Cara Upgrade Sony Xperia Z3 ke Android N

Upgrade Xperia Z3 ke Android N – Android N sejatinya sudah dirilis secara resmi oleh Google namun di lapangan masih belum ditemui perangkat ponsel Android dengan Android N sebagai system operasinya. Untuk itu Google bersama pabrikan ponsel ternama melakukan kerjasama yang salah satunya dengan tim developer Sony guna segera menghadirkan ponsel Xperia Z3 yang berjalan dengan sistem operasi Android terbaru tersebut.

Sony memilih Xperia Z3 untuk menjadi perangkat ponsel Xperia pertama yang mendapatkan upgrade Android N yang dibantu dengan Google menghadirkan berbagai fitur baru. Untuk melakukan proses upgrade ke Android N cukup mudah dengan menggunakan aplikasi Companion Xperia yang terbaru.

Android-N-Google-Maps

Fitur-fitur Android N di Xperia Z3 yang dinamakan versi Preview Developer cukup menarik, namun di sini penulis hanya memberikan beberapa fitur-fitur baru utama, seperti:

  1. Fitur Multi-Windows, Multi-window adalah fitur multitasking baru yang memungkinkan pengguna melihat dua aplikasi atau kegiatan pada saat yang bersamaan, fitur ini akan membuat sistem ponsel mengubah ukuran layar yang diperlukan aplikasi atau kegiatan yang sedang di liat secara bersamaan agar sesuai dengan layar ponsel. Android N menargetkan semua aplikasi mempunyai kemampuan resizing, sehingga perlu memastikan layout aplikasi dan sumber daya yang digunakan optimal.
  2. Penggabungan Notifikasi – Kamu dapat menggunakan metode Notification.Builder.setGroup() untuk meng-group-kan semua notifikasi aplikasi yang digunakan secara bersama-sama untuk memudahkan proses scanning.
  3. Notifikasi Untuk Membalas secara langsung – Di Android N, kita bisa menggunakan kode API notifikasi RemoteInput untuk memperbolehkan pengguna melakukan respon cepat terhadap notifikasi yang ada tanpa meninggalkan layar pemberitahuan notifikasi.
  4. Efisiensi – fitur Doze akan sangat berperan di Android N yang berguna untuk adaptasi aplikasi terhadap penggunaan power atau baterai. Juga di versi Androdi terbaru ini akan ada Project Svelte yang diharapkan mampu mengurangi penggunaan memori di Android.

Ke-4 fitur utama akan terus disempurnakan oleh tim Google selain menghadirkan fitur-fitur menarik lainnya. Dan kini mari melakukan upgrade Xperia Z3 ke Android N, namun sebelum melakukan hal tersebut perlu diketahui bahwa terdapat 2 varian Xperia Z3 yang dalam kesempatan ini bisa dilakukan upgrade ke Android N versi developer, yaitu Xperia Z3 versi D6603 dan D6653.

Cara Upgrade Xperia Z3 ke Android N Versi Developer

Langkah 1 – Koneksikan Xperia Z3 dengan tipe di atas ke computer menggunakan kabel USB. Software Xperia Companion secara otomatis akan jalan, namun pastikan versi Xperia Companion yang digunakan adalah versi 1.1.24 atau di atasnya. Jika belum mempunyai Xperia Companion atau versinya di bawah dari versi yang disarankan, silakan untuk mendownloadnya di sini.

Langkah 2 – Tekan dan tahan tombol ALT di computer, lalu klik ikon Software repair di layar monitor, silakan mengikuti petunjuk yang ada. Di langkah ini, kita akan diminta untuk melakukan pemutusan hubungan dan mematikan ponsel, kemudian mengkoneksikan kembali dengan cara menekan tombol Volume di ponsel. Proses ini akan mentrigger software Xperia Companion untuk mengawali proses flashing.

Langkah 3 – Tunggu hingga proses flashing selesai, setelah selesai silakan untuk me-reboot ponsel Xperia Z3. Kini ponsel Xperia Z3 telah ter-upgrade ke Android N.

Jika Xperia Z3 dengan Android N dirasa kurang cocok, ponsel dapat dikembalikan ke setingan pabrik dengan cara yang sama seperti di atas dengan memanfaatkan opsi Software repair.

Cara Upgrade Sony Xperia Z3 ke Android N |Henry |4.5 | dibaca 3,701 kali