Review Xiaomi Redmi 3, Setelah Pemakaian 1 Bulan

Review Xiaomi Redmi 3 – Kali ini, saya akan me-review Xiaomi Redmi 3, ponsel ini telah saya gunakan selama satu bulan. Seri Redmi merupakan seri entri level untuk HP Xiaomi. Namun, untuk Xiaomi Redmi 3, saya tidak merasakan hp ini sebagai sebuah hp pemula. Dari list spesifikasi di bawah, menurut saya, HP ini bisa di kategorikan ke level menengah. Mari kita kupas satu persatu. Sebelumnya, mari kita simak spesifikasi lengkapnya dari GSMarena.

Redmi 3 Spesifikasi

Harga

Saya mendapatkan HP ini dengan harga 1.770.000. Sebuah harga yang sangat menarik, karena dengan harga itu, saya sudah mendapatkan prosesor Snapdragon 616 dengan kecepatan 1,5 Ghz, RAM 2 GB, kamera belakang 13 MP dan kamera depan 5 MP, body aluminium, baterai 4100 mAh.

Body Metal

Elegan dan berkelas. Itulah yang saya rasakan ketika pertama kali saya memgang hp ini. Material metal, dengan desain unibody, ditambah lagi dengan design jaring-jaring di casing belakang. HP ini nyaman untuk digenggam. Tata letak tombol volume, tombol power, lubang jack 3,5 mm untuk headset, lubang USB, sangat pas. Jikalau harus dioperasikan dengan satu tangan pun, saya tidak mengalami kendala berarti. Namun saya tetap memasang casing sebagai cover, karena body metalnya menjadi cenderung licin apabila tangan kita sedikit basah. Tak lupa saya juga memasang tempered glass, untuk melindungi layar HP ini dari benturan, terjatuh, dsb. Untuk pemakaian yang cukup lama, saya tidak merasakan hawa panas dari body metalnya, hanya sedikit hangat, tidak terlalu mengganggu ketika digenggam.

Performa

Pada awal pembelian, ROM yang terinstal adalah 7.1.2.0.0, ROM yang sudah dioprek distributor. Untuk itu saya flash HP ini dan memakai ROM stable China versi terbaru, 7.2.7. Performa ROM ini sangat baik. Akses menu nya cepat, multitasking nya lancar jaya. Sempat mengalami kendala dengan notifikasi aplikasi Whatsapp yang tidak real time. Akan tetapi, setelah mengkustomasi setting penggunaan aplikasi, masalah tersebut bisa teratasi.

Redmi 3 Body

Pemakaian pribadi saya lebih terfokus untuk pemakaian social media, chatting dan browsing, dan semuanya dapat berjalan dengan baik di Redmi 3. Unttuk performa game, saya tidak dapat memberi ulasan, karena saya tidak menginstal game di HP ini. Namun melihat dari spesifikasi yang ada, seharusnya HP ini tidak mengalami kendala jika memainkan game dengan kualitas grafis menengah.

Multimedia

Layarnya memang hanya 294 ppi, namun cukup nyaman untuk pemakaian di dalam maupun di luar ruangan, karena didukung oleh design grafis MIUI yang lembut dan auto brightness yang mampu menyesuaikan keadaan cahaya di sekitar kita. Saya tidak menemui masalah ketika melihat HP ini di bawah terik sinar matahari. Kualitas suaranya juga oke dan cukup keras, baik dari speaker maupun dari headset. Penempatan lubang speaker di sisi bawah belakang casing tidak menimbulkan masalah berarti, bisa diandalkan untuk menonton video walaupun kita tidak memakai headset.

Kamera

Hasil jepretan 13 MP kamera belakangnya lumayan cantik, karena memiliki fitur Phase Detection Autofocus dan punya shutter speed yang cepat. Sangat bisa diandalkan di kondisi pencahayaan yang cukup. Namun untuk pengambilan gambar di malam hari, sedikit mengalami kendala karena banyak terdapat noise. Sedikit tips dari saya, untuk malam hari, kita dapat memotret dengan memakai mode HHT. Hasilnya menjadi lumayan baik. Sedangkan untuk kamera depan, kualitasnya juga cukup cantik, didukung lagi dengan fitur Beauty yang membuat kita betah untuk ber-selfie ria.

Baterai

Satu kata untuk baterai Redmi 3, luar biasa. Dengan 9 grup Whatsapp aktif, 3 grup Facebook Mesenger aktif, 1 group Telegram aktif, pemakaian BBM dan browsing yang rutin, sync email, kontak dan kalender aktif, pemakaian baterai saya dari level 100% sampai ke 2% dapat mencapai 36 jam dengan rata-rata SOT 7 jam. Sangat mantap untuk mendukung kegiatan saya sehari-hari tanpa harus menyediakan power bank. Namun pengisian baterai dari level 2% ke 100% membutuhkan waktu yang lumayan lama. Jika kondisi HP mati, membutuhkan waktu 2 jam. Jika dalm keadaan offline, membutuhkan waktu 2,5 jam. Sedangkan jika HP dalam kondisi hidup, membutuhkan waktu 5,5 jam.

Kesimpulan

HP ini saya rekomendasikan untuk anda yang mencari HP dengan harga di bawah 2 juta. Anda akan mendapatkan HP dengan performa yang baik, body metal dan baterai jumbo. Apa yang ditawarkan Xiaomi di Redmi 3 ini, merupakan keunggulan tersendiri jika dibandingkan dengan kompetitornya.

Review Xiaomi Redmi 3, Setelah Pemakaian 1 Bulan |Edwin Geral |4.5 | dibaca 28,313 kali

Leave a Reply