Inilah Cara Jitu Blokir Iklan Pop-up di Android

Bagi pengguna perangkat smartphone, hal yang paling menjengkelkan adalah munculnya iklan pop-up. Hal ini dipicu oleh berbagai sebab yang biasanya ada suntikan kode pemicu di website yang dikunjungi ataupun dari aplikasi browser yang digunakan, serta penggunaan ROM abal-abal yang marak ditemukan di perangkat smartphone Xiaomi dengan garansi distributor. Untuk itu diperlukan suatu cara agar iklan pop-up tidak muncul di layar ponsel.

Inilah Cara Jitu Blokir Iklan Pop-up di Android

Iklan pop-up pada awalnya marak muncul di lingkungan computer PC atau laptop, jika iklan ini muncul maka dengan mudah Anda bisa menyinkirkannya dengan meng-klik tanda CLOSE atau X yang bertujuan untuk menutup pop-up iklan tersebut. Juga ketersediaan beragam aplikasi gratisan yang salah satu fungsinya adalah memblokir kemunculan iklan, semakin memudahkan pengguna desktop menyinkirkan iklan pop-up walaupun dalam tahap tertentu banyak pengguna computer yang langsung mematikan iklan pop-up melalui aplikasi-aplikasi blokir iklan yang ada.

Dengan popularitas perangkat mobile atau smartphone dan didukung oleh adanya data yang sangat signifikan menunjukkan adanya pergeseran pengakses internet dari platform computer PC atau laptop ke perangkat mobile, hal ini menggeser focus para pengembang iklan pop-up untuk mentargetkan pengguna smartphone sebagai sasarannya. Bahkan jika Anda tidak hati-hati saat meng-klik tombol CLOSE suatu iklan pop-up malah akan mengarahkan ke website tertentu yang mana didesain untuk menampilkan lebih banyak iklan atau tiba-tiba melakukan pemasangan aplikasi yang tidak Anda butuhkan. Lebih parahnya, aplikasi ini bisa berupa pendaftaran ke fasilitas SMS premium yang secara berkala memotong pulsa cukup banyak atau secara berkala menampilkan iklan di layar ponsel.

Sebenarnya iklan adalah suatu keniscayaan bagi hidupnya suatu website, hanya saja jika terlalu berlebihan akan berubah menjadi rasa jengkel, apalagi iklan pop-up tersebut menutup keseluruhan semua layar smartphone dengan tampilan iklan dan tidak memberikan opsi untuk menutupnya yang ditandai dengan ketiadaan tombol “CLOSE” atau “X”. Untuk itu di sini kami berpikir untuk merubah hal tersebut.

Meskipun teknik memblokir iklan pop-up ini tidak menjamin 100% akan menghilangkan iklan, setidaknya dengan praktek yang benar dalam menggunakan smartphone, Anda dapat dengan mudah menggunakan perangkat smartphone Android tanpa menemui kendala seperti di atas lagi.

Memblokir Iklan Pop-up di Smartphone Android

Untuk bisa memblokir iklan pop-up menjengkelkan di layar ponsel pintar Android, ada beberapa tekniknya yaitu dengan mengikuti beberapa tips di bawah ini:

1. Blokir Iklan Layar Penuh dari Aplikasi

Tidak hanya browser yang bertanggung jawab menampilkan suatu iklan ke layar smartphone, tetapi beberapa aplikasi juga melakukannya, dan aplikasi-aplikasi ini bertanggung jawab terhadap tampilnya iklan yang memenuhi layar. Bagaimana cara memblokirnya?, Pastikan Anda menggunakan ROM resmi dari pabrikan ponsel yang Anda gunakan. Penulis sering menerima keluhan dan pengguna ponsel Xiaomi yang merasa ponsel yang mereka gunakan sangat lambat dan bahkan ada banyak iklan hanya untuk membuka suatu aplikasi tertentu. Setelah dicek dengan seksama, ternyata ROM yang digunakan merupakan ROM distributor yang sudah sedemikian rupa dimodifikasi untuk men-generate banyak iklan sehingga memakan sumber daya atau resources smartphone yang berakibat menurunnya kinerja ponsel tersebut.

Untuk itu pastikan ROM yang digunakan adalah ROM resmi yang telah dioptimasi oleh pabrikan ponsel untuk smartphone bikinan mereka. Namun jika ROM yang Anda gunakan sudah resmi dan masih menemui banyaknya iklan pop-up yang bermunculan, maka lakukan proses scanning menggunakan aplikasi semacam malware remover, atau cek terlebih dahulu apakah ROM resmi yang Anda pakai mempunyai aplikasi sejenis. Biasanya aplikasi seperti ini sudah menjadi standar terpasang di ponsel, jika Anda tidak menemukannya, silakan merujuk ke Play Store untuk memilih satu diantara banyak yang cocok untuk Anda.

Jika Anda melihat kemunculan iklan pop-up di layar ponsel meskipun aplikasi browser sudah ditutup, ini artinya smartphone yang Anda miliki sudah terinfeksi dengan malware jenis adware. Jangan panik, lakukan proses scanning dan ikuti perintah selanjutnya dari aplikasi malware remover. Juga ingat-ingat kembali aplikasi apa yang terpasang sebelum munculnya iklan pop-up, karena kemungkinan besar aplikasi tersebut mempunyai kode adware di dalamnya.

Copot aplikasi tersebut merupakan tindakan yang sangat direkomendasikan guna meminimalisir kemunculan iklan pop-up di layar ponsel.

2. Blokir Iklan Pop-up di Browser Firefox dan Chrome

Kondisi internet sekarang ini tidak sebaik jaman dulu. Di jaman now, internet identik dengan iklan. Hal ini terlihat dari begitu massive-nya iklan terpampang saat kita mengunjungi situs berita. Kondisi ini sebenarnya cukup bisa dimaklumi karena situs-situs berita tersebut hidup dari dana iklan yang mengalir ke situs mereka.

Hanya saja dalam prakteknya terkadang tampilnya iklan terutama yang bermodel pop-up sudah semakin kelewatan alias berlebihan dan hal ini menjadi banyak keluhan pengguna internet terutama di perangkat smartphone.

Jika Anda mendapatkan begitu banyak iklan pop-up saat browsing maka sebaiknya Anda menon-aktifkannya langsung dari browser. Di dua browser yang populer digunakan di perangkat smartphone, yaitu Chrome dan Firefox, Anda mempunya kesempatan untuk men-disable atau menonaktifkan segala iklan pop-up yang muncul di suatu website. Di Firefox, cukup dengan memasang plugin ad-blocker dan salah satu yang direkomendasikan adalah uBlock Origin.

Sedangkan jika Anda menggunakan Chrome, sayangnya untuk versi Android, Chrome belum mendukung pemasangan plugin. Untuk memblokir iklan pop-up menggunakan Chrome d perangkat smartphone Android adalah dengan cara men-disable opsi Pop-up yang ada di menu pengaturan di Chrome seperti yang dijelaskan dengan gambar di bawah ini.

  • Buka Google Chrome yang ada di smartphone Android
  • Tap gambar tiga titik yang ada di kanan atas

Cara Jitu Blokir Iklan Pop-up di Android

  • Masuk ke menu Pengaturan dengan men-tap menu tersebut
  • Kini masuk ke pengaturan Advanced dan pilih Pengaturan Site

Inilah Cara Jitu Blokir Iklan Pop-up di Android

  • Kini opsi blokir Pop-up muncul seperti ditunjukkan pada gambar di atas.
  • Pastikan posisi pop-up telah terblokir dengan indikasi “Blocked” pada opsi “Pop-ups”

Kini Chrome di browser pada smartphone Android anda telah tersetting dengan benar dan siap beraksi menangkan segala pop-up yang muncul saat asyik menggunakan browser Chrome. Jika anda ingin memblokir iklan lebih agresif, gunakan aplikasi pihak ketiga lainnya seperti Opera Mini.

3. Blokir Iklan Pop-up di level DNS dengan file hosts

Layaknya komputer, sistem operasi Android menggunakan sisten DNS untuk memetakan berbagai alamat IP ke domain dan sebaliknya. Jika pada umumnya proses translasi ini dilakukan di DNS server dari tiap-tiap provider yang Anda gunakan, maka dengan memiliki file hosts yang berisi IP dan domain yang terindikasi sebagai sumber dari iklan, dan sudah disusun sedemikian rupa, proses pemblokiran iklan pop-up akan lebih efisien. Iklan yang terblokir pun tidak hanya iklan pop-up melainkan hampir seluruh jenis iklan.

Untuk menggunakan sistem pengaturan pemblokiran iklan ini diperlukan adanya hak akses root karena file hosts berada di folder /system yang hanya bisa diakses dengan menggunakan hak akses tertinggi, yaitu sebagai root. Salah satu penyedia file hosts sebagai cara untuk memblokir iklan di perangkat smartphone Android adalah Adaway yang tidak kita temukan di Play Store. Untuk bisa menggunakannya silakan langsung download langsung di situs Adaway.

Kehadiran iklan seperti pisau bermata dua, di satu sisi sangat membantu keberlangsungan sebuah website tetapi di sisi lain dianggap mengganggu keasyikan browsing. Untuk itu diperlukan solusi win-win yang memungkinkan pihak website tetap bisa melanjutkan kerja cerdasnya dengan penempatan iklan yang proporsional.

Inilah Cara Jitu Blokir Iklan Pop-up di Android |Wildan |4.5 | dibaca 460 kali