Menghapus Notifikasi Aplikasi yang Berjalan di Background pada Android Oreo

Notifikasi Aplikasi Android Oreo – Kehadiran Android 8.0 Oreo telah menjadi energy baru bagi para fans boy android, terlebih dengan hadirnya beragam fitur baru serta diikuti dengan adanya major update untuk perangkat smartphone seperti Google Pixel dan Nexus. Sedangkan bagi perangkat smartphone flagship lainnya bisa segera mencicipi Android Oreo dengan jalan menggunakan update tidak resmi yaitu custom ROM.

Menghapus Notifikasi Aplikasi yang Berjalan di Background

Walaupun Android Oreo dikatakan sebagai versi terbaik dari system operasi Android, tetap saja masih ada fitur minor yang menjengkelkan. Fitur yang menjengkelkan ini adalah adanya notifikasi aplikasi yang sedang jalan secara background yang ditampilkan di atas dari panel notifikasi yang ada di layar smartphone. Notifikasi pada mulanya tampil ketika Anda membuka sebuah aplikasi dan meninggalkannya, hanya saja hal ini tetap berjalan secara background.

Contoh singkatnya adalah aplikasi semacam Truecaller dan VPN yang harus selalu berjalan di background setiap saat untuk memastikan layanan mereka tetap berfungsi tanpa adanya problem yang muncul. Tentunya hal ini sebuah fitur yang bagus karena Anda bisa mengetahui aplikasi apa yang berjalan di latar belakang atau background sehingga Anda bisa menutup aplikasi yang tidak diinginkan, tetapi hal ini akan menjadi sedikit menjengkelkan jika notifikasi tersebut muncul secara terus-menerus di layar smartphone.

Hal ini terjadi pada smartphone android yang menjalankan Android Oreo,  baik yang menggunakan ROM resmi atau tidak resmi alias custom ROM, tetap saja akan mendapatkan notifikasi bertubi-tubi dan akhirnya hal ini menjadi sebuah kejengkelan tersendiri yang dimanifestasikan dengan mencoba untuk memblokir atau membuang notifikasi-notifikasi tersebut. Namun sayangnya, Adnroid Oreo tidak memiliki opsi tersebut sekarang ini.

Namun, untungnya ada solusi untuk masalah ini, meskipun Anda tidak dapat memblokir pemberitahuan atau notifikasi yang muncul, Anda dapat menundanya secara permanen sehingga tidak muncul lagi di panel notifikasi pada layar smartphone. Dan asiknya, untuk menggunakan solusi ini tidak memerlukan hak akses root.

Bagaimana Cara Menghapus Notifikasi Aplikasi yang Berjalan di Background pada Smartphone Android

Untuk bisa menghapus atau setidaknya menghentikan notifikasi aplikasi yang berjalan secara background di smartphone diperlukan 2 metode sebagai berikut. Simak baik-baik tutorial ini agar proses mematikan notifikasi bisa berhasil dengan baik.

Metode 1

Langkah 1: Install aplikasi berikut ini langsung dari Google Play Store, Aplikasi ini berfungsi untuk menyembunyikan notifikasi dan nama dari aplikasi tersebut adalah “Hide “running in the background” Notification”

Notifikasi Aplikasi yang Berjalan di Background

Langkah 2: Buka aplikasi tersebut dan berikan hak akses ke system smartphone sesuai dengan yang diminta yaitu listener permission.

Kini aplikasi akan memberikan pemberitahuan sekiranya ada notifikasi yang berjalan secara ter menerus untuk dihapus dari layar ponsel. Dengan kata lain, aplikasi ini menyembunyikan notifikasi dari aplikasi yang berjalan secara background.

Metode 2

Langkah 1: Install aplikasi “AutoNotification” langsung dari Google Play Store.

Remove Notifikasi Aplikasi yang Berjalan di Background

Langkah 2: Buka aplikasi tersebut dan klik untuk menambahkan tombol di atas layar ponsel

Langkah 3: Kini cari untuk “System” dan pilih opsi “Android System”, lalu klik OK.

Di langkah ke-3 ini aplikasi akan membuang secara otomatis setiap notifikasi yang berjalan secara terus menerus dari panel notifikasi yang ada di Android Oreo.

Hapus Notifikasi Aplikasi yang Berjalan di Background

Semoga kedua metode di atas mampu menjadi solusi awal untuk menghilangkan notifikasi pemberitahuan setiap aplikasi yang berjalan secara terus menerus di background. Harapannya adalah di update untuk Android Oreo berikutnya, ada opsi yang memberikan pengguna smartphone Android oreo untuk menampilkan notifikasi ini atau tidak sehingga tidak membutuhkan lagi aplikasi pihak ketiga seperti 2 aplikasi di atas.

Menghapus Notifikasi Aplikasi yang Berjalan di Background pada Android Oreo |Wildan |4.5 | dibaca 167 kali