Redmi 2 dan Android 6.0 Marshmallow

perintahdasar.com – Redmi 2 secara resmi telah menggunakan ROM MIUI7 yang mempunyai banyak fitur baru termasuk manajemen baterai yang lebih handal dibandingkan dengan ROM MIUI6 juga peningkatan performa sebesar 30%. Namun versi android yang digunakan masih berbasiskan Android Kitkat sedangkan versi android terbaru yaitu versi Android 6.0 Marshmallow telah dirilis secara resmi oleh Google.

Hal ini tentunya menjadi sebuah PR besar bagi Xiaomi sebagai pabrikan yang merilis Redmi 2 ke publik. Tanda-tanda akan menggunakan Android 5.0 Lollipop sebagai basis OS di Redmi 2 atau Redmi 2 Prime juga dapat dikatakan masih jauh panggang daripada api, karena versi Developer yang kini munculpun masih berbasiskan Android 4.x Kitkat. Namun hal tersebut berbanding terbalik dengan apa yang dilakukan oleh komunitas developer android, dimana para developer independen telah memulai pekerjaan yang berat yaitu mem-porting Android 6.0 Marshmallow ke ponsel Xiaomi Redmi 2.

Meskipun masih dalam tahap Beta, ROM Android 6.0 Marshmallow untuk Redmi 2 ini cukup menjanjikan. Hal ini terbukti dengan adanya beberapa bukti screenshoot yang disertakan dengan informasi versi kernel dan versi ponsel Redmi 2 yang digunakan saat melakukan testing ROM Android Marshmallow pada Redmi 2. Versi kernel yang digunakan lebih baru dibandingkan kernel yang dipakai Redmi 2 di MIUI7 dan tentunya versi Android terbaru Google.

Redmi-2-android-6-marshmallow

Namun ROM Android 6.0 Marshmallow ini masih belum bisa digunakan pada ponsel Redmi 2 yang digunakan sebagai penunjang kegiatan sehari-hari karena adanya beberapa masalah pada hardware yang perlu dicarikan solusi terlebih dahulu, seperti sensor kompas yang masih tidak dapat digunakan, FM radio belum di-patch untuk bisa digunakan di Marshmallow dan kamera yang masih belum dapat mengambil gambar meskipun sudah dapat digunakan untuk merekam.

Kendala hardware yang disebutkan di atas merupakan bagian terbesar dari belum bisa digunakannya Android 6.0 Marshmallow pada Redmi 2. Mungkin nanti jika sudah memasuki tahap RC atau Rilis Candidate maka ROM Android Marshmallow ini sudah bisa digunakan secara baik pada Redmi 2 sebagai alternatif ROM bagi yang mulai bosan dengan MIUI7.

ROM Android 6.0 Marshmallow untuk Redmi 2 adalah ROM keluaran tim CyanogenMod yang diberi nama CyanogenMod 13.0. Meskipun demikian ROM CM 13.0 ini bukan ROM resmi yang dikeluarkan oleh tim CyanogenMod melainkan hanya ROM yang berbasiskan CM13.0.

Jika kamu ingin mencoba Android 6.0 Marshmallow di Redmi 2, disarankan untuk tidak melakukannya di ponsel Redmi 2 yang digunakan sebagai ponsel utama karena masih terkendala adanya beberapa bug seperti yang disebutkan di atas. Untuk mencoba Android 6.0 Marshmallow di ponsel Redmi 2, maka yang paling utama harus dilakukan adalah meng-install custom recovery. Kemudian flashing Rom Android 6.0 Marshmallow ke ponsel yang berbentuk file ZIP melalui recovery tersebut.

Untuk ROM CM13.0 berbasiskan Android 6.0 Marshmallow untuk Redmi 2 bisa di download dari link berikut untuk mendapatkan versi yang terakhir, sedangkan untuk stock TWRP sebagai custom recovery bisa mendownloadnya di sini dan gunakan image dengan nama file twrp_r4.img.

Dengan adanya ROM Android 6.0 Marshmallow untuk Redmi 2, tentu akan sedikit mengobati rasa penasaran untuk mengetahui bagaimana performa Redmi 2 jika menjalankan Android Marshmallow. Namun tentunya akan lebih menggembirakan jika Xiaomi telah memerintahkan para developernya untuk membuat ROM resmi untuk Redmi 2 yang menjalankan Android 6.0 Marshmallow sebagai system operasinya. Mungkin dan semoga saja terjadi di versi MIUI berikutnya yaitu MIUI8.

Hingga saat itu datang, maka yang bisa kita lakukan adalah hanya menunggu sembari menggunakan ponsel Redmi 2 sebagaimana mestinya.

Redmi 2 dan Android 6.0 Marshmallow |Henry |4.5 | dibaca 73,130 kali