Tidak Perlu Alasan untuk Belajar Fotografi

Dalam kehidupan modern yang serba disentuh oleh teknologi tidak diperlukan lagi alasan untuk belajar fotografi. Hal ini dikarenakan setiap unsur kehidupan sudah disentuhnya dan dunia fotografi pun semakin popular yang utamanya disebabkan oleh perkembangan kamera pada smartphone. Banyak dari kita sangat menikmati foto-foto yang menjaga momen-momen kehidupan tetap terjaga dan terabadikan dalam bentuk foto.
3 Hal yang Menjadi Alasan untuk Belajar Fotografi
Dan banyak foto-foto yang indah yang hadir tidak hanya dari kamera mandiri, tapi juga smartphone.
Fotografi sudah menjadi semacam alat terapi karena kegiatan fotografi itu ternyata menyenangkan. Sehingga dengan belajar menggunakan kamera dengan baik, selain mendapatkan rasa yang menyenangkan dan menenangkan juga akan hadir foto-foto yangindah dan spektakuler sebagai hasil dari kegiatan memotret.

Hanya saja ternyata masih banyak orang yang tidak menikmati proses kreatif pengambilan foto. Padahal berbekal lebih banyak pengetahuan soal fotografi akan membuat momen memotret menjadi lebih menyenangkan. Untuk itu, guna menghasilkan foto yang indah dan menarik, tidak ada salahnya mempelajari berbagai hal terkait fotografi. Meskipun pada dasarnya kita tidak memerlukan alasan untuk belajar fotografi, ternyata dengan alasan-alasan bagus ini akan membuat Anda semakin yakin akan pentingnya mengetahui teknik fotografi.

3 Hal yang Menjadi Alasan untuk Belajar Fotografi

1. Teknik Fotografi untuk Membuat Foto yang Menarik
Pada dasarnya mayoritas orang gemar berbagi foto dan melihat respon dari keluarga dan teman-teman. Bahkan menjadi lebih menyenangkan ketika ada orang asing menghargai foto Anda. Keinginan agar foto dapat menarik perhatian orang lain, bisa menjadi motivasi untuk mempelajari fotografi. Namun membuat foto Anda menjadi viral sehingga terkenal bukanlah hal yang mudah. Maka luangkan sedikit waktu untuk mempelajari seperti pencahayaan, exposure, warna, tone, komposisi, aturan rule of third fotografi, dan waktu pengambilan foto. Dengan mengetahui berbagai hal tersebut maka foto yang akan dihasilkan menjadi lebih kreatif, menarik serta mampu menghadirkan visi yang diinginkan oleh pemotretnya.

Dengan mempelajari fotografi, Anda bisa tahu tentang komposisi. Mempelajari aturan komposisi dan mempraktikkannya akan membuat foto tampil lebih menarik. Seperti langkah kreatif lainnya, mempelajari berbagai aturan akan membuat Anda mengimplementasikannya tanpa benar-benar berpikir tentang hal tersebut. Hal ini membuat Anda menjadi lebih kreatif.

Anda juga bisa mengetahui lebih banyak tentang waktu pengambilan foto. Untuk piawai dalam hal ini, dibutuhkan riset dan praktik. Belajarlah untuk mengantisipasi berbagai hal, pilih waktu terbaik untuk mengambil foto dan pergerakan momen, untuk meningkatkan kemampuan fotografi.

2. Tahu Cara Menggunakan Kamera yang Nyaman
Menggunakan kamera dengan baik dan merasa nyaman akan menghasilkan pengalaman fotografi yang lebih kreatif. Ada banyak orang yang memiliki kamera bagus, tapi tidak merasa nyaman menggunakannya.
Jika tidak memahami penggunaan kamera dengan baik, Anda kemungkinan akan frustasi saat menggunakannya da sangat mengecewakan.

Agar merasa nyaman dan dapat menggunakan kamera dengan baik, dibutuhkan waktu dan komitmen untuk belajar. Karena ada sejumlah model kamera dengan letak pengaturan berbeda, Anda harus mempelajarinya dan mempraktikkannya. Hal ini bisa membantu Anda menggunakan kamera tanpa rasa canggung.

3. Fotografi untuk Kegiatan Terapi
Seperti dikatakan di atas, kegiatan fotografi bisa dimanfaatkan sebagai terapi karena mampu digunakan untuk mengeluarkan ekspresi kreativitas. Dengan kamera yang Anda pahami dan selalu menikmati setiap momen yang ada, maka akan timbul rasa menenangkan dan menyenangkan dan hal ini tentu akan membantu tubuh untuk lebih produktif dan sehat. Luangkanlah waktu sekitar 10 atau 15 menit untuk memotret yang akan membuat anda merasa santai dan senang. Perasaan senang dan santai akan jauh lebih besar efeknya jika Anda menyediakan sesi fotografi lebih lama saat akhir pekan atau berlibur.

Menyukai fotografi tidak memerlukan alasan apapun karena kegiatan ini merupakan kegiatan “me time” yang sangat bagus dan bermanfaat bagi diri Anda. Dengan melakukan kegiatan memotret, maka dapat membantu Anda melupakan segala kekhawatiran dan tekanan yang ujungnya mampu membantu menimbulkan mood yang bagus dan kreatif dalam kehidupan Anda.

Tidak Perlu Alasan untuk Belajar Fotografi |Wildan |4.5 | dibaca 154 kali