Solusi Facebook Messenger yang Menguras Baterai

Baterai Terkuras di Facebook – Facebook dan Facebook Messenger adalah dua aplikasi yang sangat popular di Android. Namun meskipun kedua aplikasi popular tersebut banyak digunakan oleh pengguna ponsel pintar android di seluruh dunia, kedua aplikasi tersebut banyak memiliki masalah. Facebook, singkatnya, sangat-sangat tidak dioptimasi, memperlambat kerja system ponsel android secara keseluruhan. Aplikasi Facebook lebih baik tidak digunakan karena akan membuat kinerja ponsel menjadi lelet. Dan selain itu kedua aplikasi juga sangat menguras baterai, di beberapa penelitian menunjukkan bahwa hanya dengan mempunyai salah satu dari kedua aplikasi tersebut di ponsel android, baterai ponsel akan terkuras 20% lebih cepat dari seharusnya.

Kesimpulan yang didapatkan dari penelitian tersebut adalah, sepertinya kedua aplikasi dapat memanaskan kondisi ponsel secara cepat akibat tidak optimalnya kode-kode yang ada dikedua aplikasi, dimana kedua aplikasi akan memakan sumberdaya dan menguras baterai ponsel meskipun tidak digunakan, maka jika salah satu atau bahkan kedua ponsel terpasang di ponsel, maka masalah baterai yang terkuras dengan cepat akan semakin buruk.

Hal ini telak terkonfirmasi olej David Marcus yang menjabat sebagai kepala messaging product di Facebook, Facebook sendiri sudah mengetahui permasalahan ini dan berbagai tindakan sebagai solusi untuk memperbaiki masalah terkurasnya baterai ponsel secara cepat akibat aplikasi Facebook dan Facebook Messenger. Dia mengatakan bahwa “bahwa masalah tersebut adalah hasil dari fixed server yang berarti masalah berada di hubungan antara pengguna dan server. Untuk menghindarinya, pengguna diimbau untuk me-restart Messenger atau Facebook di ponsel atau tablet.”

Lanjutnya, Daviud Marcus juga menyarankan, “Masalah ini terisolasi dan berada di klien-server. Jika Anda me-restart Messenger, masalah seharusnya menghilang sekarang. Sangat menyesal,” tulisnya melalui Twitter.

Namun lagi-lagi sepertinya solusi sederhana tersebut tidak sesederhana kenyataannya karena masih saja banyak laporan melalui sosial media yang mengatakan jika solusi tersebut bukanlah solusi yang permanen.  Untuk itu jika masalah baterai terkuras masih terjadi meskipun telah melakukan restart aplikasi, salah satu solusinya adalah gunakan Facebook Lite, atau akses ke Facebook menggunakan browser seperti Chrome dengan notifikasi dinyalakan. Dengan kata lain, remove aplikasi Facebook dari ponsel yang kita gunakan.

Permasalahan terkurasnya baterai saat aplikasi Facebook dan Facebook Messenger terpasang di ponsel android sepertinya akan semakin menjadi-jadi karena Facebook di awal tahun 2017 akan menyelipkan iklan di video yang tayang di aplikasi Facebook. Iklan ini akan muncul di-pertengahan video saat tayang, tepatnya di detik ke-20 dan iklan ini tidak akan bisa di-skip atau diacuhkan begitu saja. Dengan kondisi seperti ini, baterai ponsel android akan terkuras lebih cepat karena semua resources yang ada di ponsel akan digunakan oleh aplikasi Facebook dan Facebook Messenger bahkan saat berjalan di kondisi background.

Solusi Facebook Messenger yang Menguras Baterai |Edwin Geral |4.5 | dibaca 851 kali