Flash Redmi 2 ke ROM versi 6.5.0.1 dengan Metode Fastboot

Flash Redmi 2 Fastboot – Kali ini penulis mencoba menuliskan langkah demi langkah dari apa saja yang telah dilakukan saat mengembalikan Redmi 2 dari crDroid ROM ke official stock ROM versi 6.5.0.1 dengan metode fastboot. Perlu diingat langkah di bawah ini juga bisa dilakukan jika Redmi 2 mengalami soft brick.
Sebagai informasi, Soft brick adalah kondisi dimana hape android mengalami salah flashing ROM, salah flash image recovery atau tetiba koneksi antara hape dan PC terputus saat proses flash terjadi sehingga saat boot-up hanya muncul logo produsen hapenya saja.

Oke, kita kembali ke Redmi 2. Kali ini penulis ingin menggunakan kembali miui 6 yang telah penulis rasakan di versi 6.4.4 kemudian karena kurang greget akhirnya Redmi 2 di-flash ke crDroid ROM. Untuk menghemat waktu proses unroot, flash stock recovery dan lain-lain, maka dengan cara fastboot device android menjadi seperti baru keluar dari pabrik. Kali ini berhubung link download untuk versi 6.5.0.1 sudah ada maka sekalian saja penulis flash Redmi 2 yang sudah running well dengan crDroid ROM kembali ke miui.

Untuk keperluan flash Redmi 2 ke versi 6.5.0.1 dengan fastboot harus menggunakan MiFlash tool yang ada di MiPhone software, kemudian file TGZ dari ROM fastboot.

Step by Step Flash Redmi 2 dengan Fastboot

Step 1 – Download ROM fastboot Redmi 2
Step 2 – Download MiPhone untuk instalasi MiFlash
Step 3 – Extract ROM fastboot Redmi 2 di root directory dari partisi hard disk di PC atau laptop. Misalkan langsung diekstract di direktori C: atau di direktori D:
Step 4 – Install MiPhone untuk mendapatkan MiFlash tool juga untuk menginstall driver yang dibutuhkan nantinya saat Redmi 2 dihubungkan ke PC/laptop.
Step 5 – Open MiFlash Tool, posisi instalasi biasanya ada di C:Program Files (x86)XiaomiMiPhone untuk yg memakai PC/laptop 64bit sedangkan untuk yang 32bit ada di C:Program FilesXiaomiMiPhone
Step 6 – Select Browse, posisikan difolder dimana ROM fastboot Redmi 2 berada
Step 7 – Pilih “Advanced” lalu aka nada menu spt gambar berikut. Untuk flash system layaknya dari pabrik maka pilih “flash_all.bat” dengan menekan tombol browse.
Step 8 – Kosongkan opsi Nv Boot ScriptStep 9 – Biarkan menu lainnya yang terisi secara default karena pada dasarnya saat kita menentukan folder dimana ROM fastboot Redmi 2 seperti di awal sudah menentukan isi dari menu-2 tersebut.
Step 10 – Turn-Off Redmi 2, power-up ke posisi fastboot mode dengan cara menekan tombol volume down+power secara bersamaan.
Step 11 – Plug Redmi 2 ke PC dengan kabel USB yang ada, saat dihubungkan ke PC/laptop maka secara otomatis PC akan menginstall driver yang dibutuhkan.
Step 12 – Press Refresh button yang ada di MiFlash tool, pastikan device Redmi 2 sudah dikenali seperti gambar di bawah.
Step 13 – Press tombol Flash, pastikan tidak ada interupsi saat proses flashing berlangsung. Jangan khawatir, proses flash ini cukup singkat, biarkan saja sampai benar-2 proses flash komplit.miflashSetelah proses flash selesai, maka Redmi 2 akan dengan sendirinya reboot. Jika dirasa lama, maka lakukan secara manual dengan melepas dan memasangkan kembali baterai. Biarkan beberapa saat untuk proses reboot pertama kali dimana logo mi muncul di layar.Setelah proses boot-up selesai, setting Redmi 2 seperti layaknya hape android yang baru pertama kali diflash. Untuk ROM fastboot Redmi 2 versi 6.5.0.1 merupakan ROM versi global karena secara default sudah kita temukan aplikasi Google lengkap termasuk Google Play Store.

Jika dibandingkna dengan versi ROM global redmi 2 di 6.4.4, maka akan kita temukan 2 aplikasi tambhan yaitu swiftkey keyboard dan WPS Office. Untuk performance, penulis merasa masih sama dengan versi ROM global 6.4.4 tetapi banyak yang melaporkan jika bug USSD code di sim card 2 sudah fix.

Flash Redmi 2 ke ROM versi 6.5.0.1 dengan Metode Fastboot |Henry |4.5 | dibaca 186,060 kali