Ini Dia Kode Rahasia untuk Cek Baterai Ponsel Android

Cek Baterai Ponsel Android – Dalam berbagai kesempatan penulis sering mendapatkan pertanyaan bagaimana cara mengetahui kondisi baterai ponsel yang mereka punya masih bagus atau tidak. Pertanyaan ini sebenarnya bisa dijawab dengan mudah jika obyek yang ditanyakan adalah ponsel pintar seperti ponsel android. Karena secara default, ponsel pintar android mempunyai kode yang bisa diakses melalui menu dialpad untuk menghadirkan informasi kondisi baterai masih sehat atau tidak.

Kode rahasia ini bisa digunakan disemua ponsel android dan bisa menjadi rujukan informasi awal saat kita membeli ponsel yang baru maupun smartphone bekas. Dengan mengetahui kondisi baterai ponsel maka kita bisa mengambil keputusan jika mengalami masalah dengan baterai Android yang cepat penuh dan gampang sekali habis, terutama yang terus mengaktifkan ponselnya buat browsing, streaming atau online chatting di Android.

Pada dasarnya baterai Android akan cepat habis jika memiliki ukuran layar yang lebar, pengaturan kecerahan warna yang terlalu terang, wifi dan gps Android yang selalu aktif tetapi kapasitas baterai yang digunakan relatif kecil.

Lalu bagaimanakah cara melakukan cek kondisi battery Android dan Informasi ponsel Android ponsel yang bisa kita gunakan?. Berikut adalah tips sederhana mengetahui kondisi baterai smartphone android.

Cara Mengetahui Kondisi Baterai Smartphone Android

1. Pada menu dialpad ketikkan kode berikut *#*#4636#*#* (dilanjutkan dengan menekan ikon call), Kode ini akan memicu ponsel masuk ke menu tersembunyi yang ada di ponsel Android.
2. Menu tersembunyi ini menghadirkan beberapa informasi, Jika menggunakan ponsel android dengan Dual-SIM maka akan ada 2 menu “Phone Information” untuk tiap-tiap SIM Card yang digunakan. Untuk kali ini bukan menu ini yang kita akses melainkan menu pilihan “Battery Information”, Silakan pilih pilihan opsi ini.

3. Kini terlihat kondisi baterai di ponsel yang kamu gunakan. Jika terpampang kata “Good” maka kondisi baterai berarti sehat.

Dengan mengetahui kondisi baterai dalam kondisi sehat tetapi masalah baterai yang cepat habis masih terjadi, maka bisa dipastikan ada aplikasi yang sedang berjalan menggunakan baterai secara berlebihan. Jika hal ini terjadi coba remove aplikasi-aplikasi yang terindikasi mengakses fitur GPS atau mengikuti tips hemat baterai ala ponsel android Xiaomi.

Ini Dia Kode Rahasia untuk Cek Baterai Ponsel Android |Henry |4.5 | dibaca 530 kali