Ini Dia Bocoran Spesifikasi PlayStation 5

Spesifikasi PS 5 – Konsol game terdepan dan terpopuler yang dikenal sebagai PlayStation kembali muncul dengan berita bocoran yang baru. Konsol yang akan dinamakan PlayStation 5 ini dikabarkan mempunyai spesifikasi kelas “dewa” dengan salah satu hardwarenya disebutkan akan menggunakan kartu grafis paling canggih.

Tentu hal ini sangat menggembirakan bagi para gamer hardcore yang sudah tidak puas dengan kinerja hardware Playstation 4 untuk menunjang rasa dahaga mereka akan game-game terbaru yang menyajikan pengalaman bermain game ke tingakt yang lebih tinggi. Bahkan dengan versi upgrade PlayStation 4 dengan PS 4 Slim ataupun PS4 Pro sepertinya penantian akan PS 5 sudah menjadi sesuatu hal yang wajib ditunggu.

Spesifikasi PlayStation 5

Dari bocoran berita tersebut dikatakan PS5 akan menggunakan perangkat keras atau hardware yang setara dengan PC gaming yang seharga belasan juta rupiah. PlayStation 5 akan menggunakan kartu grafis terpisah, yang artinya akan meninggalkan arsitektur kartu grafis yang tertanam atau menjadi satu dengan prosesor yang dipakai atau dinamakan APU (Accelerated Processing Unit).

Kartu grafis terpisah yang akan digunakan PS5 akan terpasang layaknya kita jumpai di PC gaming. Kemampuannya pun akan setara dengan performa yang dimiliki oleh Nvidia Geforce GTX 1070 atau AMD Vega. Tentunya hal ini akan menjadi sebuah pertanyaan besar bagi para pecandu konsol Playstation, berapa harga yang harus mereka tebus untuk membawa pulang PS5 karena kartu grafis Geforce GTX 1070 saja sudah dibanderol dikisaran harga Rp 6 jutaan.

Meskipun demikian, berita tentang PS5 ini menjadi menarik dan pastinya tiap gamer sudah menyiapkan diri mereka untuk meminangnya, toh seperti kita ketahui, pengguna PS4 sebagian besar merupakan orang dewasa yang mempunyai penghasilan sendiri. Artinya PS5 tetap menjadi konsol game yang ada di daftar wishlist mereka karena PS5 akan menjadi konsol dengan spesifikasi tercanggih dalam sisi grafis. Tak cuma itu, VGA (Video Graphics Array) terbaru yang ada di konsol ini juga akan menjadi kesempatan baru untuk mengekploitasi bermacam fitur pada game berbasis teknologi VR (virtual reality).

Perkiraan Harga Playstation 5

Lalu kapan Sony merilis PlayStation 5?, sepertinya hal ini masih belum bisa dipastikan dalam rentang waktu 2-3 tahun ke depan. Karena seperti kita ketahui, life cycle atau masa edar suatu konsol video game memiliki waktu yang cukup panjang. Contohnya saja saat transisi PS3 ke PS4, butuh waktu sekitar tujuh tahun agar Sony bisa mempersiapkan peluncuran PS4 pada 2013. Jadi, dengan kata lain, Sony bisa saja akan merilis konsol teranyarnya tujuh tahun kemudian pada 2020.

Penulis sendiri yang meenggunakan konsol PS4 model fat dengan nomer seri CUH1206 sudah sangat puas, sejak kali pertama beli, PlayStation 4 ini sangat bagus performanya. apalagi ditunjang dengan kecepatan internet 10Mbps yang sangat berguna saat melakukan proses update game yang besaran filenya sangat besar hingga 40GB untuk 1 game saja.

Bisa jadi, jika harga PS5 saat dirilis nanti direntang harga 5-6 juta, akan sangat banyak yang membelinya. Tetapi saya akan menunggunya beberapa saat dulu hingga munculnya versi hardware yang lebih oke seperti yang terjadi di konsol PS4, dimana di versi terdahulu hardware PlayStation 4 banyak dijumpai adanya problem Disc yang keluar atau eject secara tidak sengaja.

Ini Dia Bocoran Spesifikasi PlayStation 5 |Wildan |4.5 | dibaca 427 kali