Perintah dasar Linux

Batam – Sejak kali pertama Linux muncul meramaikan dunia computer, terlihat semakin banyak pengguna computer menjadikan Linux sebagai pilihan utama terutama di dunia server. Selain Free yang diartikan gratis, sebenarnya Linux lebih tepat dikatakan sebagai Open Source dan untuk itu perlu kita pelajari secara terus menerus. Hal ini dialami juga oleh penulis, sehingga perlu mengetahui banyak perintah dasar Linux untuk memudahkan pekerjaan baik di kantor maupun di tempat lain.

Perintah Dasar Linux merupakan perintah yang diketikkan pada Terminal konsol Linux. Sehingga kita perlu menghafal perintah-perintah dasar yang ada. Meskipun Linux di jaman sekarang ini sudah semakin bagus di system GUI (Graphical User Interface), tetapi tetap saja kita perlu memahami perintah-perintah Linux terutama yang sangat mendasar dan sering digunakan saat kita berinteraksi dengan Linux terutamanya saat kita berinteraksi dengan Server berbasis Linux.

Perintah - Perintah Dasar Terminal Linux Beserta Fungsinya

Perintah Dasar Linux dikategorikan dalam beberapa fungsi yang digolongkan dalam penggunaan perintah tersebut di terminal Linux.

  1. File Commands, perintah-perintah yang dikategorikan sebagai file commands berhubungan saat kita memperlakukan sebuah file di komputer Linux. Contohnya dalah perintah dasar Linux untuk melisting directory dengan perintah ls, berpindah direktori dengan perintah cd, dan perintah-perintah dasar lainnya yang nanti kita bahas satu demi satu.
  2. Searching commands, perintah dasar di Linux yang berguna untuk melakukan pencarian sebuah file ataupun text di dalam file atau gabungannya. Nanti kita bahas bagaimana menggunakan perindah dasar pencarian di Linux.
  3. Network Commands, Seperti kategorinya digunakan untuk berhubungan dengan network atau jaringan, baik intranet maupun internet seperti ping, whois, ataupun juga dig.
  4. Installation commands, perintah dasar Linux yang digunakan untuk melakukan instalasi program atau software yang biasanya berupa source code seperti configure,make, make install.
  5. File Permission, perintah Linux yang berkategori advanced karena sudah berhubungan dengan permission dari sebuah file. Pakah file itu hanya bisa read only, full access atau siapa saja yang boleh mengeksekusinya. Di chapter berikutnya, nanti kita bahas dengan contoh-contoh file permission command di Linux.
  6. System Info, perintah dasar di Linux yang digunakan untuk mengetahui informasi sebuah system Linux yang kita gunakan seperti date, whoami, cat, df, dan lain-lain. Di artikel berikutnya nanti kita bahas bagaimana menggunakan tiap-tiap perintah dasar Linux dengan berbagai variasinya untuk menampilkan informasi yang kita inginkan.
  7. Compression, perintah dasar di Linux yang wajib kita ketahui dan benar-benar dihapalkan karena sangat berhubungan bagaimana mengkompresi dan mengekstrak sebuah file di Linux. Karena sepanjang pengalaman penulis, source code program Linux semuanya berupa file kompresi entah itu ZIP, TGZ, maupun BZIP.
  8. Process Management, Perintah dasar yang perlu juga kita ketahui untuk mengetahui process apa saja yang sedang berjalan disebuah system computer Linux. Sering digunakan saat kita menjadi seorang administrator Linux.
  9. Shortcuts, Perintah dasar Linux yang perlu kita ketahui untuk mempercepat bagaimana kita berinteraksi dengan computer Linux,mulai dari meng-halt process, bagaimana berinteraksi dengan file seperti copy,paste dan logout dari session.

Dengan mahir dalam menggunakan perintah-perintah dasar Linux dengan memahami fungsi dari perintah dasar tersebut akan sangat diperlukan saat kita berinteraksi dengan computer Linux. Dunia pendidikan, di rumah atau bahkan di dunia kerja membutuhkan kemahiran kita dalam berinteraksi dengan Linux baik di desktop terlebih lagi di sisi server.

Perintah dasar Linux |Henry |4.5 |