ROM MIUI 8 Global untuk Redmi Note 3 MTK

ROM MIUI 8 Global Redmi Note 3 MTK – Sampai saat artikel ini diposting di blog perintahdasar, versi Global ROM MIUI 8 untuk ponsel Redmi Note 3 dengan processor Mediatek alias MTK masih belum ada tanda-tanda akan segera dirilis oleh Xiaomi. Yang terpampang disitus resminya masih versi ROM MIUI 8 China. Tentunya hal ini membuat pemilik Redmi Note 3 MTK sangat geregetan termasuk penulis karena ROM yang terpasang di Redmi Note 3 MTK ternyata versi abal-abal alias bawaan distributor.

Flashing versi China ROM MIUI 8 ke Redmi Note 3 MTK sangat nanggung, sekalian aja capeknya dengan menggunakan versi ROM Global karena jika menggunakan versi China harus kerja dua kali, selain flash ROM juga harus install Google Apps.
Untungnya di forum MIUI ada yang berbaik hati menyediakan versi Global ROM MIUI 8 untuk Redmi Note 3 MTK. Tutorialnya cukup mudah diikuti namun perlu kecermatan saat dimana kabel USB menghubungkan laptop atau PC ke ponsel.

Di proses flashing ROM MIUI 8 Global ke Redmi Note 3 MTK, penulis menggunakan laptop dengan operating System Windows 10 64bit dan tentunya mempunya akses Administrator karena sangat dibutuhkan saat instalasi driver Redmi Note 3 MTK.

Cara Install ROM MIUI 8 Global ke Redmi Note 3 MTK

Ada 2 cara untuk melakukan instalasi atau flashing ROM MIUI 8 Global ke ponsel Redmi Note 3 MTK. Cara pertama menggunakan metode SP Flash Tool, sedangkan cara kedua menggunakan metode custom recovery TWRP. Berhubung Redmi Note 3 MTK dalam kondisi LOCKED BOOTLOADER, maka metode yang paling tepat adalah dengan menggunakan tool SP Flash. Begini caranya;

Langkah 1. Download SP-Flash-Tool ROM untuk Redmi Note 3 MTK di sini
Langkah 2. Ekstrak file ROM tersebut ke folder yang sudah kamu tentukan
Langkah 3. Install driver untuk Sistem Operasi Windows yang kamu gunakan dari subfolder Drivers
Langkah 4. Buka subfolder SP-Flash-Tool-v5.1532.00 hasil ekstrak file ROM yang telah didownload
Langkah 5. Jalankan sebagai Administrator file flash_tool.exe dengan meng-klik kanan terlebih dahulu file tersebut.
Langkah 6. Di posisi Tab “Download”, Klik tombol “Download Agent” lalu arahkan ke file “DA_SWSEC.bin” yang ada di folder yang sama.
Langkah 7. Kini klik tombol “scatter-loading” dan arahkan ke folder “Images” lalu pilih file MT6795_Android_scatter.txt
Langkah 8. Pastikan kolom “PRELOADER” dari tool SP-FLASH-TOOL di uncheck atau tidak dipilih, sehingga hanya menyisakan 3 kolom yang dipilih yaitu “system”, “userdata”, dan “boot”. “userdata” dipilih akan menyebabkan ponsel ter-clean install sehingga pastikan ponsel telah terbackup terlebih dahulu.
install-miui-8-global-redmi-note-3-mtk
Langkah 9. Kini klik tombol “Download”
Langkah 10. Kini matikan ponsel Redmi Note 3, saat posisi off, tekan dan tahan tombol Volume Down lalu koneksikan kabel USB yang sudah siap di laptop/PC ke ponsel.
LAngkah 11. Bar merah akan terlihat di SP-Flash-Tool, diamkan sebentar sekitar 5 detik lalu saat Bar berganti warna kuning baru lepaskan tombol Volume Down.
Langkah 12. Tunggu hingga benar-benar proses menjadi 100% yang akan ditandai dengan adanya logo CHECK warna hijau di layar laptop atau PC yang menandakan kesuksesan proses flashing ROM MIUI 8 Global ke Redmi Note 3 MTK.
Langkah 13. Lepaskan kabel USB dari ponsel, lalu nyalakan untuk mereboot ponsel. Proses booting kali pertama ini akan sedikit lebih lama dari biasanya. Tunggu hingga benar-benar selesai yang ditandai dengan adanya wizard untuk melakukan setting ponsel.

Kini ponsel Redmi Note 3 MTK telah menjalankan ROM MIUI 8 versi Global. Di versi Global kita tidak perlu lagi repot melakukan instalasi Google Apps karena secara default sudah ada, yang perlu dilakukan kini adalah login kea kun Google yang kita punya di ponsel dan melakukan proses update setiap aplikasi yang ada.
Untuk yang ingin tahu seperti apa tampilan ROM MIUI 8 Global di Redmi Note 3 MTK, silakan menonton video di bawah. Meskipun cukup singkat namun bisa memberikan informasi awal bagaimana kerja ponsel ini terutama Google Apps.

ROM MIUI 8 Global untuk Redmi Note 3 MTK |Henry |4.5 | dibaca 7,527 kali