Download ADB dan Tool Platform Fastboot SDK

Android SDK atau sering disebut juga dengan Android Studio merupakan tool atau alat yang digunakan hanya oleh para pengembang guna mengembangkan berbagai aplikasi untuk Android. Namun, jika anda hanya pengguna yang sering bermain-main atau ngoprek ponsel pintar android seperti melakukan unlock bootloader, flashing boot atau image recovery, atau sesekali melakukan proses flash image pabrik, mendownload Android SDK atau Android Studio merupakan hal yang mubazir. Untuk tugas seperti yang disebutkan diatas bisa dilakukan hanya dengan menggunakan tool platform Android SDK yang hanya berisi file ADB dan Fastboot.

Download ADB dan Tool Platform Fastboot SDK

Tool platform Android SDK merupakan komponen yang ada di dalam Android SDK dan meliputi tool berbeda lainnya seperti ADB, fastboot dan systrace. Jika anda hanya ingin mendownload ADB dab Fastboot tanpa perlu melakukan unduhan file Android Studio atau SDK secara keseluruhan, hal ini sekarang sudah bisa dilakukan karena Google akhirnya membuat file binary atau installernya yang tersedia secara resmi untuk platform Windows, Mac dan Linux. Artinya, sekarang anda dapat mengunduh file ADB terbaru dan Fastboot terbaru langsung dari link resmi developer Google.

Sebelum hal ini bisa dilakukan, pengguna harus mendownload lengkap file Android SDK atau Android Studio yang besarnya berkisar 400MB hingga 1.6GB, dan merujuk ke sumber pihak ketiga untuk mengambil ADB dan Fastboot. Di sini, anda harus terbiasa dengan file eksekusi minimal ADB dan Fastboot yang dibutuhkan untuk memasang Tool-Platform di komputer yang digunakan.

Dalam beberapa kasus, sumber download dari pihak ketiga telah dimodifikasi dengan menyisipkan kode komputer yang merusak seperti Trojan. Selanjutnya, untuk mendapatkan tool yang terbaru, anda harus memastikan kembali rilis terbaru tersebut bersih dari kode jahat komputer dan hal ini tentunya akan membuat usaha ekstra tersendiri yang terkadang melelahkan. Dan kini hal tersebut sudah bisa anda singkirkan karena tool penting yaitu file ADB dan Fastboot bisa didownload dengan mudah lansgung dari link resmi Google.

Kenapa harus download file Android SDK atau Android Studio yang begitu besar jika yang anda butuhkan hanya sedikit saja?, Platform Tool SDK yang berisi file ADB dan Fastboot berkisar hanya dibawah 4MB.

Download File ADB and Fastboot Terbaru (Windows/Mac/Linux)

File ADB danFastboot terbaru untuk platform Windows, Mac dan Linux bisa didapatkan dari link resmi Google dibawah ini.

  1. Untuk mendownload file platform-tools-latest-windows.zip bisa di link ini
  2. Untuk versi Mac file platform-tools-latest-darwin.zip di link ini
  3. Sedangkan untuk versi Linux platform-tools-latest-linux.zip di link ini

Selain mendownload file terbaru ADB dan Fastboot, anda juga bisa membaca release note yang disertakan untuk mengetahui perubahan apa saja yang ada di versi terbaru. Tentu saja info ini akan sangat berguna untuk memastikan perubahan tersebut sesuai dengan kebutuhan.

Cara Menggunakan SDK Platform-Tools

Menggunakan SDK Platform-tool cukup mudah karena tanpa perlu melakukan proses instalasi. File yang terdownload adalah file ZIP, sehingga untuk menggunakannya cukup dengan mengekstrak file ZIP tersebut ke desktop atau ke folder yang sudah anda tentukan sendiri, kemudian buka folder hasil ekstrak tersebut, kemudian buka window terminal dengan menekan dan tahan tombol SHIFT lalu klik kanan di ruang yang ada di dalam folder Platform Tool lalu pilih “open command window here”, setelah terminal command muncul, kini eksekusi sesuai perintah yang diinginkan.

Download ADB dan Tool Platform Fastboot SDK |Wildan |4.5 | dibaca 73 kali