Membandingkan Lenovo A6000 dengan Xiaomi Redmi 2

PerintahDasar.Com – Kebetulan kemaren penulis mendapat kunjungan teman yang membawa Lenovo A6000 hasil flash sale di toko online Sekilas saat digenggam jika dibandingkan dengan Redmi 2, Lenovo A6000 lebih ringan meskipun selisih beratnya hanya 5 gram jika merujuk ke spesifikasi resmi kedua ponsel android tersebut. Untuk display, Lenovo lebih lebar karena dibekali dengan display 5 inch sedangkan Redmi 2 menggunakan 4.7 inch sebagai  lebar layarnya.

Dari pandangan pertama mengunakan Lenovo A6000, jika dibandingkan dengan Redmi 2 tampak lebih gegas Redmi 2 bahkan dalam manajemen penggunaan processornya yang sama-sama quad core terlihat jika Lenovo A6000 kedodoran karena selalu menggunakan ke-empat core processornya dibandingkan Redmi 2 yang lebih wise dalam menggunakan inti processor.

Lenovo A6000

Hal ini sepertinya dikarenakan oleh UI yang diusung Lenovo A6000 yaitu Vibe UI. Vibe UI dikenal lebih boros dalam menggunakan processor dan juga RAM meskipun dalam kenyataannya manajemen RAM antara Redmi 2 dan Lenovo A6000 hanya berbeda tipis. MIUI 6 yang digunakan oleh Redmi 2 tidak lebih baik dibandingkan Vibe UI dalam hal manajemen memori.

Kemudian dalam pengelolaan storage eksternal yaitu microSD, Vibe UI di Lenovo A6000 menang telak karena ada opsi untuk memindahkan aplikasi yang ada ke microSD secara default tanpa perlu menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti WSM tool ataupun exposed framework. Hal ini tentunya sangat memudahkan pengguna Lenovo A6000 dalam mengatur aplikasi yang terinstall di ponselnya, cukup menggunakan microSD minimal kelas 10 lalu pindahkan aplikasi yang dirasa kurang priority ke SD card atau memindahkan aplikasi game yang biasanya cukup memakan space internal storage.

Hanya saja untuk layanan cloud, Redmi 2 yang didukung oleh Xiaomi cukup bisa menyombongkan diri karena di Lenovo A6000 harus menggunakan layanan cloud pihak ketiga seperti Google Drive atau Dropbox. Layanan cloud ini meskipun terkadang disepelekan, tetapi fitur cloud dengan menggunakan Mi account di ponsel keluaran Xiaomi sangat membantu untuk melakukan backup seperti sms, call log, wifi profile, photo (tidak disarankan), recorder, blocklist, dan hal-2 pengaturan yang bersifat privat dimana di aplikasi pihak ketiga tidak mensupport hal-hal privat tersebut.

Lenovo A6000 sendiri menurut penulis cukup menjanjikan performanya asalkan digunakan bukan untuk gamer jurusan hardcore seperti juga di Redmi 2. Penggunaan Lenovo A6000 sebagai ponsel untuk menunjang kegiatan sehari-hari sudah mencukupi ditopang oleh kapasitas baterai 2300mAH.

Bagaimana dengan kemampuan dual sim LTE?, untuk point ini Redmi 2 lah pemenangnya karena di Redmi 2 semua slot simnya sudah support 4G LTE, tinggal memilih slot mana yang diaktifkan jaringan 4Gnya maka slot SIM lainnya akan menjadi 2G saja. Sedangkan di Lenovo A6000, slot SIM card yang support 4G LTE hanya ada di slot 1 sedangkan untuk slot 2 sudah ditetapkan hanya bisa digunakan untuk 2G. Jadi ada sedikit kerepotan bagi pengguna yang menggunakan data internet di kedua SIM cardnya, perlu usaha ekstra untuk memindahkan SIM card yang ingin digunakan di 4G LTE ke slot 1.

Tetapi kata akhirnya kembali ke kebutuhan pengguna, jadilah pengguna yang smart seperti layaknya smart phone yang digunakan.

Membandingkan Lenovo A6000 dengan Xiaomi Redmi 2 |Henry |4.5 | dibaca 37,390 kali

Leave a Reply