Memori iPhone Penuh Karena 10 Aplikasi Ini, Nomer 5 Bikin Galau

Memori iPhone Penuh – Masalah yang sering dirasakan oleh pengguna iPhone adalah keterbatasan storage internal. Hal ini dikarenakan karena iPhone tidak mendukung adanya slot eksternal yang sering kita temui di ponsel android yang hanya dengan menambahkan microSD sebagai salah satu cara menambah kapasitasnya.
Bagi Apple sebagai pembuat iPhone, penambahan microSD akan menjadi masalah serius bagi kecepatan iPhone saat melakukan proses loading aplikasi karena seperti kita ketahui microSD memiliki kecepatan baca dan tulis yang berbeda-beda.

Kelebihan iPhone inilah akhirnya menjadi kelemahan terutama bagi pemilik iPhone dengan kapasitas internal storage yang kecil. Tanpa adanya opsi penambahan storage internal, maka pemilik iPhone dengan kapasitas kecil hanya akan bisa pasrah dengan tidak melakukan instalasi aplikasi yang lain.

Masalah memori iPhone penuh pun hanya terjadi di kalangan pemilik iPhone berkapasitas 16GB dan sedikit ditemui juga di pemilik iPhone 32GB. Jumlah kapasitas yang mereka dapatkan, ternyata bukan mutlak 16GB. Memori internal juga memakan kapasitas update sistem operasi dan aplikasi yang terinstal.

Perlu diingat, tidak semua aplikasi yang kamu instal di iPhone memiliki kapasitas sesuai dengan yang ditawarkan. Laman Business Insider melaporkan, ada beberapa aplikasi yang ternyata menguras kapasitas memori internal iPhone akibat update berkala.

Padahal, saat aplikasi-aplikasi ini dirilis pertama kali ke iPhone, ukuran file mereka tidaklah besar. Facebook, ambil contoh, ukuran aplikasinya hanya memakan 32MB pada Mei 2013. Dan kini, empat tahun kemudian, ukuran file aplikasi Facebook meningkat 12 kali lipat. Dan ini juga berlaku di aplikasi Facebook untuk Android, semakin lama besar file aplikasi Facebook makin gendut dan menyita memori RAM serta kapasitas storage jauh lebih besar dari kali pertama muncul.

Setidaknya, ada 10 aplikasi yang rajin menggulirkan update pada setiap minggunya yang kian menguras memori internal iPhone. Apa saja? Berikut daftar aplikasi lengkap dengan total kisaran ukuran file yang dikuras cache, sebagaimana dirangkum lembaga Sensor Tower.

1. Netflix: 1,8GB
2. Instagram: 1,6GB
3. YouTube: 1,5GB
4. Google Maps: 1,4GB
5. Facebook Messenger: 1,2GB
6. Spotify: 1,1GB
7. Snapchat: 1GB
8. Gmail: 600MB
9. Uber: 400MB
10. Facebook: 388MB.

Jika menilik dari kesepuluh aplikasi iPhone yang memakan storage besar, maka perlu dipertimbangkan aplikasi mana saja yang harus terinstall dan dibutuhkan oleh iPhone yang kita gunakan terlebih iPhone yang kita punya hanya berkapasitas 16GB. Jangan sampai iPhone mengalami memori penuh dan mengganggu fungsi utama iPhone itu sendiri yaitu digunakan untuk berkomunikasi.

Jika dirasa perlu dan dana tersedia, maka opsi upgrade ke kapasitas storage yang lebih besar harus dipertimbangkan meskipun kita tahu hal ini akan menambah biaya yang tidak sedikit.

Memori iPhone Penuh Karena 10 Aplikasi Ini, Nomer 5 Bikin Galau |Edwin Geral |4.5 | dibaca 674 kali