Menghidupkan Kembali iPod Shuffle yang tidak bisa dicharge dan hanya lampu indikator warna merah menyala 5 detik

Menghidupkan iPod yang Mati – iPod Shuffle merupakan salah satu perangkat Apple yang cukup populer setelah iPhone. Dan seperti perangkat elektronik lainnya, iPod Shuffle pun memiliki problem tersendiri yang salah satunya adalah saat diisi ulang dengan cara disambungkan dengan komputer melalui kabel USB, lampu indikator warna merah hanya menyala sekitar 5 detik. Hal ini tentu menunjukkan adanya proses pengisian daya walaupun hanya berlangsung 5 detik. Kemudian iPod pun tidak bisa dicharge kembali.

Banyak komentar dan solusi yang dilontarkan oleh pengguna iPod Shuffle, seperti mulai dari adanya IC Power yang katanya sudah melemah dan minta diganti, baterai iPod Shuffle yang sudah mendekati lifetime-nya sehingga perlu diganti, hingga ada sebuah solusi yang sederhana dengan mengulangi proses charging iPod Shuffle hingga iPod mampu untuk mengisi ulang dayanya kembali.

Berikut adalah cara Menghidupkan Kembali iPod Shuffle yang tidak bisa dicharge dan hanya lampu indikator warna merah menyala 5 detik. Untuk melakukan cara ini disarankan charger bawaan iPod Shuffle, bukan dicolokan ke port USB di komputer atau laptop.

  • Colokan charger iPod ke colokan listrik
  • Tunggu hingga lampu indikator warna merah yang tadinya menyala mati kembali
  • Unplug iPod Shuffle dari charger, lalu colokan kembali
  • Ulangi langkah ini hingga lampu indikator warna merah tetap menyala

Proses pengulangan langkah di atas membutuhkan waktu sekitar 20 menit. Jika hal ini dilakukan hanya menggunakan port USB laptop atau komputer, maka dibutuhkan waktu yang lebih lama, maka seperti dijelaskan di awal untuk menggunakan charger yang langsung terhubung ke listrik.

Baterai iPod akan terisi sedikit meski hanya 5 detik, dan diperlukan beberapa kali pengulangan agar proses pengisian yang hanya 5 detik tersebut terakumulasi hingga baterai mempunyai daya minimal untuk menghidupkan mikroprosesor.

Apakah hal ini terjadi pada iPod yang baru dibeli?, biasanya hal ini hanya terjadi pada iPod yang sudah lama digunakan. Untuk iPod yang baru, dikarenakan baterainya pun baru, maka bisa dipastikan masalah seperti ini tidak terjadi.

Untuk itu silakan berbagi ke yang lain terutama para pengguna iPod Shuffle, karena masalah iPod Shuffle yang tidak bisa dicharge dan hanya ada lampu indikator warna merah menyala 5 detik akan terjadi dikemudian hari.

Sumber: iPod Shuffle mati dan tidak dideteksi oleh PC

Menghidupkan Kembali iPod Shuffle yang tidak bisa dicharge dan hanya lampu indikator warna merah menyala 5 detik |Edwin Geral |4.5 | dibaca 570 kali