Mengatasi Notifikasi Aplikasi Yang Nyangkut di Redmi 3

Aplikasi Redmi 3 – Setelah tempo hari saya berbagi pengalaman review penggunaan Xiaomi Redmi 3 setelah satu bulan pemakaian, kali ini saya akan berbagi pengalaman tentang notifikasi yang nyangkut di Xiaomi Redmi 3. Notifikasi yang dimaksud disini adalah notifikasi dari aplikasi chat, dan aplikasi yang paling sering mengalami hal ini adalah aplikasi Whatsapp dan Telegram. Notifikasinya terkadang tidak muncul untuk beberapa interval waktu, ketika kita klik aplikasinya, baru lah semua notifikasinya bermunculan.

Tentunya hal ini sangat mengganggu, terutama bagi saya yang mengandalkan Whatsapp untuk komunikasi dengan rekan kerja dan atasan, serta urusan bisnis dan lain-lain. Terasa lucu ketika atasan saya mendatangi saya untuk meminta report, padahal saya merasa tidak mendapat instruksi untuk mengerjakan itu. Ternyata biang keroknya adalah notifikasi yang nyangkut, sehingga saya tidak mengetahui instruksi kerja ataupun update berita lainnya.

Menurut dugaan saya, hal ini terjadi karena pengaturan MIUI untuk menghemat daya ketika layar ponsel kita dalam keadaan mati. Dan salah satu upaya MIUI untuk menghemat daya adalah dengan memutus koneksi internet aplikasi, baik dari koneksi mobile data maupun dari WIFI. Tidak semua aplikasi yang mengalami hal ini (yang saya amati, Whatsapp dan Telegram adalah aplikasi yang identik).

Cara Mengatasi Aplikasi Nyangkut di Redmi 3

Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal notifikasi aplikasi nyangkut ini. Bisa jadi, tidak semua langkah-langkah di bawah perlu untuk dilakukan di ponsel anda masing-masing. Namun untuk Xiaomi Redmi 3 saya, semua langkah tersebut saya lakukan.
Untuk langkah pertama, kita klik aplikasi Security (bukan Security yang diakses dari menu Setting ya, tapi dari Home Screen). Pilih Permissions, lalu ke Autostart, pilih Aplikasi yang Notifikasinya mau diterima secara real time.
   Autostart Redmi 3


Untuk langkah kedua, masih di aplikasi Security, masuk ke menu Permissions, klik tab Permissions, lalu ke change WLAN connectivity, centang semua aplikasi yang ada disitu. Hal ini bertujuan agar notifikasi tidak nyangkut pada saat screen ponsel kita mati dan memakai koneksi internet via WIFI.

Lanjut ke langkah ke tiga, kita masuk ke Setting, kemudian pilih WLAN, pilih Advanced Setting, klik Keep WLAN on during sleep, pilih Always.
Advanced WLAN Redmi 3
Pada langkah ke empat, masih di menu Setting, kita pilih Additional Setting, kemudian pilih Battery & performance, pilih Manage apps’ battery usage (bagian Power Saving Modes di off kan saja), pilih Choose apps, pilih aplikasi yang bermasalah notifikasinya. Kemudian pilih Custom, untuk yang Background Network, pilih Stay Connected, untuk yang Background Location, pilih Allow. Ulangi langkah-langkah ini untuk aplikasi lain yang notifikasinya bermasalah.
Manage Apps Batteray Redmi 3
Jika sudah melakukan seluruh rangkaian di langkah ke empat, maka aplikasi yang telah di setting tesebut akan muncul di bawah list Customed, seperti terlihat di gambar di bawah ini. (Catatan : untuk aplikasi yang tidak kita atur, akan tetap berada di bawah list Suggested)
Battery Apps Usage Redmi 3
Demikianlah 4 langkah pengaturan untuk mengatasi masalah notifikasi aplikasi yang nyangkut di Redmi 3 namun bias juga diaplikasikan di perangkay Xiaomi lainnya asalkan masih  menggunakan stock ROM MIUI 7. Setelah saya melakukan semua langkah di atas, Xiaomi Redmi 3 saya tidak pernah lagi mengalami notifikasi nyangkut, baik dari mode internet data maupun ketika memakai WIFI. Semua notifikasi dari Whatsapp dan Telegram berjalan lancar dan real time. Dan setelah menerapkan langkah-langkah di atas, saya juga tidak menemukan perbedaan yang berarti dan signifikan untuk konsumsi daya baterai.

Mengatasi Notifikasi Aplikasi Yang Nyangkut di Redmi 3 |Edwin Geral |4.5 | dibaca 35,321 kali