Solusi Perbaikan Storage yang Abnormal pada Xiaomi Mi4i

Jakarta – Ponsel flagship Xiaomi Mi4i ternyata tidak luput dari bug dimana adanya ketidaknormalan besarnya storage ponsel. Storage yang terbaca oleh system ponsel Mi4i hanya berkisar 780MB dengan space tersisa yang tersedia berkisar 14MB. Tentunya hal ini sangat tidak normal karena seharusnya storage yang tersedia berkisar 11.49GB dengan total storage 12.90GB.

Ketidaknormalan ini terjadi setelah proses upgrade ke versi ROM terbarunya di V6.5.5.0. Untuk memperbaiki bug ini maka perlu dilakukan flash ulang dengan menggunakan fastboot ROM Mi4i. Proses perbaikan ini juga bisa digunakan jika ponsel mengalami bootloop atau softbrick dengan hanya menampilkan logo mi.

Untuk mengatasi masalah storage abnormal cukup mudah, yang perlu kita lakukan terlebih dahulu adalah mendownload tool yang tepat untuk melakukan flashing ulang Mi4i dengan fastboot ROM.

Abnormal Storage Issue on Xiaomi Mi4i

Cara Flash Fastboot ROM Xiaomi Mi4i

Step 1 – Download Fasboot Rom MIUI 6 Mi4i kemudian ekstrak ke folder di PC

Step 2 – Download Driver for Fasboot ROM Mi4i lalu install driver tersebut

Step 3 – Download Tool flash Mi Flash, install kemudian buka aplikasi Miphone, pastikan semua driver benar-benar terinstall dengan benar karena ini penting untuk memastikan proses fastboot berjalan dengan mulus.

Step 4 – Load file .bat di folder hasil ekstrak fastboot ROM

Step 5 – Matikan ponsel, masuk ke menu fastboot dengan menekan tombol volume down+power

Step 6 – Hubungkan ponsel ke PC dengan kabel bawaan Mi4i

Step 7 – Miphone kini akan mendeteksi adanya koneksi ponsel

Step 8 – Tekan tombol flash pada aplikasi Miphone, tunggu hingga benar-benar selesai.

Step 9 – Logo mi akan muncul untuk kali pertama, diamkan dulu. Jika logo mi muncul kedua kali disertai dengan tulisan “powered by android”, maka kabel usb bisa dicabut.

Kini proses boot-up akan berlanjut. Setelah proses set-up selesai, maka segera masuk ke menu setting kembali untuk memastikan masalah storage abnormal terselesaikan.

Solusi Perbaikan Storage yang Abnormal pada Xiaomi Mi4i |Henry |4.5 | dibaca 11,345 kali