Perintah Dasar Linux untuk File

Batam – Perintah dasar Linux yang masuk kategori File Commands terdiri dari beberapa perintah. Perintah-perintah tersebut langsung berhubungan dengan file. Mulai dari dimana file berada di dalam direktori, berpindah-pindah direktori, menghapus, membuat direktori baru, merename file, hingga menampilkan keluaran dari output file yang sudah didefiniskan.

Ada empat perintah dasar Linux yang berhubungan dengan file dan direktori. Keempat perintah ini bahkan sangat sering digunakan meskipun sudah banyak digantikan oleh versi GUI dari system Linux. Di versi GUI, disebut juga dengan File Manager dimana kita akan dengan mudah melakukan drag dan drop sebuah file dari satu direktori ke direktori yang lain. Kemudian melakukan copy, cut dan paste serta delete sebuah file. Lalu kenapa kita masih berkubang dengan gaya jadul dengan konsol terminal Linux?.

Linux

Jawabannya adalah power dan fleksibilitas. Meskipun sangat mudah melakukan operasi manipulasi file dengan file manager di GUI, perintah yang lebih rumit ternyata lebih mudah dilakukan dengan perintah melalui terminal konsol. Contohnya adalah saat ingin meng-copy semua file HTML dari satu direktori ke direktori yang lain tetapi hanya meng-copy file yang tidak ada di direktori tujuan atau file yang akan dipindah lebih baru versinya dari file yang ada di direktori tujuan, tentunya hal ini akan sedikit susah dilakukan menggunakan file manager tetapi tidak untuk perintah melalui terminal konsol Linux. Cukup dengan perintah di bawah maka selesai sudah tujuan terlaksana.

[me@perintahdasar me]$ cp -u *.html destination

Keempat perintah dasar Linux yang sering digunakan adalah

  1. cp – untuk meng-copy file dan direktori
  2. mv – memindah atau me-rename file dan direktori
  3. rm – digunakan untuk meremove file dan direktori
  4. mkdir – digunakan untuk membuat folder direktori baru

Lalu bagaimana dengan perintah adara Linux yang berhubungan dengan file dan direktori?, tenunya akan tetap digunakan.Kita bahas satu demi satu di bawah.

  1. ls, digunakan untuk melisting sebuah direkroti atau menampilkan isi dari sebuah direktori, jika ingin menampilkan file yang dihidden atau disembunyikan maka gunakan opsi -al sehngga menjadi ls -al.
  2. cd dir, digunakan untuk berpindah direktori, jika hanya diketikka cd maka akan langsung kembali ke directori home.
  3. pwd, merupakan singkatan dari Print Word Directory, yang berguna untuk menampilkan di direktori manakah kita sedang berada dalam sebuah terminal konsol Linux.
  4. mkdir dir, digunakan untuk membuat direktori baru
  5. rm file, ini digunakan untuk melakukan penghapusan sebuah file. Jika ingin menghapus sebuah direktori maka harus digunakan opsi -r, sedangkan untuk memaksa file tersebut dihapus gunakan opsi -f, jika ingin menghapus sebuah direktori bersama isi file dalamnya gunakan opsi -rf.

Lalu bagaimana kita bisa dengan mudah mahir menggunakan perintah-perintah dasar Linux tersebut?, jawabannya hanya dengan menggunakannya sesering mungkin dalam berbagai kesempatan yang mana artinya kita harus sering berinteraksi dengan terminal konsol Linux.

Perintah Dasar Linux untuk File |Henry |4.5 | dibaca 1,191 kali

Leave a Reply