Fitur MIUI 9 dan Cara Upgrade ke Smartphone Xiaomi

ROM MIUI 9 Global Beta akhirnya secara resmi telah dirilis ke public dengan nomer versi ROM 7.8.10. ROM yang dijuluki “The Lightning Fast MIUI 9” ini baru mendukung perangkat smartphone Redmi Note 4 Qualcomm, Redmi Note 4X dan Mi 6 sebagai gelombang pertama dari 3 batch yang akan dirilis oleh Xiaomi untuk menuntaskan proses upgrade ke semua perangkat smartphone mereka.

ROM MIUI 9 Global Beta

Xioami merilis upgrade ROM MIUI 9 Global terbagi dalam 3 tahapan, yang mana untuk kedua tahapan selanjutnya masih belum ada kepastian akan dirilis. Namun dalam tahapan berikutnya banyak perangkat smartphone Xiaomi yang akan didukung, berikut adalah tahapan tersebut

Tahap 1 dukungan ROM MIUI 9 Global diberikan ke smartphone Redmi Note 4 Qualcomm/ Redmi Note 4X and Mi 6. Tahap 2 akan mendukung smartphone Mi MIX, Mi Note 2, Mi 5, Mi 5s, Mi 5s Plus, Mi Max 2, Mi Max, Redmi 4, dan Redmi 4X. Sedangkan di tahap yang ketiga atau yang terakhir, dukungan ROM MIUI 9 Global akan diberikan ke smartphone Redmi 2, Redmi 2 Prime, Mi 3, Mi 4, Redmi Note 3 Qualcomm, Redmi Note 3 Special Edition, Redmi Note 4 MTK, Mi 4i, Redmi Note 2, Redmi Note Prime, Mi 2, Mi 2S, Mi Note, Redmi 3, Redmi 3 Prime, Redmi 3S, Redmi 3S Prime, dan Redmi 4A

Dari ketiga tahap perilisan ROM MIUI 9 Global, ternyata ada smartphone Xiaomi yang tidak didukung lagi yaitu Redmi 1S yang terpaksa harus menerima nasib hanya bisa menggunakan MIUI 8 sebagai ROM resmi yang terakhir. Tentu saja hal ini wajar dilakukan karena keterbatasan sumber daya hardware yang ada di Redmi 1S sehingga Xiaomi secara sadar meninggalkan ponsel yang cukup popular ini tanpa ROM MIUI 9.

Cara Upgrade ke MIUI 9

Proses upgrade ke ROM MIUI 9 Global cukup sederhana sepanjang smartphone yang Anda gunakan masih menggunakan Rom MIUI resmi dari Xiaomi. Meskipun dalam beberapa kasus tertentu, proses upgrade ke MIUI 9 harus dilakukan dengan menggunakan metode fastboot.
Untuk melakukan upgrade ke MIUI 9 perlu dilakukan dengan beberapa hal sebagai berikut:

1. Lakukan Backup semua data yang ada di smartphone sebelum upgrade ke ROM MIUI 9
2. Jika Anda menggunakan ROM MIUI 5, MIUI 6, MIUI 7, dan MIUI 8 versi stable, maka sangat disarankan untuk melakukan proses upgrade ke MIUI 9 menggunakan metose fastboot.
3. Jika Anda menggunakan ROM MIUI 8 Global Beta, proses update bisa menggunakan tool aplikasi “Updater” yang ada di smartphone dengan men-tap tombol “Check for updates”
4. Jika smartphone Anda ter-lock, lakukan proses unlock terlebih dahulu sebelum melakukan proses menggunakan metode fastboot.
5. Bagaimana cara flash Rom mIUI 9?, di artikel berikutnya akan kami tampilkan tutorial langkah demi langkah bagaimana cara melakukan flashing ke Rom MIUI 9 Global Beta.

Fitur Resmi ROM MIUI 9 versi Global Beta 7.8.10

Di versi pertama dari ROM MIUI 9 Global beta dengan nomer versi 7.8.10 sudah banyak fitur baru yang diberikan oleh tim developer Xiaomi. Mulai dari ikon yang lebih segar dan dinamis juga adanya optimasi system ke level yang lebih dalam guna mendapatkan berbagai perbaikan dan peningkatan performa. Berikut adalah beberapa fitur dan optimasi system yang dimaksud:

New – Deep-level system optimizations (08-07)
New – New icons (08-07)
New – New animations for launching and exiting apps (08-07)
New – Simpler Home screen editing (08-07)
New – Introducing Split screen (08-07)
New – Improved Silent mode triggered by the volume button (08-07)
New – Improved readability for the start page of Messaging (08-07)
Optimization – Devices with rare Bluetooth profiles are hidden in the device list (07-25)
New – Search for apps in the Dual apps settings (08-03)

Link Download ROM MIUI 9 Global Beta 7.8.10

Rom MIUI 9 yang memiliki jargon “The Lightning Fast of MIUI” diharapkan oleh Xiaomi sebagai jawaban atas keinginan pengguna smartphone mereka untuk mendapatkan system smartphone yang lebih ringan, kaya akan fitur, hemat baterai dan memiliki tampilan yang segar serta pengalaman menggunakan ponsel yang menyenangkan.

Tentu saja hal ini baru akan terjawab jika Anda telah menggunakan ROM MIUI 9 di smartphone. Untuk itu dalam tahap pertama ini hanya ada 3 perangkat smartphone yangberuntung untuk mendapatkannya, dan berikut adalah link download untuk MIUI 9 global Beta 7.8.10.

– Mi 6
Recovery 1460M
Fastboot 2035M

– Redmi Note 4 Qualcomm / Redmi Note 4X
Recovery 1424M
Fastboot 2020M

ROM MIUI 9 Global ini masih dalam tahap beta, meskipun bisa digunakan di smartphone utama untuk beraktivitas sehari-hari, tetap perlu mewaspadai adanya glitch atau kemungkinan bug yang timbul. Untuk itu bagi pengguna awam, lebih baik menunggu hingga versi MIUI 9 Global stable sudah siap digunakan, kecuali jika ingin segera menikmati MIUI 9 dengan berbagai fitur baru dan peningkatan performa yang disebutkan di atas.

Fitur MIUI 9 dan Cara Upgrade ke Smartphone Xiaomi |Edwin Geral |4.5 | dibaca 761 kali