Review Singkat MIUI 9 di Xiaomi Mi 6

Review MIUI 9 – ROM MIUI 9 versi Global yang masih dalam tahap beta sudah tersedia sejak minggu lalu di Xiaomi Mi 6, Redmi Note 4 Qualcomm dan Redmi Note 4X. Meskipun demikian rasa penasaran akan kinerja MIUI 9 di perangkat smartphone tentu membuat banyak orang ingin segera mengetahuinya. Bagaimana performa tampilan antarmuka yang baru menjadi hal yang khusus ditanyakan selain hasil benchmark dengan ROM MIUI 9 secara keseluruhan.

Xioami Mi 6 yang merupakan smartphone flagship dari produsen smartphone android China menjadi smartphone pertama selain 2 model smartphone lainnya yang telah beruntung mendapatkan upgrade ke MIUI 9 Global Beta. Jika kamu menggunakan Mi 6 dengan MIUI 8 Global Beta, maka proses upgrade ke MIUI 9 cukup mudah melalui OTA, tinggal masuk ke tool updater untuk mendownload update secara langsung. Sedangkan bagi yang sudah menggunakan MIUI versi stable, mau tidak mau harus melakukan proses flashing dengan metode fastboot guna mendapatkan MIUI 9 Global Beta dengan mendownload file Rom fastboot dari link ini.

Review MIUI 9 Xiaomi Mi 6

Rom MIUI 9 Global Beta di Xiaomi Mi 6 bisa dikatakan cukup meningkat performanya dibandingkan saat menggunakan MIUI 8. Transisi antar aplikasi bisa dilakukan dengan cepat tanpa ada lag yang terasa, hal ini tentu sangat berguna bagi para pengguna yang membutuhkan peralihan antara aplikasi satu ke aplikasi berikutnya walaupun seperti kita ketahui ROM ini masih berstatus beta.

Review MIUI 9 di Xiaomi Mi 6

Selain itu MIUI 9 mempunyai ikon dan tampilan wallpaper baru yang dinamis serta menyegarkan, hal ini tentu saja bisa memberikan sisi lain dari MIUI 8 ke MIUI 9, namun selain ikon anyar yang dinamis tak ada perubahan berarti yang bisa membuat penggunanya merasa WOW pada sisi tampilan. MIUI ya seperti itu saja, tidak lebih.

Kemudian system operasi Android apa yang digunakan di MIUI 9 Global beta ini?, hal ini menjadi pertanyaan special karena selain fitur baru serta peningkatan performa yang dijanjikan hadir di MIUI 9, basis android pun banyak dipertanyakan karena banyak pengguna smartphone Xiaomi menginginkan android dengan versi yang baru. Dan hal ini terjawab dengan melihat Android 7.0 Nougat yang digunakan sebagai basis MIUI 9 di Mi 6.

Fitur MIUI 9 yang cukup diandalkan adalah fitur split screen. Fitur yang sangat berguna untuk menggunakan 2 aplikasi secara bersamaan dalam satu layar ini merupakan fitur andalan dan kali pertama hadir di perangkat smartphone Xiaomi lewat MIUI 9 yang mampu berjalan dengan lancer dan cukup mudah diaktifkannya.
Meskipun demikian, di versi beta ini, tidak semua fitur di ROM MIUI 9 Global tersedia seperti fitur Smart
Assistant dan Launcher Smart App. Hal ini kemungkinan akan terjawab dirilis update yang pasti akan segera dirilis selain versi stable MIUI 9 Global.

Beberapa pembaruan di MIUI 9 adalah deep level optimization, ikon dan animasi baru, pengaturan layar Home yang lebih sederhana, split screen, tombol volume untuk akses modus senyap serta peningkatan kemampuan baca di laman Messaging.

Semoga tanpa menunggu lama smartphone Xiaomi lainnya segera mendapatkan giliran untuk menggunakan MIUI 9 termasuk di dalamnya Redmi 2 sebagai smartphone legendaris dan masih penulis gunakan hingga saat ini. Terus terang, penulis sangat penasaran Redmi 2 akan seperti apa jika menggunakan MIUI 9 serta basis androidnya apakah akan sama dengan basis android yang digunakan di Mi 6?, jika tidak, setidaknya naik level ke Android Marshmallow.

Review Singkat MIUI 9 di Xiaomi Mi 6 |Wildan |4.5 | dibaca 165 kali