Cara Pasang Recovery TWRP dan Root pada Xiaomi Redmi 5A

Berbicara tentang teknologi tidak ada habisnya, bahkan semakin dibicarakan maka semakin terlihat bagaimana manusia sudah terikat kuat dengannya. Dalam mingu-minggu terakhir ini, penulis disibukkan dengan instalasi mining rig uang digital yang semakin banyak peminatnya, apalagi dengan nilai tukar bitcoin ke rupiah menembus angka 200 juta untuk sekeping bitcoin. Tentu saja hal ini mengerek alternative koin lainnya seperti etherum diangka hamper 20 juta rupiah dan monero yang tembus di angka USD $400. Teknologi uang digital sudah semakin berkembang dengan beragam algorithma dan teknik mining dan hal ini menjadi sangat menarik untuk dibahas pada artikel-artikel berikutnya, dan untuk sekarang mari kita simak tips terbaru untuk perangkat ponsel Xiaomi, yaitu install recovery TWRP dan root di Redmi 5A.

Cara Pasang Recovery TWRP dan Root pada Xiaomi Redmi 5A

Sudah sejak lama kita ketahui Xiaomi adalah raja tanpa mahkota untuk ponsel kelas menengah ke bawah di Indonesia dan tanah kelahirannya yaitu China.  Dengan dua lini smartphone yang dirilis ke pasar, Xiaomi terbilang cukup sukses di angka penjualan dengan lini Redminya. Bahkan di seri Redmi 4 dan variannya, angka penjualannya terbilang meroket danmencapai rekor tersendiri termasuk sumbangan angka penjualan Redmi Note 4. Dan di Desember tahun lalu, Xiaomi merilis penerus Redmi 4A yaitu Redmi 5A yang juga ramai diboyong oleh para fans Xiaomi sehingga dalam flash sale di salah satu marketplace sudah habis terjual hanya dalam waktu kurang dari dua menit.

Angka penjualan yang cukup menggembirakan ini dikarenakan spesifikasi yang cukup gahar dan harga jual yang disematkan pabrikan ponsel terbaik di China tersebut terjangkau oleh para pengguna smartphone.  Dan seperti ponsel Xiaomi lainnya, jika anda pemilik Redmi 5A dan berharap dapat memasang recovery TWRP serta melakukan proses rooting di Redmi 5A, maka anda berada di tempat yang tepat.

Sebagai informasi awal, Redmi 5A mempunyai spesifikasi layar 5 inchi dengan resolusi HD 720p dan processor Qualcomm 425 dengan Adreno 308. Ponsel ini sudah mengikuti gaya ponsel android kekinian yaitu dengan mengadopsi baterai tanam berkapasitas 3000mAh dan memiliki dua varian RAM yaitu versi RAM 2GB dan RAM 3GB. Terlepas dari besarnya RAM yang digunakan, kedua varian Redmi 5A memiliki fitur kamera utama berkekuatan 13MP dengan kemampuan dual flash dan kamera depan untuk berselfie 5MP. TWRP recovery 3.2.1 dipilih untuk dipasang di Xiaomi Redmi 5A karena kemampuannya untuk digunakan diberbagai custom ROM termasuk custom ROM berbasis MIUI yang semakin banyak digunakan oleh para fans MIUI yang menginginkan kecepatan tanpa mengorbankan fitur-fitur yang ada di MIUI.

Seperti di tips-tips instalasi custom recovery dan root pada ponsel Xiaomi, proses ini akan menghanguskan garansi yang ada di ponsel. Jadi jika anda sayang dengan masa garansi yang masih berlaku di ponsel Redmi 5A, maka perlu dipertimbangkan kembali resiko ini. Penggunaan tool dan software yang terpercaya tanpa disusupi malware juga merupakan salah satu hal yang harus dilakukan karena bis aberakibat buruk pada performa ponsel. Android sangatlah kompleks dengan begitu banyak perangkat dan variasinya, jadi sangat sulit untuk mengatakan jika tips ini akan bekerja dengan baik di ke semua perangkat android. Bijaksana dalam memahami proses dan resikonya merupakan hal yang wajib dilakukan jika hal yang tidak diinginkan terjadi termasuk ponsel mengalami brick atau mati total. Untuk itu lakukan proses backup data dan tim penulis tidak bertanggung jawab atau segala resiko yang terjadi pada perangkat ponsel anda saat mengikuti tutorial ini.

Prasyarat Menginstall TWRP Recovery dan Root Xiaomi Redmi 5A

Sebelum melakukan proses pemasangan recovery TWRP dan root ke ponsel Redmi 5A, sebaiknya anda mengetahui beberapa prasyarat sebagai berikut:

  1. Xiaomi Redmi 5A harus sudah terunlock bootloadernya. Jika belum silakan merujuk ke tutotial unlock bootloader ponsel Xiaomi di sini
  2. Pastikan kapasitas baterai minimal di angka 60%
  3. Pastikan tool ADB dan Fastboot terinstall di PC atau laptop
  4. Pastikan driver USB Xiaomi telah terpasang dengan baik
  5. Pastikan mode USB Debugging telah aktif

Cara Install TWRP Recovery pada Xiaomi Redmi 5A

Memasang recovery TWRP di Redmi 5A mempunyai kemiripan dengan langkah-langkah penginstallan hal yang sama di perangkat smartphone Xiaomi lainnya. Caranya cukup mudah yaitu dengan mengikuti panduan di bawah ini.

  1. Download image recovery TWRP dari link ini kemudian rename file tersebut menjadi twrp.img. Setelah itu copy-kan file tersebut ke folder dimana tool ADB terpasang. Hal ini berguna agar dalam proses pencarian di perintah command line ADB tidak perlu merujuk ke folder lain.
  2. Kini hubungkan Redmi 5A ke PC atau laptop, kemudian buka tool ADB dalam window terminal. Caranya adalah dengan mengetikkan”cmd” di address bar saat berada di folder ADB.
  3. Jika hal ini merupakan kali pertama anda menggunakan ADB ke ponsel Xiaomi, Anda pasti akan dimintakan persetujuan untuk mengakses mode USB debugging pada layar ponsel. JIka tidak, maka gunakan perintah berikut agar layar ponsel menampilan layar persetujuan untuk masuk ke mode USB debugging. Perintah ini juga berguna untuk memastikan ponsel terhubung dengan tool ADB.

  1. Kini boot Redmi 5A ke mode fastboot dengan menggunakan perintah berikut

  1. Setelah masuk ke mode fastboot, kini lakukan flash image recovery TWRP dengan perintah seperti di bawah ini

Jika Anda belum me-rename file recovery TWRP menjadi twrp.img, gunakan nama orisinal file TWRP. Dan jika anda juga lupa untuk memindah file tersebut ke dalam folder ADB, gunakan path lengkap dimana file TWRP berada. Sebagai contoh, jika file TWRP berada di desktop, maka anda harus melakukan penetikan perintah seperti berikut.

  1. Setelah proses flashing selesai, kini gunakan perintah berikut untuk mereboot ponsel Redmi 5A

Cara Root Xiaomi Redmi 5A

Setelah proses instalasi recovery TWRP berjalan dengan sukses, maka tidak ada salahnya untuk melakukan proses rooting pada ponsel yang sama. Hanya saja hal ini kembali lagi kepada pemilik ponsel Xiaomi Redmi 5A, apakah membutuhkan akses root pada aplikasi yang digunakan atau tidak. Bagi penulis sendiri, dengan kondisi internet jaman now yang banyak bertebaran dengan iklan, akan lebih bijak jika dihadang dengan aplikasi adaway yang cukup ampuh untuk melakukannya. Hanya saja aplikasi adaway ini tidak didukung oleh Google dan harus diinstall secara manual dan membutuhkan akses root agar bis abekerja dengan sempurna.

Terlepas dari keputusan mau atau tidak, berikut adalah langkah demi langkah bagaimana melakukan root pada Redmi 5A dengan mudah. Mari simak tutorial singkat di bawah ini.

  • Download file Zip Magisk dan Noverity dari Link ini
  • Koneksikan ponsel Redmi 5A ke laptop atau PC kembali, dan gunakan perintah adb untuk masuk ke mode recovery TWRP

  • Saat berada di mode recovery TWRP, sangat direkomendasikan untuk melakukan backup NANDroid sebagai langkah preventive jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Untuk melakukannya cukup dengan masuk ke opsi Backup dan pilih semua partisi yang ada, kemudian swipe ke kanan pada bagian bawah layar ponsel untuk memulai proses backup.
  • Copy-kan file file Magisk dan noverity.zip ke ponsel Xiaomi Redmi 5A
  • Kembali ke menu TWRP, setelah proses backup selesai, kini masukke menu Install
  • Arahkan ke file ZIP Magisk berada kemudian swipe ke kanan sebagai konfirmasi untuk melakukan proses peng-installan.
  • Juga lakukan hal yang sama pada file ZIP noverity, lalu reboot ponsel dengan men-tap tombol Reboot System.

Kini smartphone Xiaomi Redmi 5A dalam kondisi root, jika anda ingin memverifikasi kondisi root di ponsel sudah oke atau tidak maka gunakan aplikasi root checker yang bisa anda download langsung dari Play Store.

Cara Pasang Recovery TWRP dan Root pada Xiaomi Redmi 5A |Wildan |4.5 | dibaca 337 kali