Fungsi dan Manfaat Android TV Box

Android TV Box – Menikmati hiburan di layar TV kini sangat beragam bentuknya apalagi setelah Internet mulai memasuki ruang keluarga dengan adanya smart TV. Hanya saja harga Smart TV masih terbilang cukup mahal sedangkan TV layar lebae seperti LED dan Plasma TV masih siap menemani. Untuk itu diperlukan alat yang mampu digunakan untuk mengubah TV biasa menjadi Smart TV, dan alat ini dinamakan Android TV Box.

Pada dasarnya, Android TV Box merupakan salah satu alat yang mudah digunakan untuk mendapatkan layanan hiburan berbasis internet menggunakan layar TV biasa. Alat lain pun juga tersedia dengan fungsi dan kegunaan yang hampir mirip yaitu, Set Top Box Satelit. STB Satelit terbaru selain berguna menjadi receiver saluran televisi satelit juga sudah dilengkapi aplikasi IP TV, Youtube, dll. Hanya saja sekarang kembali ke kebutuhan pengguna untuk memilik perangkat mana yang dibutuhkan.
MAnfaat dan Fungsi Android TV Box

Kembali lagi ke Android TV Box, pernagkat ini digunakan untuk mengubah TV biasa menjadi Smart TV yang berbasis Android sehingga kita bisa mendownload dan menjalankan aplikasi Android mengggunakan TV seperti Smartphone atau Tablet Android. Tersedia banyak pilihan merek Android TV Box yang sudah masuk di Indonesia sehingga sekarang mudah untuk mendapatkan Android TV Box.

Cara menggunakan Android TV Box sangat mudah yaitu hanya dengan menyambungkan perangkat TV Box dengan port HDMI TV dengan menggunakan kabel HDMI. Android TV Box disediakan remote untuk mengoperasikannya. Anda bisa menambahkan mouse bluetooth atau keyboard bluetooth dan gamepad untuk bermain game. Tapi dengan remote saja sudah cukup untuk menjalankan fungsi dari Android TV Box.

Bicara soal perangkat pintar tentunya banyak sekali kegunaannya tidak terkecuali Smart TV yang berbasis Android. Agar penggunaannya maksimal maka diperlukan koneksi internet untuk mendownload dan menggunakan aplikasi Android seperti perangkat pintar lainnya.

Manfaat Android TV Box

1. Nonton
Sejak kehadiran internet di dunia hiburan, banyak pilihan untuk menikmati tontonan di ruang keluarga. Perangkat ini adalah pilihan untuk menggantikan cara kovensional dengan menggunakan antena TV untuk menonton. Sekarang sudah banyak aplikasi android untuk nonton Video streaming, Live Streaming, IPTV/TV Internet, Movie streaming, dan lainnya. Salah satu aplikasi terbaik untuk nonton saat ini adalah KODI. Dengan Android TV Box pun kita bisa nonton melalui data yang sudah kita download menggunakan USB, Harddisk, SD card.

2. Main Game
Seperti Smartphone Android atau Tablet Android yang sering kamu gunakan untuk main game. Android TV Box juga bisa digunakan untuk bermain game tapi bedanya jika di Android TV Box bisa bermain di layar yang lebih besar. Jika kamu mau bermain seperti game konsol, maka kamu harus menambahkan gamepad.

3. Browsing
Layanan browsing di TV Box berbasis Android juga tersedia jadi jika ingin melakukan browsing saat kamu di depan TV dengan sofa nyaman bersama-sama dengan teman atau keluarga bisa langsung di TV. Banyak layanan browsing yang bisa digunakan salah satu contohnya adalah Google Chrome.

4. Chating dan Video Call
Chating atau Video call juga bisa dilakukan di Android TV Box. Mungkin akan lebih nyaman jika chatting atau video call dengan Smartphone atau Tablet Android untuk ngobrol secara privasi. Tapi jika ada saudara atau kerabat yang berada jauh di luar negeri atau di luar kota yang tidak dapat menghadiri reuni bisa menggunakan layar yang lebih besar tentu akan lebih menyenangkan dan membuat terasa yang jauh menjadi dekat dengan keberadaannya di layar yang lebih besar.

5. Cast screen/Mirorscreen
Melihat layar kecil smartphone dilayar yang lebih besar dengan menggunakan castscreen dengan aplikasi seperti Miracast. Apalagi yang sedang ingin presentasi bisa menggunakan Smartphone untuk menjelaskan ide yang kamu buat di Smartphone dengan layar yang lebih besar.

6. Slot USB & SD Card
Tersedia slot flashdisk dan SD Card untuk menyimpan atau membuka data di TV atau Layar yang lebih besar menggunakan Android TV Box. Tersedia juga slot Sata untuk beberapa merek Android TV Box.

Itu tadi beberapa fungsi dan manfaat yang kamu bisa dapatkan dari TV Box Android. Selain yang disebutkan di atas, masih banyak lagi fungsinya yang seru apalagi banyak vendor TV Box ini yang menambahkan fitur-fitur lainnya sebagai pembeda dari produk-produk set top box serupa. Yang pasti, fungsi di atas merupakan fungsi dasar yang biasanya didapatkan dari sebuah perangkat Android TV Box.

Fungsi dan Manfaat Android TV Box |Wildan |4.5 | dibaca 520 kali