Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Upgrade ke MIUI 7

perintahdasar.com – Xiaomi telah merilis MIUI 7 versi Global dan China yang stabil secara serentak -kemaren lusa- di tanggal 27 Oktober 2015, dan sejak saat itu banyak fans MIUI yang segera melakukan upgrade versi MIUI mereka ke MIUI 7. Namun tidak sedikit juga yang masih ragu, apakah MIUI 7 Stable benar-benar dapat diandalkan untuk menggantikan MIUI 6 Stable. Hal ini dikarenakan banyak fans MIUI yang sedikit kecewa dengan kinerja MIUI 7 Beta Developer.

Tentunya hal ini wajar karena ekspektasi yang terlalu tinggi sedangkan pada aktualnya performa MIUI 7 tidak mencapainya. Lalu bagi yang belum melakukan upgrade ke MIUI 7 maka perlu membaca hal-hal yang perlu diketahui di bawah ini sebelum melakukan upgrade ponsel Xiaomi mereka ke versi MIUI 7 Stable.

MIUI 7 versi Stable, apa artinya?. MIUI memiliki tiga jalur pengembangan ROM yang terdiri dari Eksperimental, Developer dan Stable. Versi eksperimental mendapatkan update tiap hari dan hanya dapat diakses oleh sebagian kecil anggota forum senior. Versi MIUI eksperimental ini mempunyai fitur baru dan perbaikan pada bug yang harus di test terlebih dahulu oleh para anggota senior tersebut sebelum masuk menjadi versi developer, versi ini tidak perlu digunakan, biarkanlah ini menjadi bagian dari member senior, tidak usahlah hidup kita dipersulit lagi dengan mendapatkan bug-bug yang serius pada ponsel Xiaomi yang sedang kita gunakan.

MIUI 7 Global Stable

Versi Developer terdiri ada dua versi, untuk versi China diupdate tiap minggu sedangkan versi Global tiap dua minggu. Sama dengan versi eksperimental, versi Developer juga mempunyai fitur baru dan bug fix tetapi versi ini lebih stable dan bisa digunakan dalam kegiatan sehari-hari.

Versi yang terakhir adalah versi Stable yang tidak mempunyai jadwal update yang tetap. Update versi Stable bisa saja dilakukan sekali dalam sebulan, atau sekali dalam dua bulan bahkan lebih lama. Di versi ini, kecepatan update bukanlah kata kunci melainkan kestabilan ROM yang menjadi tolak ukurnya. Sebagai pengguna awam yang tidak dianugerahi kemampuan oprek dan waktu yang terbatas, maka versi Stable MIUI merupakan versi ROM yang sangat direkomendasikan untuk digunakan.

Perangkat Xiaomi yang Mendapatkan Upgrade ke MIUI 7 Stable

Perangkat ponsel Xiaomi yang mendaptkan upgrade MIUI 7 Stable untuk versi Global adalah sebagai berikut: Mi 3, Mi 4, Mi Pad, Mi Note, Redmi 1S 3G, Redmi Note 4G, Redmi 2/ Prime., dan nantinya akan diikuti oleh perangkat ponsel Xiaomi lainnya.

Lalu bagaimana cara melakukan upgrade ke MIUI 7 Stable?, Metode upgrade bergantung pada versi MIUI mana yang sekarang kamu gunakan. Jika kamu menggunakan versi MIUI 5 atau MIUI 6 versi Stable, maka proses update dapat dilakukan secara langsung melalui OTA atau Over The Air. Namun jika dirasa lama untuk mendapatkannya dan ingin segera menggunakannya, maka lakukan flash secara manual melalui metode Recovery atau menggunakan aplikasi Mi PC Suite.

Sedangkan jika kamu menggunakan versi Developer baik versi China atau Global, maka proses flash ROM dapat dilakukan setelah melakukan wipe all user data. Hal ini sangat perlu karena, penulis merasakan sendiri saat proses flash melalui recovery dari versi Developer ke versi Stable, ponsel setelah boot-up mengalami lag yang parah, solusinya dengan masuk ke recovery lagi dan lakukan wipe all user data, baru kemudian ponsel kembali bekerja dengan normal.

Apa yang harus dilakukan sebelum upgrade ke MIUI 7 Stable?, Lakukan backup, terutama bagi ponsel Xiaomi yang tidak mempunyai slot microSD seperti Mi3 dan Mi4. Penulis baru saja membantu teman yang menggunakan Mi4 dan harus kehilangan data karena terlupa untuk melakukan backup, hal ini terjadi karena pemilik Mi4 melakukan wipe SD Card dan all user data sehingga internal storage ponsel Mi4 akhirnya ikut terhapus.

MIUI 7 Global Stable menawarkan beberapa hal yang patut kita perhatikan, yaitu:

  1. Kecepatan – diklaim kecepatan respon system ponsel akan meningkat secara drastic di angka 30%
  2. Kemampuan meningkat di angka 10%, baterai akan mendapatkan waktu tambahan.
  3. MIUI 7 memiliki 5 themes resmi yang bisa kamu pilih
  4. Nyaman digunakan terutama adanya fitur adjustable font size yang bisa digunakan dari yang kecil sampai yang besar sekali dan ini semua mampu dioptimalkan di layar yang kecil
  5. Dapat membuat album anak sehingga dengan album tersebut kita bisa tahu perkembangan anak dari hari ke hari
  6. Fitu Child Mode yang sangat berguna untuk membatasi aplikasi apa saja yang bisa diakses oleh anak saat menggunakan ponsel kita.
  7. Showtime, fitur yang baru tersedia di India yang berguna untuk menampilkan photo profile atau video profile ketika kamu melakukan panggilan.
  8. Exploration, fitur yang juga hanya tersedia di region India untuk menampilkan photo-photo yang bisa berputar sesuai dengan posisi ponsel.

Dari pengalaman penulis, dibandingkan saat menggunakan MIUI 7 versi Developer, maka versi stable ini sangat-sangat memuaskan meskipun menggunakan Redmi 2 yang biasa dengan RAM 1GB. Jadi untuk pengalaman MIUI 7 di Redmi 2 sangatlah memuaskan dan pastinya akan sangat memuaskan lagi jika menggunakan ponsel Xiaomi dengan RAM lebih dari 1GB seperti Redmi Note 4G dan Mi4. Di kedua ponsel dengan RAM yang besar tersebut, performa MIUI 7 lebih terasa, lebih gegas dan lebih stabil.

Jadi tetep di MIUI 6?, bisa penulis katakan anda akan menyesal tanpa menggunakan MIUI 7.

Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Upgrade ke MIUI 7 |Henry |4.5 | dibaca 147,468 kali