Ini Cara Hemat Data di Smartphone yang Paling Keren dengan Aplikasi Datally

Sejak kehadiran era ponsel pintar alias smartphone dan semakin intensnya para pengguna ponsel terkoneksi ke Internet, penggunaan data telah naik secara signifikan dan tentu saja hal ini menjadi berita bagus bagi para operator. Apalagi di era jaman now, aplikasi social media seperti Instagram dan snapchat dan aplikasi lainnya yang sejenis dengan mudah menyedot kuota data yang tersedia. Tentu hal ini menjadi berita buruk bagi kita yang belanja kuota data terbatas tiap bulannya. Lalu adakah cara hemat data di smartphone yang mudah dan tanpa banyak melakukan perubahan di menu pengaturan pada ponsel?.
Cara Hemat Data di Smartphone
Android pada dasarnya memiliki fitur penghemat data yang sudah tersedia di dalamnya dan hal ini juga diberikan oleh pabrikan android yang memberikan solusi penghemat kuota data di ponsel buatan mereka. Dan juga jika ingin sedikit bersusah payah untuk mencarinya di PlayStore, banyak aplikasi sejenis yang tersedia, namun lagi-lagi aplikasi tersebut kurang memenuhi apa yang dibutuhkan oleh pengguna ponsel pintar. Dan kini, Google mengenalkan aplikasi penghemat data buatannya sendiri yang dinamakan Datally. Nama yang cukup aneh bukan?, mungkin nama aplikasi ini merupakan kombinasi dari kata Data dan Ally (Sekutu?) atau Data dan Tally. Keduanya toh cukup masuk akal untuk dijadikan nama kombinasi dari aplikasi penghemat data dari Google ini yaitu Datally.

Aplikasi ini bertujuan untuk membantu Anda untuk lebih mengetahui kemana sebagian besar kuota data terpakai dan membantu Anda untuk memangkas penggunaan datanya, disinilah letak kelebihan Datally dari aplikasi penghemat data lainnya. Datally juga memberikan informasi ke Anda untuk mengontrol adanya pemborosan pemakaian kuota data yang tersedia. Aplikasi ini cukup sederhana dengan tampilan yang cukup informative tanpa bertele-tele dan ini menjadi suatu nilai tambah tersendiri.

Jika menilik pada aplikasi penghemat data dari Opera yaitu OperaMax, yang mana memiliki kemampuan yang cukup bagus dalam menghemat kuota data tapi user interfacenya sedikit berantakan. Aplikasi penghemat data bikinan Google ini sangat sederhana, dan hanya waktu yang bisa menjawabnya apakah mampu mengalahkan efesiensi yang ada pada OperaMax.

Cara Pasang Aplikasi Datally

Aplikasi Datally dari Google bisa didownload langsung dari PlayStore dan langsung bisa digunakan untuk memonitor penggunaan kuota data yang Anda miliki dan melakukan berbagai tindakan penghematan data berdasarkan hasil monitoring yang ada. Selain itu aplikasi Datally memiliki fitur sebagai berikut:

  • DATA SAVER – Mampu menghemat kuota data internet hingga 30% melalui pengontrolan penggunaan data pada tiap-tiap aplikasi yang digunakan. Juga mampu mengontrol dan membatasi seberapa banyak kuota data yang digunakan pada aplikasi tertentu sehingga kuota data yang ada bisa digunakan pada aplikasi yang memang benar-benar kita inginkan.
  • DATA SAVER BUBBLE – Penggunaan data secara real time dapat terlihat di posisi layar Home ataupun pada saat membuka aplikasi Datally, dan mampu melakukan blokir pengunaan data pada aplikasi yang dirasa sudah terlalu banyak menggunakan kuota data.
  • DATA USAGE METRICS – Adanya data lengkap dari penggunaan data yang digunakan pada smartphone, termasuk histori pemakaian, trending dari pemakaian data serta penggunaan dari tiap-tiap aplikasi.
  • PERSONALIZED RECOMMENDATIONS – Aplikasi Datally dapat memberikan hilit pada penggunaan data, informasi kecepatan jaringan WiFi, dan mengingatkan untuk menyalakan fitur penghemat kuota data.
  • WI-FI FINDER –Fitur yang cukup berguna dengan menginformasikan jaringan WiFi terdekat dari posisi Anda termasuk informasi perkiraan jaraknya. Sebelum terkoneksi ke suatu jaringan Wifi, Anda dapat melihat review dari pengguna Datally lainnya terhadap jaringan WiFi tersebut dan tentu saja Anda dapat memberikan review pada jaringan WiFi tersebut.

Cara Menggunakan Aplikasi Datally

Setelah aplikasi terpasang di smartphone, kini buka aplikasi Datally dan akan menanyakan beberapa izin yang diperlukan. Aplikasi ini membutuhkan izin untuk mengakses ponsel Anda, SMS, dan lokasi untuk beberapa alasan. Tentu saja, termasuk membutuhkan akses untuk memonitor penggunaan data pada aplikasi yang Anda gunakan. Caranya cukup mudah yaitu dengan tap menu “OPEN USAGE ACCESS” dan aplikasi akan mengarahkan Anda ke halaman pengaturan yang diinginkan.

Disini Anda dapat melakukan tap pada aplikasi Datally kemudian mengaktifkan layanannya. Untuk kali pertama, apliaksi Datally tidak akan menyajikan informasi apapun karena data yang terkumpul belum ada. Jadi untuk sementara tidak banyak yang bisa Anda lakukan kecuali melakukan seting pengaturan dengan men-tap menu Set Up Now. Nantinya setelah beberapa waktu, aplikasi akan mengumpulkan informasi pemakaian data dan pemakaian aplikasi, disilah Datally akan sangat berguna. Datally akan membantu Anda untuk melakukan penelusuran pemakaian data secara real time dan juga memberikan rekomendasi penghematan data.

Untuk sementara, aplikasi Datally sepertinya baru bis abekerja dengan kuota mobile data meskipun Datally bisa juga digunakan untuk menghemat data di jaringan WiFi. Saat kami gunakan aplikasi ini pada jaringan WiFi untuk beberapa saat dan melakukan pemakaian data yang banyak. Tidak ada tanda-tanda jika aplikasi penghemat data Datally bekerja disaat terkoneksi ke jaringan WiFi.

Kebanyakan fitur yang tersedia di Datally tidak membuat Anda WOW terlebih jika telah menggunakan smartphone Android cukup lama. Hal ini dikarenakan system operasi besutan Google ini sudah memiliki sebagian besar fitur yang sudah terpasang secara bawaan dan tidak ada alasan untuk percaya jika Datally akan melakukan penghematan dan monitoring data lebih baik. Sisi positif dari Datally adalah tampilan yang sangat sederhana, cantic dan secara keseluruhan lebih baik dari fitur bawaan Android itu sendiri. Datally merupakan upaya dari Google untuk memudahkan pengguna ponsel pintar Android yang merasa kesusahan untuk menggunakan fitur monitoring dan penghemat data yang memang sudah ada di dalam system operasi Android itu sendiri.

Baca juga: Setting Unlock Face ID di Android

Datally sebagai aplikasi yang berdiri sendiri merupakan jalan termudah bagi para pengguna smartphone untuk menemukan dan mengingat bagaimana cara menggunakan penghemat data. Meskipun masih ada beberapa hal yang tidak ada diaplikasi Datally seperti kuota tersisa di kuota data, fitur ini akan tersedia di versi update yang sekarang masih dikerjakan oleh Google. Update juga akan memberikan kemampuan aplikasi untuk secara aktif memberikan peringatan pemakaian data.
Semoga saja, seperti layaknya aplikasi dari Google lainnya, Datally akan selalu diupdate dengan beragam fitur baru dan memiliki efesiensi penghematan data yang tinggi dibandingkan dengan aplikasi sejenis. Toh Google mempunyai banyak data yang bisa digunakan untuk melakukan hal tersebut.

Ini Cara Hemat Data di Smartphone yang Paling Keren dengan Aplikasi Datally |Edwin Geral |4.5 | dibaca 40 kali