Fitur Android 5.0 Lollipop di Samsung Galaxy S5

PerintahDasar.Com – Pemilik Samsung Galaxy S5 tentunya akan berbahagia mengingat ponsel mereka akan segera mendapatkan rilis resmi Android 5.0 Lollipop. Android versi ini dijanjikan membawa banyak fitur-fitur baru dan menjadi update major dimana adanya pergantian Runtime dari Dalvik ke ART alias Android Run Time. Tentunya hal ini akan membuat beberapa pengguna Galaxy S5 was-was  apakah rilis resmi Android 5.0 Lollipop bekerja dengan baik atau tidak di ponsel mereka.

Android 5.0 Lollipop membawa banyak fitur baru dan dukungan terhadap SoC 64bit sehingga dimungkinkan penggunaan RAM sama dengan atau diatas 4GB, karena layaknya di versi PC, perlu kernel versi 64bit untuk bisa menggunakan RAM diatas atau sama dengan 4GB secara optimal. Jika kita menggunakan ponsel dengan RAM 4GB tetapi versi Androidnya belum mendukung seperti di Android 5.0 Lollipop ini , maka RAM tersebut menjadi sia-sia karena tidak dapat digunakan secara maksimal akibat keterbatasan komputasi di sisi kernel.

Fitur Android 5.0 Lollipop di Galaxy S5

Lalu fitur baru apa saja yang akan disajikan oleh Android 5.0Lollipop di Samsung galaxy S5?, Fitur-fitur baru tersebut juga mencakup beberapa perbaikan performa atau improvement yang meliputi;

  1. Performa improve up to 4x
  2. Fitur hemat baterai dimana ponsel bisa digunakan lebih lama 90 menit
  3. Galaxy S5 menjadi lebih cepat, lancar dan lebih powerful saat menjalankan komputasi
  4. Tentunya support 64 bit processor
  5. Performa mobile graphics menjadi meningkat dengan adanya engine baru OpenGLES 3.1 dan Android Extention Packs.
  6. Lebih responsive, transisi lebih natural, lighting dan shadows lebih realistis, dan elemen visual yang lebih bersahabat untuk navigasi di ponsel.
  7. Notifikasi lebih baik berdasarkan tipe komunikasi yang digunakan dan berada di atas layar.
  8. Lebih secure dalam pengamanan data saat hilang atau adanya kejadian pencurian Galaxy S5.
  9. Fitur SELinux dalam posisi enforcing sebagai bagian upaya yang lebih baik dalam melawan malware dan kerentanan data.
  10. Kini Android 5.0 Lollipop mensupport HEVC profile yang berguna untuk membolehkan kita memainkan file video UHD 4K 10-bit

Selain kesepuluh fitur di atas, masih banyak fitur keren lainnya yang membuat Galaxy S5 makin asyik digunakan. Akan tetapi fitur-fitur di atas jika kita menggunakan custom ROM Android 5.0 Lollipop, sedangkan untuk stock ROM masih perlu kita tunggu karena sampai sekarang masih ada kendala adanya bug baru, baterai yang cepat habis dan terkadang Galaxy S5 mengalami crash.

Meskipun demikian untuk menggunakan custom ROM Android 5.0 Lollipop ada beberapa aspek yang perlu kita ketahui,hal-hal tersebut adalah:

  1. Diharuskan mem-backup data terutama data-data yang bersifat personal, sifatnya wajib.
  2. Kondisi baterai harus diatas 70%
  3. Pastikan USB Debugging dalam kondisi ENABLE di Galaxy S5
  4. Saat instalasi custom ROM, dan terjadi stuck di logo saat booting pertama kali, perlu dilakukan wipe cache partition dan wipe dalvik sebelum mereboot Galaxy S5 kembali.

Demikian adalah beberapa aspek yang harus dipastikan terpenuhi saat kita memustukan untuk menggunakan custom ROM di Galaxy S5. Hal ini penting untuk menghindari kegagalan saat prosesi flashing ROM. Masih berminat menggunakan custom ROM Android 5.0 Lollipop di Galaxy S5?

Fitur Android 5.0 Lollipop di Samsung Galaxy S5 |Henry |4.5 | dibaca 2,722 kali

Leave a Reply