RESMI, Xiaomi Memperkenalkan Mi Max dan MIUI 8

Mi Max dan MIUI 8 – Xiaomi secara resmi memperkenalkan sebuah ponsel pintar berlayar besar terbaru, yang bernama Mi Max, dan juga memperkenalkan MIUI 8, update terbaru dari MIUI. Perusahaan asal China tersebut mengumumkannya dalam sebuah acara di Beijing, Selasa (10/05/2016), lengkap dengan ulasan mengenai berbagai fitur barunya. Mari kita ulas satu persatu tentang Mi Max dan MIUI 8 ini.

Mi Max
Mi Max merupakan handset Xiaomi dengan ukuran display yang cukup besar, yaitu 6,44”. HP ini memiliki prosesor Snapdragon dan disandingkan dengan baterai sebesar 4850 mAh. Berikut spesifikasi lengkap dari Mi Max.

Mi Max

  1. Display besar 6,44”
  2. Baterai 4850 mAh, diklaim dapat bertahan untuk aktifitas seharian
  3. Prosesor Qualcomm Snapdragon 650/652
  4. 3 GB/4 GB RAM + 32 GB/ 64 GB/128 GB Flash Memory + 128 GB MicroSD (akan tersedia versi Memory yang lain)
  5. Kamera belakang 16 MP PDAF dan kamera depan 5 MP, dengan fitur lensa lebar 85 derajat
  6. Body metal super tipis, berat 203 gr, dimensi 173,1 mm x 88,3 mm x 7,5 mm
  7. Sensor sidik jari, sensor infra merah
  8. Dual SIM 4G, dual standby
  9. 3 pilihan warna (seperti tertera di gambar)

Untuk harga dari HP ini, jika di Rupiah kan, ada di range 3 jutaan sampai 4 jutaan, tergantung dari besar RAM, Memory Internal dan Prosesor yang digunakan.

MIUI 8

Di acara perilisan MIUI 8, Lei Jun mengungkapkan bahwa ada 200 juta pengguna aktif MIUI di seluruh dunia. Hal ini lah yang mendorong pihak Xiaomi untuk melakukan yang terbaik dan memberikan update yang berguna bagi seluruh pengguna MIUI. Berikut fitur baru dari MIUI 8

  1. Aplikasi Phone, Aplikasi Phone menerapkan sebuah animasi baru ketika menjawab atau mengakhiri panggilan, dengan tampilan foto si penelepon secara full screen. Kita dapat melihat cuplikan videonya di artikel sebelumnya (baca Rilis MIUI 8: Fitur, Aplikasi dan Notifikasi Baru).
  2. Desain Ulang Warna MIUI 8, MIUI 8 ini memang benar-benar sebuah sistem operasi yang penuh warna dan indah. Aplikasi sistem seperti dialer, calender, contact masing-masing memiliki warna yang unik (kita dapat lihat pada gambar di atas).

Disain Ulang Warna MIUI 8

  1. Redesigned Font MIUI 8 Font baru di MIUI 8 dinamakan Mi Lanting. Mi Lanting mendefinisikan ulang dan meningkatkan pengalaman dalam membaca di perangkat mobile. Sekilas, tidak tampak perubahan berarti pada font itu. Ya, karena perubahan tersebut lebih terlihat di aksara China.
  2. Wallpaper Caraousel, Terdapat 12 kategori di lock screen MIUI 8. Dan tersedia banyak wallpaper yang menakjubkan dengan kualitas yang tinggi. Kita tinggal memilih kategori favourite kita, atur frekuensi nya, dan kita tinggal tunggu perubahan wallpaper nya setiap hari.
  3. Galeri MIUI 8, Kita juga dapat menambahkan stickers dan doodle (gambar tak berarti) ke foto kita, sehingga foto kita terlihat menjadi lebih keren. MIUI 8 juga dapat berbagi foto dengan melakukan swipe ke arah atas dan mengedit filter dengan melakukan tap. Di MIUI 8, aplikasi Galeri diberikan penambahan fitur, sehingga galeri tidak hanya sekedar untuk melihat foto, tetapi juga sebagai aplikasi untuk bersenang-senang. Ingin menambah effect pada video setelah mengambil video? Kita dapat mencoba aplikasi editing video baru di MIUI 8, dengan tools baru yakni crop, filters, captions dan musik.
  4. Scanner MIUI 8, Ada juga fitur Snap and Shop, kita hanya memotret gambar dari suatu barang yang kita ingin beli, kemudian barang tersebut dapat kita beli melalui online shop.
  5. Fitur lainnya yaitu Scan To Buy, dengan men-scan barcode suatu barang, fitur ini akan otomatis mencari di online shop dan kita dapat membelinya.
  6. Di MIUI 8, terdapat fitur baru untuk menyelesaikan soal matematika untuk SMU di China. Caranya, dengan scan pertanyaannya dan akan ditampilkan langkah-langkah penyelesaiannya.
  7. Kalkulator MIUI, Kini aplikasi kalkulator dapat mengontrol dan mengatur kredit rumah kita, pajak pendapatan yang harus dibayar. Fungsi lainnya, kita dapat menggunakannya sebagai kalkulator scientific dan sebagai konverter unit umum dan konverter mata uang.
  8. Notes, Banyak templates cantik yang dapat di share dan semuanya ditampilkan secara grid untuk navigasi yang lebih baik. Dan kini notes kita dapat diproteksi dengan password dan sidik jari. Aplikasi Notes yang baru sangat simpel. Swipe ke arah bawah untuk membuat note baru dan swipe ke arah atas untuk menghapus note.
  9. Fitur Berguna MIUI, MIUI 8 juga memiliki management multi window yang baru.
  10. Kini MIUI 8 meningkatkan kemampuan sistem untuk mendeteksi pesan penipuan.
  11. Mode Power Saving, Ya, daya tahan baterai merupakan suatu hal yang ditingkatkan sejak MIUI 7. Di MIUI 8, jika mengaktifkan mode power saving akan menahan aktifitas aplikasi di background dan menunda sinkronisasi, update dan tugas di background.

Untuk informasi awal, MIUI 8 akan dirilis untuk ROM China. Sebagai catatan, Mi 4i juga akan tetap menerima update MIUI 8.

RESMI, Xiaomi Memperkenalkan Mi Max dan MIUI 8 |Edwin Geral |4.5 | dibaca 7,799 kali