Redmi 2 dan Android O

Android O untuk Redmi 2 – Google di acara tahunan mereka yang baru saja digelar telah mengumumkan kehadiran Android Go yang merupakan versi ringan dari Android O. Varian Android ini ditujukan ke ponsel Android dengan spesifikasi rendah yang biasanya hanya bermodalkan RAM 512MB hingga 1GB. Dengan keterbatasan hardware seperti ini, tentu pengguna ponsel tersebut tidak akan menikmati versi terbaru Sistem Operasi Android. Jika hal ini dibiarkan oleh Google, maka potensi kehilangan penggunanya tentu akan sangat besar. Salah satu ponsel Android dengan spesifikasi rendah tersebut adalah Redmi 2 yang hanya mengusung RAM 1GB sedangkan popularitas ponsel ini cukup tinggi.

Android Go sebagai versi lite dari Android O tentu akan memiliki keterbatasan mulai dari fitur hingga aplikasi. Seperti kita tahu, aplikasi modern Android semakin banyak mengusung berbagai fitur dan hal ini tentu mengakibatkan membengkaknya besar file aplikasi tersebut, dan hal ini sangat memberatkan ponsel.

Di negara kita yang merupakan negara berkembang memiliki pengguna ponsel android dengan spesifikasi rendah dengan RAM 1GB, hal ini bisa terlihat dari banyaknya jumlah pencarian tentang Redmi 2. Pencarian ini pun cukup beragam, dimana banyak yang mencari trik melakukan flash redmi 2 agar bisa menggunakan custom ROM, atau melakukan proses root agar bisa meng-install file mod yang berguna untuk mempercepat ponsel redmi 2 ataupun menambah fitur tambahan yang tidak disediakan oleh Xiaomi.

Dominasi ponsel android berspesifikasi rendah juga banyak ditemukan di negara-begara berkembang lainnya dan sangat mendominasi pasar. Hanya saja dengan keterbatasan yang ada, ponsel entry level ini sudah tidak mampu memberikan kinerja yang optimal sehingga penggunaannya pun tidak maksimal. Untuk mencegah hal ini semakin banyak, Google pun mencoba untuk memberikan solusinya yaitu dalam bentuk sistem operasi mobile baru yang dinamakan Android Go.

Google mempunyai tiga alasan mengapa menghadirkan Android Go, pertama adalah untuk menghadirkan smartphone Android yang lebih murah dengan performa smartphone flagship. Kedua, Google berusaha mengurangi pemakai data internet yang dilakukan oleh pengguna ponsel android, sedangkan yang terakhir adalah menghadirkan aplikasi yang efisien memori dan data.

Jika melihat ketiga alasan Google di atas, maka ponsel dengan spesifikasi rendah seperti Redmi 2 nantinya mempunyai kesempatan mendapatkan pengalaman dengan versi android terbaru meskipun dengan versi aplikasi play store edisi lite. Play store lite tentunya akan menghadirkan beragam aplikasi versi lite yang lain seperti Youtube Go, facebook Lite, Twitter Lite dan lain-lain yang bisa langsung diinstall di ponsel pintar android.

Cukup menarik apa yang dilakukan oleh Google dengan Android Go. Mereka mencoba untuk menjaga pengguna ponsel android entry level yang sangat banyak dengan memberikan dukungan terbaik dan terbaru mereka. Namun kehadiran Android Go belum akan tampak dalam waktu dekat ini, masih menunggu perkembangan lanjutan dari Google.

Redmi 2 dan Android O |Henry |4.5 | dibaca 362 kali