ROM MIUI 9 Global: Persembahan Xiaomi untuk Meningkatkan Kecepatan Smartphone

ROM MIUI 9 Global akhirnya akan benar-benar dirilis ke publik di hari jumat ini. Meskipun ROM MIUI terbaru ini masih dalam tahap beta, Xiaomi sangat percaya diri mempersembahkannya ke para pengguna smartphone mereka sebagai jawaban dan bukti akan kesinambungan dukungan pabrikan smartphone China terhadap produknya.

Hanya saja perlu diketahui jika MIUI 9 ini belum mendukung semua smartphone Xiaomi. Akan ada 3 tahap yang direncanakan melepas update MIUI 9 untuk bisa digunakan kesemua smartphone Xiaomi. Untuk tahap awal, ROM MIUI 9 Global versi beta akan mendukung Redmi Note 4 dengan chipset Qualcomm, Redmi Note 4X, dan Mi 6. Jadi bagi yang memiliki ketiga smartphone tersebut, maka berbahagialah untuk menjadi early adopter MIUI 9.

Proses update bisa dilakukan secara otomatis melalui OTA maupun secara manual dengan melakukan flashing menggunakan metode fastboot. Untuk pengguna ROM MIUI 8 Global versi Beta, upgrade ke MIUI 9 akan secara otomatis dilakukan melalui OTA. Sedangkan untuk pengguna ROM versi stabil, disarankan untuk melakukan proses unlock bootloader dan wipe secara full sebelum memulai proses fastboot. Proses flashing sendiri beresiko terhadap data di smartphone, untuk itu sangat disarankan untuk melakukan backup semua data yang ada sebelum tombol Flash ditekan.
ROM MIUI 9 Global

Gelombang kedua untuk dukungan ROM MIUI 9 Global versi beta akan mencakup perangkat smartphone seperti Mi MIX, Mi Note 2, Mi 5, Mi 5s, Mi 5s Plus, Mi Max 2, Mi Max, Redmi 4, dan Redmi 4X. Kapan hal ini akan terjadi?, tunggu tanggal baiknya yang pasti akan kami informasikan juga di blog ini.

Dukungan ROM MIUI 9 untuk Redmi 2

Sama seperti saat peluncuran kali pertama MIUI 8, yang kami nantikan adalah kapan ROM terbaru Xiaomi mendukung smartphone legendaris yang kami gunakan yaitu Redmi 2. Hingga hari ini, Redmi 2 masih setia menjadi gadget utama penulis dalam mengarungi kehidupan online dan berkomunikasi dengan keluarga, teman, teman kerja, atasan dan juga bertransaksi diberbagai marketplace termasuk sebagai PIN token internet banking.

Ternyata kabar gembira lagi-lagi Xiaomi hembuskan ke pemilik Redmi 2, dan semoga bukan PHP, karena dukungan ROM MIUI 9 Global versi beta untuk Redmi 2 akan ada di gelombang ketiga. Bersama Redmi 2, juga akan mendukung Redmi 2 Prime, Mi 3, Mi 4, Redmi Note 3 Qualcomm, Redmi Note 3 Special Edition, Redmi Note 4 MTK, Mi 4i, Redmi Note 2, Redmi Note Prime, Mi 2/2S, Mi Note, Redmi 3/Prime, Redmi 3S/Prime, dan Redmi 4A. Kapan hal ini akan terjadi?, lagi-lagi kepastian tanggal masih belum bisa disingkap dari dapur developer Xiaomi. Tapi yang pasti akan penulis sampaikan juga di blog ini termasuk review menggunakan MIUI 9 di Redmi 2.

Fitur MIUI 9

ROM terbaru Xiaomi yang dinamakan MIUI 9 merupakan versi kustomisasi system operasi Android dengan rasa Xiaomi yang melanjutkan dari MIUI 8. Fitur-fitur MIUI 8 yang diunggulkan seperti dukungan dual-apps menjadi fitur andalan selain peningkatan performa dan perbaikan bug yang muncul. Di MIUI 9, fitur seperti apakah yang akan dihadirkan oleh Xiaomi sehingga dengan percaya dirinya menyebut ROM terbaru mereka dengan tagline “a lightning fast system”. Berikut adalah fitur MIUI 9 yang sempet diintip dan akan dihadirkan disemua smartphone yang didukung secara resmi:
Fitur ROM MIUI 9

  • Optimasi beberapa fitur hingga ke level yang paling dalam, dipercaya hal ini akan membuat MIUI menjadi lebih smooth bin lancer
  • Ikon yang menyegarkan dan dinamis sehingga cocok dimata
  • Lebih cepat, lebih ringan saat membuka dan menutup proses aplikasi
  • Adanya peningkatan intuitif saat melakukan proses editing di Home screen
  • Memperkenalkan fitur Split Screen yang bisa digunakan untuk meningkatkan produktivitas
  • Mode silent yang lebih smooth yang cukup ditriger dengan menekan tombol Volume
  • Mendesain ulang aplikasi Messaging atau pesan sesuai dengan apa yang dibutuhkan yang akan hadir langsung saat dimulainya aplikasi tersebut

Menarik bukan fitur baru yang disematkan oleh Xiaomi ke MIUI 9 ini?, yang menarik dicoba adalah fitur Split Screen yang diklaim mampu meningkatkan produktivitas. Produktivitas seperti apa yang akan meningkat saat menggunakan smartphone Xiaomi dengan MIUI 9, dan lagi-lagi penulis merasa kepo banget dengan apa yang akan terjadi di Redmi 2. Apakah fitur ini benar-benar akan hadir di Redmi 2?. Karena saat di MIUI 8, fitur dual-apps hanya menjadi fitur pembuat iri bagi Redmi 2 dikarenakan keterbatasan RAM yang hanya mendukung minal RAM 2GB sedangkan ponsel legendaris penulis ini hanya mempunyai RAM 1GB.

Well, sekali lagi Xiaomi membuktikan janji layanan purna jualnya untuk selalu mendukung smartphone mereka hingga batas hardware dari smartphone itu sendiri. Karena untuk MIUI 9 ini, apakah ada yang aware jika Redmi 1s ternyata tidak ada di daftar smartphone Xiaomi yang didukung oleh ROM MIUI 9.

ROM MIUI 9 Global: Persembahan Xiaomi untuk Meningkatkan Kecepatan Smartphone |Wildan |4.5 | dibaca 240 kali