Flash Mi4i dengan Fastboot ROM

perintahdasar.com – Akhirnya ponsel andalan terbaru Xiaomi yang dinamakan Mi4i mendapatkan update terbaru meskipun hanya minor update. Update terbaru ini hanya berupa optimalisasi fitur kamera dan perbaikan pada fitur Gallery, dibandingkan dengan versi update pada ROM sebelumnya yaitu versi 6.5.5.0, update terbaru ROM ini tidak begitu signifikan meskipun perlu. Update dilakukan melalui OTA tetapi bagi yang ingin mendapatkan ponsel Mi4inya baru layaknya keluar dari pabrik, maka flash dengan metode Fastboot ROM adalah cara yang tepat.

Flash Mi4i dengan fastboot ROM merupakan satu-satunya cara untuk menghapus keseluruhan data yang ada di ponsel sebagai solusi dari beberapa isu yang muncul akibat bug yang ada. Meskipun demikian kita tetap memerlukan fastboot ROM yang stable dan sudah dipercaya dapat menyelesaikan masalah mendasar pada ponsel.

Mi4i Fastboot ROM v6.5.6.0

Flash dengan fastboot ROM pada dasarnya adalah sama dengan flash menggunakan recovery ROM. Hanya metodenya saja yang berbeda. Jika menggunakan recovery ROM, flashing ROM menggunakan Mi recovery dan biasanya ini dilakukan secara OTA. Sedangkan jika dengan fastboot ROM, harus menggunakan Mi Flash tool selain fastboot ROM itu sendiri. Sehingga jika kita ingin melakukan flash pada ponsel, pastikan versi ROM yang digunakan cocok.

Cara Flash Mi4i dengan Metode Fastboot ROM V6.5.6.0

Step 1 – Download Fasboot Rom Mi4i V6.5.6.0 kemudian ekstrak ke folder di PC

Step 2 – Download Driver for Fastboot ROM Mi4i lalu install driver tersebut

Step 3 – Download Tool MiFlash Mi4i, install, lalu buka aplikasi tersebut, pastikan semua driver benar-benar terinstall dengan benar karena ini penting untuk memastikan proses fastboot berjalan dengan mulus.

Step 4 – Load file .bat di folder hasil ekstrak fastboot ROM

Step 5 – Matikan ponsel, masuk ke menu fastboot dengan menekan tombol volume down+power

Step 6 – Hubungkan ponsel ke PC dengan kabel bawaan Mi4i

Step 7 – MiFlash kini akan mendeteksi adanya koneksi ponsel

Step 8 – Tekan tombol flash pada aplikasi MiFlash, tunggu hingga benar-benar selesai.

Step 9 – Logo mi akan muncul untuk kali pertama, diamkan dulu. Jika logo mi muncul kedua kali disertai dengan tulisan “powered by android”, maka kabel usb bisa dicabut.

Kini proses boot-up akan berlanjut. Setelah ponsel selesai boot-up, kini ROM terbaru Mi4i di versi 6.5.6.0 telah terinstall. Silakan dilanjutkan kembali untuk melakukan setting pada ponsel yang diperlukan. Hanya saja untuk kali pertama, silakan masuk ke About Phone untuk melihat apakah ROM yang terinstall sesuai dengan yang diinginkan.

Selain digunakan untuk proses upgrade, metode flash menggunakan dengan metode Fastboot ROM juga bisa digunakan untuk memperbaiki softbrick atau melakukan unbrick Mi4i. Kejadian brick pada Mi4i biasanya dikarenakan flash dengan ROM yang tidak cocok, saat flash tetiba koneksi antara PC dan ponsel terputus, atau recovery ROM yang digunakan corrupted sehingga adanya ketidakstabilan system. Solusi dari itu semua adalah dengan melakukan flash menggunakan fastboot ROM.

Flash Mi4i dengan Fastboot ROM |Henry |4.5 | dibaca 61,017 kali