Pilih Mana, Ponsel OnePlus 5 atau iPhone 7

OnePlus 5 vs iPhone 7 – Kehadiran ponsel terbaru OnePlus yang dinamakan OnePlus 5 menimbulkan kegalauan tersendiri bagi para pengguna smartphone sehingga banyak yang mengurungkan untuk membeli iPhone 7. Hal ini bisa dimaklumi karena secara desain, OnePlus 5 sangat mirip dengan ponsel terbaru Apple tersebut, apalagi spesifikasi yang diusung OnePlus 5 sangat gahar dengan mengusung RAM 8GB dan ROM 128GB.

Meskipun banyak tudingan ke OnePlus 5 soal desain yang digunakan karena hadir dengan desain khas bergaya iPhone 7. tetapu OnePlus tetap percaya diri dengan ponsel andalan mereka ini. Bahkan CEO OnePlus menanggap dengan santai semua kritikan pedas yang mengarah kepada ponsel premium OnePlus terbaru tersebut.

Melalui cuitan di Twitter miliknya, ia menyebut kritik ini akan berhenti segera setelah OnePlus 5 rilis. Pei menuturkan, kritik semacam itu sebenarnya juga pernah terjadi sebelum OnePlus 3 meluncur.

“Apakah masih ada yang ingat keributan soal desain OnePlus 3 sebelum diluncurkan? Itu (keributan) berhenti begitu orang mendapatkan perangkat tersebut,” tulis Pei seperti dikutip dari GSM Arena.

Dan kini, kehadiran OnePlus 5 bisa dibilang cukup menebar pesona. Pasalnya, smartphone tersebut hadir dengan spesifikasi kelas dewa dan bahkan disebut-sebut menjadi pesaing serius iPhone 7. Apa benar demikian?, mari kita simak review singkat perbandingan kedua smartphone ini.

1. Ukuran dan Desain Smartphone

Secara desain, baik OnePlus 5 dan iPhone 7 memang tampil identik. Keduanya mengusung bodi berkonsep unibody dengan material metal berwarna abu-abu gelap. Baik tombol home pada keduanya juga ada di posisi yang sama, yaitu di bawah layar.

Jika OnePlus 5 mengusung kamera ganda, iPhone 7 cuma mengusung kamera tunggal. Saudaranya, iPhone 7 Plus mengusung kamera yang sama dengan OnePlus 5. Nah, posisi kamera pada keduanya sama, di mana terletak pada sisi kiri atas di bagian belakang kover.

Salah satu hal yang cuma bisa membedakan adalah posisi logo. iPhone 7 hadir dengan logo apel di bagian kover belakangnya, sedangkan OnePlus 5 hadir dengan logo ikoniknya.

Selain itu, iPhone 7 dan OnePlus 5 juga memiliki bobot berbeda. iPhone 7 cuma memiliki berat 138 gram dengan dimensi 138,3 x 67,1 x 7,1mm, sedangkan OnePlus 5 mengusung bobot lebih berat, 153 gram dengan dimensi 154,2 x 74,1 x 7,25mm.

Dan perbedaan paling signifikan adalah fitur ketahanan. iPhone 7 (dan juga 7 Plus) sudah dilengkapi sertifikasi IP67, menjadikannya tahan air dan debu. Sementara, OnePlus 5 tidak mengusung fitur perlindungan ekstra.

2. Kualitas Layar  

Bicara layar, kualitas layar OnePlus 5 malah lebih mutlak disandingkan dengan iPhone 7 Plus ketimbang iPhone 7. Pasalnya, layar OnePlus 5 lebih besar (5,5 inci dengan resolusi 1080×1920 piksel), sedangkan iPhone 7 cuma mengusung layar 4,7 inci dengan resolusi 750×1334 piksel.

Tak cuma itu, layar OnePlus 5 bahkan diklaim lebih tajam dalam kepadatan 401 pixel per inch, sedangkan iPhone 7 cuma memiliki kepadatan 326 pixel per inch.

Teknologi layar yang diusung juga kontras, OnePlus 5 selangkah di depan dengan AMOLED, dan iPhone 7 masih menggunakan layar LCD.

 

3. Penggunaan Prosesor Sebagai Dapur Pacu Smartphone

Bicara performa, kedua smartphone ini memiliki prosesor dalam kapasitas sama. OnePlus 5 dipersenjatai chipset mobile terbaru Snapdragon 832, ia juga mengusung chip octa-core 2,45GHz degan RAM 8GB.

Sementara, iPhone 7 menggunakan chipset A10 Fusion quad-core 2,34GHz dan RAM 2GB. Meski RAM iPhone 7 dan OnePlus 5 sangat berbeda, performa iPhone 7 nyatanya tetap menyamai smartphone Android flagship sekelasnya.

4. Kualitas Kamera

Lagi-lagi soal kamera, iPhone 7 Plus baru bisa dibandingkan dengan OnePlus 5. Keduanya hadir dengan konfigurasi kamera ganda.

Jadi, jika OnePlus 5 disandingkan dengan iPhone 7 dalam kategori kamera, tentu OnePlus 5 lagi-lagi selangkah lebih unggul. Kendati demikian, baik iPhone 7 dan OnePlus 5 sudah bisa merekam video dalam kualitas 4K.

OnePlus 5 mengusung dua lensa utama: 16MP dan 20MP, dengan kemampuan mengombinasikan data dari bidikan sehingga mampu menciptakan efek bokeh sekelas kamera DSLR.

Keduanya pun sangat sempurna digunakan untuk fitur optical zoom. Lensa 20MP telephoto punya bukaan f/2.6, sedangkan lensa 16MP punya bukaan f/1.7.

Sementara, iPhone 7 cuma memiliki satu lensa utama 12MP dengan bukan f/1.8. Walau begitu, mampu menangkap foto secara tajam dalam pencahayaan minim dengan bantuan Optical Image Stabilization (OIS) dan lampu LED.

Terkait kamera depan, kualitas iPhone 7 dan OnePlus 5 boleh bisa dikatakan sama-sama bagus. iPhone 7 punya kamera depan 7MP, sedangkan OnePlus 5 punya 16MP.

5. Kapasitas Baterai

Bicara soal baterai, tentu OnePlus 5 dan iPhone 7 memiliki kapasitas baterai berbeda. OnePlus 5 mengusung baterai berkapasitas 3.300mAh, sedangkan iPhone 7 hanya 1.960mAh.

Namun akhirnya keputusan tetap berada di tangan pengguna smartphone. Karena secara teknis dan performa, tiap ponsel memiliki kelebihan masing-masing termasuk OnePlus 5 dan iPhone 7. Hanya saja bisa dipastikan kedua ponsel tetap memiliki daya tahan dengan kapasitas yang sama-sama tangguh. Yang membedakannya nanti adalah aplikasi apa saja yang dijalankan dimasing-masing ponsel tersebut. Toh walau bagaimanapun masalah memori penuh juga jamak terjadi di ponsel sekelas iPhone.

Pilih Mana, Ponsel OnePlus 5 atau iPhone 7 |Wildan |4.5 | dibaca 439 kali