ROM MIUI 7 Global Beta Versi 5.8.28

Developer Xiaomi telah merilis update terbaru ROM MIUI 7 untuk versi Global meskipun masih bersifat Beta. Namun pengalaman penulis, meskipun versi Beta, ROM ini sudah sangat mumpuni digunakan pada ponsel penulis yaitu Redmi 2 dan Redmi Note 4G.

Kini di versi terbaru Rom MIUI 7, berdasarkan change log yang ada, membawa banyak perbaikan pada bug juga optimalisasi system dimana titik berat pada versi update terbaru ini adalah penambahan fitur fungsi pencarian secara real time di aplikasi File Explorer, meskipun demikian Xiaomi juga membawa perbaikan dan penambahan fitur seperti di bawah ini.

Pada bagian System, Xiaomi melakukan optimalisasi mekanisme clearing aplikasi di background pada ponsel dengan RAM yang rendah seperti pada Mi 3 dan Mi 4. Dan sepertinya fitur ini juga akan digunakan pada Redmi 2 versi standar. Lalu ada perbaikan bug, dimana sering dijumpai Wi-Fi tidak menangkap sinyal Wi-Fi yang ada di sekitar juga terkadang susah terkoneksi ke sinyal Wi-Fi yang ada.
MIUI 7 Latest Update
Kemudian pada fitur Lockscreen, Status Bar dan Notification Bar, terdapat perbaikan bug untuk memperbaiki tampilan sinyal ESSID suatu AP Wi-Fi yang mana di versi sebelumnya terkadang hanya tampil unknown Wi-Fi. Hal ini sangat dibutuhkan untuk mengetahui ponsel terkoneksi ke Wi-Fi yang tepat atau diinginkan.
Di bagian Home screen, terdapat beberapa perbaikan pada bug yaitu solusi untuk menyembuhkan penyakit crash saat setting Child Mode, dan One-handed mode yang dilaporkan hanya bisa diaktifkan setelah mendisable tombol virtual. Selain itu juga ada perbaikan pada tampilan icon tertentu ketika menggunakan themes. Optimalisasi yang diberikan oleh Xiaomi di fitur ini adalah adanya tambahan waktu ketika memasukkan password saat keluar dari fitur Child Mode.

Tidak lupa Xiaomi developer memberikan keleluasaan bagi user untuk memilih sumber lain dari definisi anti virus. Ini adlah fitur baru karena pada versi-versi sebelumnya, sumber untuk mengupdate anti virus di ponsel keluaran Xiaomi sudah ditetapkan secara default oleh System.

Namun ada yang sedikit penulis sesalkan, ternyata versi terbaru MIUI 7 ini belum menyentuh ke semua ponsel Xiaomi seperti pada versi ROM MIUI 7 sebelumnya. Hal ini terjadi karena untuk ponsel Redmi 2 dan Mi4i masih perlu menunggu lagi sampai waktu yang belum ditetapkan, yang bisa pemilik Redmi 2 dan Mi4i hanyalah mendapatkan kabar segera dirilis.

Jadi penulis akan bersabar untuk mendapatkan versi terbaru ROM MIUI 7 untuk Redmi 2, sedangkan untuk Redmi Note 4G sudah tersedia untuk di download. Namun sepertinya penulis akan mencoba melakukan update melalui OTA karena jika menggunakan metode recovery dan fastboot akan sedikit memerlukan prosedur tambahan untuk menikmati ROM MIUI 7 terbaru.

ROM MIUI 7 Global Beta Versi 5.8.28 |Henry |4.5 | dibaca 10,766 kali