Ini 5 Tips Cara Aman Berinternet, Salah Satunya Jangan Gunakan WiFi Publik

Tips Aman Berinternet – Berinternet kini telah menjadi kegiatan yang jamak dilakukan setiap orang guna mencari informasi, bersosial media bahkan bermain game. Namun tanpa disadari banyak pengguna yang tidak bertanggung jawab mencoba untuk menerobos keamanan smartphone orang lain. Caranya pun beragam dan sebagian besar menggunakan kelalaian atau kesalahan pengguna ponsel pintar.

Jika kamu sangat perhatian terhadap keamanan saat berinternet, maka beberapa kelalaian berikut ini harus dihindari karena menjadi celah bagi para hacker meng-ekploitasi kelemahan sistem sehingga mampu menerobos firewall yang ada hingga berakibat pada adanya ancaman peretasan data.

Ada 5 kesalahan atau kelalaian yang jamak dilakukan oleh pengguna saat berinternet. Kelalaian inipun cukup sepele seperti penggunaan password yang sederhana dan sering diacuhkannya pembaruan atau update OS.

5 Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Berinternet

Mari kita simak satu persatu kesalahan yang harus dihindari saat kamu berinternet, meskipun hal ini terkadang sepele tetapi sangat berpengaruh pada keamanan data baik di komputer, laptop dan tentunya perangkat genggam seperti ponsel dan tablet.

1. Menggunakan password yang mudah
Menggunakan password yang mudah diingat, ternyata berisiko bisa dibobol hacker. Pasalnya, kombinasi password yang terlalu sederhana bisa di-crack dengan mudah. Karena itu, coba buat password dengan kombinasi yang cukup rumit. Kalau bisa, gabungan karakternya terdiri dari angka dan huruf kapital maupun huruf kecil.

2. Tidak menggunakan password manager
Menggunakan password manager tentu memudahkan kita semua untuk menyimpan password yang dipakai untuk beberapa akun media sosial. Tak cuma itu, password manager tertentu menghadirkan fitur pilihan untuk memakai password dengan kombinasi yang rumit.
Dengan begitu, pengguna punya alasan untuk menggunakan beberapa jenis password yang berbeda ke beberapa akun, agar terhindar dari peretasan.

3. Tidak menggunakan otentifikasi dua faktor
Jika kamu menggunakan password dengan kombinasi rumit dan password manager, langkah selanjutnya adalah mengatur otentifikasi dua tahap untuk meningkatkan keamanan akun media sosial kamu. Sayangnya, langkah ini juga sering diabaikan pengguna media sosial.
Dengan menggunakan otentifikasi dua tahap, secara otomatis saat log in pengguna akan mendapatkan kode khusus untuk masuk ke akun media sosial pribadinya.

4. Sering menggunakan WiFi Publik
Menggunakan WiFi publik ternyata juga berisiko diretas. Sekadar saran, jangan gunakan WiFi publik seolah-olah seperti WiFi pribadimu.
Gunakan WiFi publik seperlunya, kalau bisa jangan akses email pribadi dan media sosial saat memakai WiFi publik. Jika terpaksa, pastikan kamu harus log out akun media sosialmu sebelum beranjak putus koneksi dari WiFi publik.

5. Tidak meng-update OS
Tahukah kamu, jika tidak meng-update OS juga berisiko menimbulkan isu keamanan serius? Ya, setiap sistem operasi yang di-update, baik itu dari Apple, Google, dan Microsoft, pastinya selalu menghadirkan patch keamanan terbaru. Patch ini, diketahui bisa memperbaiki celah keamanan yang dapat dieksploitasi hacker. Contoh saja, serangan ransomware WannaCry yang ke perangkat Windows yang OS-nya tidak di-update. Jadi, setiap kali kamu mendapat notifikasi update OS, segera perbarui.

Jika melihat kelima kesalahan yang umum dilakukan saat berinternet di atas, maka terlihat kesalahan atau kelalaian tersebut cukup sepele dan seharusnya bisa dihindari dengan segera. Apalagi sekarang ini banyak tool baik gratisan maupun berbayar yang bisa digunakan oleh banyak orang untuk melakukan peretasan atau hacking.

Jadi lebih baik membiasakan diri sejak awal menghindari kelima kesalahan di atas agar kedepannya saat menggunakan laptop, komputer maupun ponsel sudah terbiasa untuk membentengi diri dari ancaman peretasan data.

Ini 5 Tips Cara Aman Berinternet, Salah Satunya Jangan Gunakan WiFi Publik |Henry |4.5 | dibaca 134 kali