smartphone keluaran salah satu pabrikan China, diperlukan pengetahuan dan informasi yang cukup saat membeli smartphone Xiaomi agar tidak salah pilih.

Xiaomi sebagai salah satu manufaktur smartphone Android terbesar di dunia tentunya sudah tidak asing lagi bagi Anda. Vendor smartphone yang satu ini sangat gencar merilis berbagai produk dengan menyasar berbagai kalangan pengguna smartphone. Mulai dari kelas entry level dengan lini produksi bermerk Redmi hingga kelas smartphone premium dengan lini merk Mi, merupakan strategi Xiaomi untuk dapat bersaing dengan pabrikan smartphone besar yang lain.
Tips Penting Sebelum Membeli Smartphone Xiaomi yang harus diketahui
Produk – produk smartphone Xiaomi memang sudah sangat banyak dan tentu ini juga membuat Anda harus memilih dengan benar – benar selektif spesifikasi produk smartphone Xiaomi tersebut. Dengan Anda memilih secara selektif tentu saja Anda tidak akan bisa sampai salah pilih. Lantas seperti apa tips sebelum membeli smartphone Xiaomi agar tidak sampai salah pilih?. Mari kita simak langsung tips dan informasinya di bawah ini.

Tips Sebelum Membeli Smartphone Xiaomi

1. Ketahui Adanya Garansi Resmi dan Garansi Distributor
Tips pertama yang Anda perlu tahu dan perlu Anda terapkan untuk mendapatkan ponsel smartphone Xiaomi yang punya kualitas baik adalah dengan mengupayakan Anda membeli smartphone Xioami yang memiliki garansi resmi karena akan memberikan perlindungan nantinya atas produk yang telah Anda beli.

Meskipun sedikit terlambat, Xiaomi kini secara resmi telah menjual produknya di Indonesia dan bekerja sama dengan berbagai toko online. Keterlambatan ini karena proses mendapatkan sertifikat TKDN (Tingkat KOmponen Dalam Negeri) untuk produk-produk Xiaomi agak lama dan itupun tidak semua smartphone bikinan Xioami dijual secara resmi.

Bagi yang ingin membeli smartphone Xiaomi di luar yang dijual di gerai resminya, maka usahakan untuk mendapatkan garansi distributor dari TAM. Hal ini berkaitan dengan luasnya cakupan wilayan TAM di Indonesia sehingga jika ada kendala pada smartphone Xiaomi yang Anda beli, Anda bisa mengklaim garansinya. Sedangkan untuk distributor lain, mereka juga menghadirkan smartphone Xiaomi terbaru dengan cepat namun dengan harga yang tidak stabil. Karena itu jangan kaget kalau kemudian tiba – tiba saja harga smartphone Xiaomi akan jadi turun drastis.

2. Cek jenis ROM yang digunakan
Selain memilah dan memilih garansi resmi atau distributor, tips kedua adalah mencari informasi jenis ROM yang digunakan dari smartphone Xiaomi yang ingin Anda beli. Anda harus tahu bahwa Xiaomi menggunakan ROM MIUI. Dan ROM ini merupakan hasil modifikasi yang dibuat sedemikian rupa dan memiliki banyak fitur dan tampilan yang menarik. Xiaomi ini juga nantinya akan memiliki 4 jenis ROM diantaranya yaitu ROM Global Stable, Global Developer dan juga China Stable serta China developer. Mengenai China Stable memang dikhususkan untuk China.

Walau dikhususkan untuk China akan tetapi tetap dapat menggunakan memori ROM tersebut. Dan secara resmi memang hanya ada 4 ROM diatas saja. Akan tetapi memang terkadang para distributor Xiaomi banyak yang melakukan modifikasi pada memori ROM diatas dan memasukkan bloatware, iklan dan juga yang lainnya.

Nantinya pada ROM jenis ini biasanya memiliki banyak masalah seperti halnya kamera yang sering mengalami error, fingerprint tidak bisa digunakan, banyak iklan, banyak bloatware dan sebagainya. Akan tetapi jika memang Anda mau membeli smartphone Xiaomi melalui distributor TAM juga bisa dipastikan itu bukan memori ROM distributor.

3. Tepat Memilih Smartphone Xiaomi
Aspek yang satu ini juga sangat penting ketika Anda akan berbelanja ponsel Xiaomi. Anda pastikan tidak sampai salah pilih produk smartphone Xiaomi. Meskipun nantinya Xiaomi akan memberikan banyak tawaran produk smartphone.

Akan tetapi kalau Anda sampai salah pilih dan memilih spesifikasi yang tidak Anda butuhkan tentu akan tidak bermanfaat bagi Anda ke depannya dan hanya mubadzir. Karena itu sebelum benar – benar memilih ponsel Xiaomi, Anda cari tahu dulu apa saja tipe produk tersebut, cari tahu berapa harganya dan spesifikasinya.

Mengetahui tips membeli smartphone Xiaomi merupakan hal yang harus dilakukan guna menghindari kejadian salah pilih. Hal ini banyak Kami temui di forum Jual-Beli online dan menjadi alasan yang jamak dikemukakan oleh para penjual, tentunya selain kerepotan mereka menghadapi iklan yang selalu muncul di smartphone Xiaomi karena menggunakan ROM abal-abal alias ROM distributor, dan bukan ROM resmi dari Xiaomi. Atau ada juga yang beralasan karena sinyal 4G LTE di smartphone Xiaomi hilang setelah melakukan upgrade ke ROM resmi.

Tips Penting Sebelum Membeli Smartphone Xiaomi |Edwin Geral |4.5 | dibaca 815 kali